Informasi dan Tips – informasitips.com

Sekolah Alam, Seperti Apa Sih Sistem Pendidikannya?

informasitips.com – Apakah Anda orang tua yang sedang mengalami kebimbangan dalam mencari sekolah yang tepat untuk anak Anda? Sebagai orang tua, Anda memiliki kesempatan untuk memilih bentuk pendidikan yang terbaik bagi putra-putri tercinta. Menentukan sekolah yang tepat bagi anak Anda saat ini adalah hal yang sangat penting karena pilihan Anda berperan besar dalam masa depan anak Anda.

Memilih konsep pendidikan yang tepat untuk anak dapat membantunya mendapatkan ketrampilan yang berguna kelak bagi kehidupannya di masa depan. Bentuk pendidikan yang tepat bagi anak juga dapat membantu ia mengembangkan potensi yang dimilikinya semaksimal mungkin.

Saat ini banyak orang tua yang mengeluhkan sistem pendidikan di sekolah umum yang menggunakan kurikulum terlalu berat atau tidak sesuai dengan usia siswa. Sistem ini sudah lama ada dan menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang tua.

Kurikulum di sekolah formal selalu mengukur kecerdasan dan prestasi siswa lewat angka di buku rapor. Tuntutan mengejar nilai di buku rapor inilah yang umumnya membuat peserta didik di sekolah umum merasa tertekan saat belajar.

Oleh karena hal itulah, saat ini telah hadir beberapa sistem pendidikan alternatif untuk anak-anak diantaranya sekolah alam dan homeschooling atau sekolah rumah.

Karena sistem pendidikan alternatif sekolah rumah atau homeschooling di Indonesia sudah pernah dibahas sebelumnya, maka artikel kali ini akan membahas mengenai sistem pendidikan alternatif sekolah alam.

Sekolah alam pada dasarnya adalah bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam semesta sebagai tempat belajar, bahan mengajar dan juga sebagai objek pembelajaran. Dengan konsep pendidikan ini para siswa diharapkan bisa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari.

Bangunan tempat anak belajar di sekolah alam biasanya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti bambu dan kayu lokal. Para siswa biasanya duduk di lantai (lesehan) atau duduk di kursi yang terbuat dari bambu atau kayu. Jalan setapak di sekitar tempat belajar pun biasanya menggunakan batu-batu kali dari alam.

Kelas yang digunakan tidak tertutup seperti kelas di sekolah formal melainkan berupa saung atau ruang belajar terbuka. Itu pun tidak terlalu sering dipergunakan karena anak didik sekolah alam lebih sering melakukan praktek di lapangan.

Situasi belajar di alam terbuka menawarkan siswa untuk menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Konsep belajar melalui pengalaman yang didapat langsung sambil bermain dan berinteraksi di alam terbuka ini jelas membuat anak tidak mudah bosan saat belajar.

Para siswa sekolah alam juga tidak mengenakan seragam sekolah sebagaimana layaknya siswa di sekolah umum. Siswa hanya dituntut untuk berpakaian bersih dan sesuai untuk kegiatan belajar di sekolah.

Gambar : kabarinews.com

Gambar : kabarinews.com

Hal ini tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan ruang belajar di sekolah formal. Pada umumnya kegiatan belajar mengajar di sekolah umum dilakukan di dalam ruang belajar atau kelas tertutup. Anak lebih banyak mendapat teori pelajaran dan sedikit praktek di lapangan. Situasi dan kondisi belajar mengajar di ruang yang memiliki 4 dinding memberikan kesan yang kaku.

Konsep pendidikan alternatif di alam terbuka menjadikan para siswa dan guru sekolah alam lebih aktif, bersemangat dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Para siswa sekolah alam diajarkan untuk dekat dengan alam, bercocok tanam, membudidayakan dan mendaur ulang hasil alam, mulai dari menanam tanaman sendiri, menuai hasilnya, memakan makanan organik dari kebun sendiri dan diajarkan cara mengolah atau memproduksi makanan itu sendiri menjadi sebuah bisnis.

Misalnya saat anak belajar mengenai berbagai macam fungsi dan bagian dari tanaman. Di sekolah alam, anak-anak dapat melakukan percobaan, mengamati, mendiskusikan dan menyimpulkan sendiri hasil penelitian yang mereka lakukan.

Mempelajari alam semesta dengan mengalami langsung pengetahuan yang sedang dipelajari merangsang kreativitas siswa. Kebebasan untuk menggunakan logika dalam berpikir inilah yang memacu motivasi siswa untuk bergairah mencari ilmu.

Dengan memiliki pengetahuan mengenai alam para siswa sekolah alam diharapkan mencintai alam semesta dan turut bertanggung jawab menjaga kelanjutan di muka bumi. Sekolah alam tidak sekedar mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan alam saja lho, melainkan juga pelajaran-pelajaran dasar seperti matematika, ilmu pengetahuan alam dan bahasa Inggris. Pelajaran seni budaya seperti seni lukis, drama dan musik juga diperkenalkan di sekolah alam.

Ada beberapa level kelas tersedia di sekolah alam mulai dari pra taman kanak-kanak sampai SMP. Kurikulum sekolah yang digunakan adalah kurikulum Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional) dan kurikulum internasional. Kedua kurikulum ini masih ditambah kurikulum akhlak yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak.

Konsep pendidikan alternatif ini mulai berkembang di seluruh nusantara terbukti dengan menjamurnya sekolah alam di kota-kota besar Indonesia. Meski kian berkembang, biaya menyekolahkan anak di sekolah alam masih relatif mahal.

Biaya masuk sekolah umumnya berkisar mulai dari 1 sampai 11 juta rupiah. Sementara SPP per bulannya berkisar mulai dari 300 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. Hal ini sebenarnya tidaklah mengherankan karena metode pembelajaran yang ditawarkan di sekolah alam bila dilihat dari sisi mendasar lebih baik dari sekolah umum.

Biaya pendidikan sekolah alam yang mahal ini memang bukanlah untuk semua anak, terutama anak-anak yang memiliki orang tua dengan penghasilan yang rendah. Tapi, jangan khawatir karena ada beberapa sekolah alam yang menawarkan beasiswa bagi para siswanya sehingga biaya mengenyam pendidikan di sekolah alam menjadi tidak terlalu mahal.

Berikut ini adalah daftar beberapa sekolah alam di Indonesia :

Green School Kulkul Campus
Alamat : Sibang Kaja, Banjar Saren Abian Semal, Badung 80352, Bali
Telpon : 0361 – 469875
Website: www.greenschool.org

Sekolah Alam Indonesia
Alamat : Jl. Anda No. 7X Ciganjur, Jakarta Selatan
Telpon : 021 – 78881659
Website: www.sekolahalamindonesia.org

Sekolah Alam Bogor
Alamat : Komp. Puri Cikeas Jl. Letda Natsir, Nagrak, Gn. Putri, Bogor
Telpon : 0251 – 8662889
Website: www.sekolahalambogor.org

Sekolah Alam Pelopor Bandung
Alamat : Jl. Kaktus Raya No. 100 Bumi Rancaekek Kencana, Bandung
Telpon : 022 – 70819788 – 70877662
Website: www.sdapel.com

Sekolah Alam Ar Ridho Semarang
Alamat : Jl.Bukit Kelapa Sawit Blok AA,Bukit Kencana Jaya, Semarang
Telpon : 024 – 76484001
Website: www.sekolahalamarridho.sch.id

Sekolah Alam Palembang
Alamat : Jl. Lintas Sumatera KM 15 Sei Rambutan Indralaya Utara Ogan Ilir, Palembang Sum-Sel 30266
Telpon : 08127126767 / 07117379920
Website: : www.sekolahalampalembang.com

Sekolah Alam Balikpapan
Alamat : Jln. Syarifudin Yoes RT75 No.10 (samping Mapolda) Kel. Gn. Bahagia Balikpapan, Indonesia
Telpon : 0542 887 1941 / 0542 567 2828
Website: www.sekolahalambalikpapan.net

Semoga bermanfaat!

Sumber : Beberapa situs sekolah alam



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Sekolah Alam, Seperti Apa Sih Sistem Pendidikannya?

  1. solichin B Nukeri

    Saya mau tanya kalau saat ini saya punya anak laki2 umur 11 tahun saat ini kelas VI SD kalau sdh lulus apakah bisa melanjutkan di sini sedangkan saya tinggal di Tangerang Banten apa lagi saya hanya seorang keryawan yg berpenghasilan pas2an apakah ada keringanan biaya…??? Lalu anak bisa timggal di penampungan atau tidak…??? Mohon infonya dari Banten trims

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *