Informasi dan Tips – informasitips.com

Sakit Punggung Saat Hamil

informasitips.com – Kehamilan memang merupakan anugerah dan hal yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Namun, terkadang muncul berbagai keluhan selama kehamilan. Salah satunya yang amat mengganggu adalah masalah sakit punggung ketika hamil. Sakit punggung saat hamil biasanya dialami wanita pada waktu-waktu tertentu dalam masa kehamilannya. Biasanya sering terjadi pada trimester ketiga kehamilan. Rasa sakit tersebut jika tidak segera diatasi tentu akan sangat menyakitkan. Namun, sebenarnya keluhan sakit punggung pada wanita hamil ini bisa dicegah lho. Ingin tahu caranya? Simak informasinya di artikel ini ya.

Sakit punggung saat hamil disebabkan karena hormon-hormon kehamilan yang memengaruhi elastisitas bantalan pada sendi-sendi tubuh. Perubahan perut yang semakin besar akan mengubah postur tubuh sehingga kelengkungan tulang punggung berubah lebih condong ke belakang yang akibatnya akan timbul rasa sakit pada punggung.

Pengurangan elstisitas bantalan sendi pada panggul terjadi begitu cepat seiring dengan bertambahnya berat bayi dalam kandungan. Perut yang semakin membesarpun akan membuat otot-otot tulang belakang bekerja lebih berat untuk mempertahankan posisi tubuh agar tetap tegak. Hal inilah yang biasanya akan menimbulkan rasa sakit pada punggung dan terkadang juga sering timbul rasa sakit yang mendadak pada pantat dan paha bagian atas.

Nyeri Punggung Ketika Hamil

Ada kondisi-kondisi tertentu yang menyebabkan rasa sakit pada punggung semakin terasa atau semakin bertambah parah. Misalnya, pada kondisi tertentu dimana ibu hamil bersandar pada punggung, duduk tegak di kursi, berguling saat tidur di malam hari, tidak mengubah posisi tidur, bangun dari tempat tidur, atau bangun berdiri dari kursi.

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengurangi rasa sakit punggung saat masa kehamilan adalah?

  1. Hindari duduk terlalu lama, cobalah untuk lebih sering mengubah posisi atau lebih sering bergerak dari posisi duduk.

  2. Hindari pula tidak mengubah posisi saat tidur. Saat awal kehamilan usahakan tidur dalam posisi terlentang. Memasuki trimester ketiga, ibu hamil bisa tidur dalam posisi miring ke kiri atau menggunakan bantal untuk mengganjal punggung agar tetap tidur dalam posisi miring ke kiri.

  3. Hindari gerakan-gerakan memutar, membengkokkan atau banyak membungkukkan punggung.

  4. Apabila terdapat kondisi yang mengharuskan Ibu hamil untuk mengangangkat benda yang cukup berat, awali dengan gerakan menekuk lutut dan usahakan agar punggung tetap lurus, baru selanjutnya mengangkat atau mengambil benda. Gunakan kekuatan otot kaki daripada kekuatan punggung saat ingin mengangkat sesuatu. Jangan terburu-buru memutar pinggang atau membungkukkan badan.

    Ibu hamil yang memiliki gangguan kehamilan (khususnya gangguan letak plasenta di bawah/plasenta previa) harus lebih berhati-hati. Saat mengangkat benda berat, ibu hamil akan mengejan dan bisa menyebabkan kontraksi kehamilan.

  5. Ketika duduk, coba angkat kaki, luruskan dan letakkan pada bangku atau meja.

  6. Hindari memakai pakaian terlalu ketat selama kehamilan karena aliran darah bisa tertahan sehingga suplai oksigen ke otot menjadi berkurang. Akibatnya bisa timbul rasa nyeri (sakit) pada punggung.

  7. Banyak wanita melakukan sedikit pijatan pada punggung, atau duduk berendam dalam air hangat untuk mengurangi rasa sakit punggung saat hamil. Daerah yang boleh untuk dilakukan pijatan hanyalah daerah punggung, pundak, lengan. Jangan memijat daerah perut karena bisa memicu timbulnya kontraksi.

  8. Tidur berbaring dengan posisi miring juga bisa mengurangi rasa sakit pada punggung ketika hamil.
    Perlu diperhatikan bahwa tidak diizinkan bagi ibu hamil trimester ketiga untuk tidur dalam posisi miring ke kanan, karena hal tersebut akan menyebabkan pembuluh darah besar tertekan oleh rahim dan akan menimbulkan rasa sesak pada ibu hamil. Sebaiknya tidurlah dalam posisi miring ke kiri.

  9. Beberapa wanita mengakui rasa sakit punggung bisa berkurang bila mengurangi penggunaan sepatu ber-hak tinggi (high heels). Sebaiknya pilih sepatu yang ber-hak rendah dan berbahan lembut.

  10. Lakukan olahraga ringan misalnya jalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Olahraga akan menguatkan otot-otot punggung, mengurangi kekakuan otot-otot tubuh sehingga sendi-sendi menjadi lebih lentur dan elastis.

  11. Latihan-latihan berupa gerakan ringan yang bisa memperkuat otot tubuh juga bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit punggung saat hamil.
  12. Lakukan juga peregangan pada punggung dan lutut untuk mengurangi rasa sakit punggung saat hamil.
  • Gerakan-gerakan ringan untuk memperkuat otot tubuh

Tiap gerakan, lakukan selama 3-5 detik dan ulangi 10–30 kali. Diingatkan untuk tidak menahan nafas saat melakukan tiap gerakan.

  • Gerakan Peregangan

Tiap gerakan peregangan bisa dilakukan selama 20 detik dan bisa diulang 2–3 kali. Lakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati.

Semoga bermanfaat. 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Sakit Punggung Saat Hamil

  1. deka puspita

    Hamil yg masuk ke 3 bulan ini badan deka semakin sakit2 Dibagian pinggang,pundak,dan disertai sakit kepala… Bagai mna mengatasinya….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *