Informasi dan Tips – informasitips.com

Sakit Maag (Gastritis): Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Maaginformasitips.com – Penyakit maag merupakan bagian dari penyakit perut yang menyerang salah satu organ pencernaan yakni lambung. Penyakit maag merupakan salah satu cara Tuhan memperingatkan kepada manusia agar lebih memperhatikan perut mereka, bagaimana menghargai organ pencernaan dan memberikan hak untuk makan agar tepat pada waktunya. Tubuh juga membutuhkan nutrisi, sebagian orang menganiaya dirinya dengan mengabaikan makan pada jam makan dengan alasan kesibukan. Dan ketika penyakit telah menghinggapi diri, barulah kita sadar akan makna sehat yang sungguh mahal tersebut.

Sakit maag muncul akibat kelebihan asam lambung atau luka maupun peradangan pada lambung yang menyebabkan rasa perih, mulas dan juga sakit pada perut. Penyakit maag memang sering menyerang orang-orang yang mengabaikan waktu makan, tidak makan pada waktunya dan sebagainya. Secara umum terdapat beberapa tahapan mengenai sakit maag tersebut:

  1. Maag ringan, maag ringan artinya masih tergolong pada jenis penyakit maag yang ringan. Hampir semua orang jika dilakukan proses pemeriksaan, rata-rata sudah berada pada gejala ini, dimana gejala tersebut ditandai dengan penumpukan asam lambung pada lambung orang yang bersangkutan.
  2. Maag sedang, merupakan tahapan sakit maag dimana penderita sudah mulai merasakan nyeri dan mual yang cukup menyakitkan penderita. Namun belum begitu parah.
  3. Maag kronis, merupakan tahapan maag yang sudah cukup parah dibanding dengan penderita maag sedang. Lamanya waktu terjangkit maag juga biasanya telah lebih lama dibandingkan maag sedang.
  4. Kanker lambung, merupakan penyakit pada lambung yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang merugikan, mikroorganisme tersebut biasa disebut Helycobacter pylori.

Penyebab sakit maag

Secara umum hal-hal yang dapat menyebabkan sakit maag adalah sebagai berikut:

  1. Makan secara tidak teratur. Jadwal makan seseorang yang sembarangan akan sangat menjadi penyebab utama munculnya penyakit maag pada seseorang. Dampak ini tidak muncul dalam rentan waktu yang cepat namun akan dirasakan dampaknya setelah menahun. Jika Anda sewaktu mahasiswa sering makan sembarangan dan tidak teratur, maka dampaknya akan dapat dirasakan setelah Anda menikah. Setelah seseorang telat makan, dianjurkan untuk makan sedikit saja atau tidak terlalu banyak. Karena telat makan lantas makan terlalu banyak juga bisa memicu timbulnya penyakit maag.
  2. Ganguan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu sakit maag pada tahapan kanker lambung.
  3. Hal-hal lain yang bisa menjadi pemicu gejala sakit maag adalah konsumsi alkohol, meminum obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama, pola tidur yang tidak teratur serta stres yang dialami.

Bagaimana mengobati sakit maag?

Sistem pencernaan yang sudah sakit memang sulit untuk disembuhkan, Anda hanya bisa berusaha agar bagaimana penyakit yang telah menjangkiti tubuh Anda tidak meluas lagi menjadi kondisi yang lebih parah. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh maag:

  1. Memperbaiki pola makan
    Cara mengobati sakit maag bisa dengan mengembalikan pola makan Anda yang tadinya salah ke pada pola makan standar yang dianjurkan kesehatan. Penderita sakit maag sebaiknya sering makan dengan jumlah ukuran yang sedikit-sedikit saja, jadi tidak berlebihan.
  2. Berpuasa
    Secara medis, puasa diyakini mampu menjadi terapi penyembuhan sakit maag, jadi salah jika dikatakan puasa dapat menyebabkan gangguan sakit maag.
  3. Terapi dengan sagu
    Makanan yang terbuat dari sagu dapat menyembuhkan dan mengurangi sakit yang diderita oleh penderita sakit maag. Terapi sagu, yakni memakan sagu selama beberapa kurun waktu tanpa memakan nasi akan membantu Anda menyembuhkan luka lambung, sagu akan berfungsi sebagai lem lambung yang terluka.
  4. Konsumsi obat herbal
    Salah satu cara pengobatan yang saat ini cukup banyak diminati orang adalah pengobatan herbal alami yang dinilai cukup memberi kesembuhan yang cukup signifikan pada berbagai jenis penyakit. Penyakit yang secara medis divonis oleh dokter tidak bisa sembuh, namun melalui berbagai pengobatan herbal masih mampu ditolong. Sakit maag juga bisa Anda bantu dengan pengobatan herbal.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: