Informasi dan Tips – informasitips.com

Sayuran yang Mampu Menangkal Kanker Usus Besar

informasitips.com – Sayuran terkadang menjadi masalah bagi mereka yang tidak doyan menyantapnya. Padahal, khasiat zat yang terandung di dalam sayuran memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Terutama, seledri dan wortel.

Khasiat seledri selama ini memberikan hasil dalam program diet. Karenanya, orang yang menginginkan tubuh ideal dan menjalankan program diet, selalu menyertakan seledri dalam daftar makanan yang wajib disantap. Sedangkan wortel, dikenal khasiatnya untuk kesehatan mata.

Namun, dibalik itu semua, ternyata ada khasiat besar lain bagi tubuh yang diberikan oleh seledri dan wortel. Berdasarkan hasil penelitian, kedua sayuran ini memegang peranan untuk memperlambat pertumbuhan kanker usus besar.

Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa flavanoid bernama luteolin yang ada pada Seledri dan wortel. Senyawa antioksidan itu mampu untuk memblokir jalur sinyal sel utama pertumbuhan kanker. Luteolin ini juga terdapat pada minyak zaitun, paprika hijau, teh chamomile, peppermint, dan rosemary.

sayuran wortel dan seledri untuk menangkal kanker usus

Menurut Profesor Jung Han Yoon Park dari universitas Hallym Korea, senyawa luteolin mengurangi IGF-1 yang merupakan aktivasi penentu jalur sel sinyal PI3K, Akt, ERK ½ dan CDC 25c. pemblokiran jalur oleh luteolin ini akan menghentikan pertumbuhan sel kanker dan menyebabkan kematian sel kanker.

“Berdasarkan riset kami, fungsi luteolin yang mengganggu sel sinyal pada sel kanker usus besar, merupakan langkah besar untuk memahami bagaimana senyawa flavanoid ini bekerja,” katanya.

Kajian penelitian yang dipublikasikan di BMC Gastroenterology itu masih membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, untuk mengembangkan senyawa luteolin menjadi agen anti kanker usus besar yang efektif. Hal ini akan dilakukan secara in vivo di laboratorium.

Kanker usus besar adalah penyebab kematian diurutan kedua di Eropa. Sel-sel kanker usus besar diketahui memiliki kadar IGF-II, dibandingkan dengan jaringan usus besar yang normal. Para peneliti percaya bahwa ini merupakan bagian dari mekanisme yang memungkinkan pembelahan sel yang tidak terkendali, dan pertumbuhan sel kanker yang sangat cepat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: