Informasi dan Tips – informasitips.com

Rumah Tropis – Kenali sebelum Membangun

Mengenal Rumah Tropis

informasitips.com – Membaca namanya yaitu rumah tropis, tentunya Anda sudah membayangkan seperti apa itu rumah tropis. Indonesia sendiri merupakan negara tropis, karena Indonesia terletak di kawasan tropis yang ditandai dengan sebagian wilayah Indonesia yang dilewati oleh garis Khatulistiwa. Kawasan tropis terbiasa dengan cuaca yang panas dengan suhu udara yang begitu tinggi, curah hujan yang tinggi, dan kelembaban yang tinggi pula. Dengan suasana lingkungan yang seperti itu, maka Anda perlu mengetahui bagaimana seharusnya keadaan suatu bangunan agar awet dalam jangka panjang. Ancaman cuaca yang membuat bangunan rusak, pelapukan kayu yang begitu cepat dibandingkan dengan rumah dikawasan sub tropis maupun dingin merupakan keadaan yang akan dihadapi oleh setiap bangunan di daerah tropis, termasuk Rumah Tropis.

Suasana rumah yang panas, pengap, dan sumpek akan menghiasi rumah-rumah di wilayah tropis dengan sirkulasi udara dan desain yang kurang tepat. Untuk itu, rumah tropis hendaknya bisa menjadi alternatif pemecahan masalah dari kedaan tersebut.

Ciri Rumah Tropis

Rumah Tropis Tips dan Trik

Rumah tropis pada umumnya lebih menekankan pada jalannya sirkulasi udara yang cukup dan penciptaan lingkungan yang asri serta sejuk guna mengurangi kelembaban dan hawa panas di dalam rumah. Adanya jendela yang lebar, pintu yang lebar, dan celah-celah pada dinding sebagai jalan masuk serta keluarnya udara ke dalam ruangan rumah merupakan ciri utama dari sebuah rumah tropis. Penggunaan bahan bangunan dari kayu, bebatuan alam, dan adanya kolam baik kolam ikan atau sekedar suara gemericik air tanpa ikan adalah ciri selanjutnya dari kekhasan rumah tropis. Untuk rumah tropis yang menggunakan konsep modern dengan luas tanah dan bangunan yang tidak begitu luas, bisa menggunakan desain rumah pesergi empat dengan kolam renang di tengah sebagai desain kolam renang di luar ruangan. Hal tersebut akan membantu udara masuk ke dalam ruang-ruang rumah yang memang tidak ada tempat udara masuk dari samping rumah karena adanya rumah lain yang juga berdiri kokoh di kanan maupun kiri rumah Anda.

Rumah tropis biasa dilengkapi dengan taman, meskipun luas taman itu sangat sempit. Dengan adanya taman, tumbuhan yang ada di luar ruangan akan terus menyumbangkan oksigen atau udara bersih ke dalam ruangan. Selain dari luar rumah, penciptaan kesegaran dari dalam rumah bisa juga berasal dari tanaman yang diletakkan di dalam rumah itu sendiri. Tumbuhan seperti kaktus ataupun anggrek dapat dijadikan sebagai penghias interior ruangan sekaligus sebagai penyumbang oksigen alami yang bersih, tentunya cahaya yang masuk ke dalam rumah harus cukup banyak. Rumah tropis hendaknya didesain sebagai rumah yang hangat di musim penghujan dan rumah yang sejuk di musim panas/kemarau.

Menyiasati Kelembaban Udara Pada Rumah Tropis

Kelembaban udara adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari dari keadaan di kawasan tropis. Kelembaban udara pada rumah tropis bisa disiasati dengan adanya jendela yang lebar serta dapat dibuka dan ditutup kapanpun diperlukan atau bisa disebut multifungsi pada dua keadaan. Usahakan cahaya dapat masuk ke dalam rungan secara langsung lewat celah-celah dinding maupun jendela yang didesain memang untuk menerima cahaya masuk ke dalam ruangan. Gunakan cat tembok yang benar-benar berkualitas baik, agar tahan terhadap keadaan cuaca sehingga tidak menimbulkan jamur atau bakteri lainnya di dinding rumah. Pastikan pemasangan genteng, talang dan bagian atap rumah lainnya terpasang secara benar sehingga tidak menimbulkan kebocoran saat musim hujan melanda. Beberapa keadaan terkadang membuat rumah tropis tidak bisa bertahan tetap pada kedaan maksimal, namun jika Anda melakukan perawatan dan menjaga kebersihan, hal ini akan membuat rumah tropis berfungsi sesuai dengan konteksnya.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: