Informasi dan Tips – informasitips.com

Sariawan? Pakai Obat Alami Saja

informasitips.com – Stomatitis atau yang lebih dikenal dengan nama sariawan memang menjengkelkan. Luka kecil yang tumbuh di bagian dalam pipi, gusi, bibir dalam atau langit-langit ini seringkali disebabkan trauma gigitan atau saat gosok gigi yang kemudian dinaungi kuman. Ulkus dengan panjang 1-4 mm ini perlu antibiotik dan kortikosteroid untuk proses penyembuhan. Namun, Anda juga dapat memilih bahan-bahan alami berikut yang bersifat antiseptik sebagai alternatif.

  1. Konsumsi madu. Madu mengandung hydrogen peroksida sebagai antibiotik alami yang sangat ampuh membunuh kuman. Disisi lain, madu mengandung asam amino yang dapat memperbaiki jaringan yang rusak pada luka sariawan.
  2. Minum air rebusan daun saga atau alang-alang. Alang-alang mengandung manitol, asam malat, simiarenol, fernenol, dan lain-lain. Bahan tersebut dapat mencegah peradangan, membunuh kuman, dan menghentikan perdarahan sehingga meringankan gejala sariawan.
  3. Daun Sirih untuk Sariawan

  4. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Minyak atsiri pada daun sirih mengandung bahan-bahan yang mematikan bakteri dan jamur. Selain itu, daun sirih juga bersifat antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan mulut.
  5. Daun jambu biji. Daun ini mengandung antibiotik dan steroid yang dapat menyembuhkan peradangan pada semua jenis luka, termasuk sariawan.
  6. Konsumsi air kelapa secara teratur. Obat sariawan yang satu ini paling nikmat dibandingkan yang lain. Air kelapa muda mengandung antibakteri, antivirus, dan antijamur seperti ASI.
  7. Sayuran. Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan asam folat dan zat besi. Mineral ini bisa didapat dari konsumsi sayuran hijau. Bagi penderita sariawan kambuhan. Mengonsumsi sayuran hijau bisa dijadikan salah satu alternatif pencegahan.
  8. Telur dan ikan. Kedua jenis makanan tersebut mengandung vitamin B12 dan zat besi yang diduga sebagai salah satu penyebab sariawan. Jika sariawan Anda diikuti dengan gejala gusi berdarah, maka kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12 sehingga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut.
  9. Agar sariawan segera enyah, ambil satu ruas temu kunci, bersihkan, lalu kunyah beberapa saat sebelum ditelan. Temu kunci mengandung flavonoid dan minyak atsiri sebagai antibiotik.
  10. Kunyit. Rimpang yang satu ini mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang mampu membunuh kuman dan mencegah panas dalam. Minuman dari kunyit sangat cocok untuk sariawan yang biasanya disertai dengan panas dalam. Selain itu, kunyit juga mengandung vitamin C yang disebut sebagai salah satu penyebab sariawan.

Pengobatan herbal tersebut sebaiknya tidak diberikan bila luka sudah parah atau berlangsung lama. Luka yang demikian memerlukan antibiotik untuk melawan kuman-kuman yang bersarang. Sedangkan kandungan antibiotik dalam pengobatan herbal kurang kuat untuk melawan jumlah kuman yang terlanjur berkembangbiak.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: