Informasi dan Tips – informasitips.com

Rumus Skala: Penjelasan, Contoh Soal dan Pemecahannya

informasitips.com – Setiap orang pastinya pernah menggambar sesuatu, apakah itu gunung, rumah, ataupun mobil. Nah, saat menggambar itu biasanya objek sebenarnya yang digambar tidak memiliki ukuran yang sama dengan hasil gambarnya, dan pastinya, hasil gambarannya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada objek aslinya yang menjadi model gambar.

Mari Kita ambil contoh gambar mobil ini:

Panjang Rumus Skala

Misalkan panjang mobil di atas yang sebenarnya adalah 2 meter, lalu Budi menggambarnya di buku gambar. Mobil yang digambar Budi ternyata memiliki panjang 20 cm, tidak sama antara panjang mobil yang sebenarnya dengan panjang mobil yang digambar Budi. Meski demikian, gambar mobil Budi sebenarnya memiliki skala tertentu jika dibandingkan dengan mobil yang sebenarnya. Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana mencari skala antara gambar Budi dengan mobil sebenarnya? Untuk mencari skalanya maka Rumus Skala untuk panjang gambar dan panjang sebenarnya akan kita gunakan, yaitu:

Rumus Skala Panjang

Dalam hal soal di atas, maka:

Rasio Panjang Rumus Skala

Pada penyelesaian di atas, jika satuan antara panjang gambar dan panjang sebenarnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu. Pada soal tersebut, satuan panjang gambar dalam cm, sementara panjang sebenarnya dalam m. Untuk menyelesaikannya, maka yang satuannya dalam m diubah terlebih dahulu ke dalam satuan cm. Sehingga bisa diketahui bahwa mobil yang digambar Budi memiliki skala 1 : 10 dengan mobil sebenarnya.

Bagaimana jika yang diketahui adalah tinggi gambar dan tinggi yang sebenarnya? Mudah saja, gunakan rumus berikut ini:

Rumus Skala Tinggi

Dengan menggunakan perhitungan seperti cara di atas, maka akan dengan mudah skala nya bisa diketahui.

Bagaimana Bila yang Diketahui Skala nya?

Misalkan pada contoh soal mobil di atas, skala yang diketahui adalah 1 : 15 antara panjang mobil yang digambar Budi dan panjang mobil susungguhnya. Panjang mobil yang digambar Budi adalah 15 cm. Berapa panjang mobil yang sebenarnya?

Parameter soal yang diketahui adalah skala, yaitu 1:15, dan panjang gambar mobil, yaitu 15 cm, maka cara untuk menghitung panjang mobil sebenarnya adalah:

Soal Panjang Rumus Skala

Maka: n cm = 15 cm x 15 = 225cm atau 2,25 m

Jadi, panjang mobil yang sebenarnya adalah 2,25 m.

Contoh Soal Rumus Skala: Jarak Peta

Perhatikan Peta di bawah ini. Peta ini merupakan peta di salah satu kecamatan di kota Bandung, yaitu Kecamatan Bojongloa Kidul. Skala pada peta tersebut adalah 1 : 33.300. Pertanyaannya adalah berapa jarak sebenarnya antara Komp Perumahan Cibaduyut Permai dan Komp Perumahan Mekarwangi jika di peta ini keduanya berjarak 4,5 cm? (perhatikan garis hitam dalam lingkaran merah di bawah ini)

Contoh Soal Peta Rumus Skala

Jawabannya adalah

Pemecahan Soal Peta Rumus Skala

Maka : n = 15 x 33300 = 499500 cm atau 4995 m atau 4,995 km

Jadi jarak sebenarnya antara Komp. Perumahan Cibaduyut Permai dan Komp. Perumahan Mekarwangi adalah 4,995 kilometer. Mudah ‘bukan mengerjakannya? Jika Kamu masih belum sepenuhnya paham silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: