Informasi dan Tips – informasitips.com

Resiko Asma Pada Ibu Hamil Sebabkan Kelahiran Prematur

informasitips.com – Ibu hamil yang menderita asma harus ekstra hati-hati karena ternyata asma yang diderita saat hamil bisa membahayakan kesehatan janin. Sebuah penelitian di Universitas Adelaide, Australia mengungkapkan bahwa jika asma yang diderita ibu hamil tidak ditangani dengan baik maka dapat membahayakan keselamatan bayi yang dikandung, yaitu meningkatkan resiko kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah (BBLR), bahkan kematian pada bayi.

Dr. Osei-Kumah salah seorang peneliti dari Universitas Adelaide mengatakan bahwa penyakit asma seringkali menjadi semakin parah bila terjadi selama kehamilan, karena berbagai faktor yang berasal dari plasenta sehingga menyebabkan peradangan pada paru-paru ibu hamil.

Beberapa studi lain sebelumnya memperlihatkan bahwa sepertiga wanita hamil melaporkan bahwa asma yang dideritanya semakin parah, dan sepertiga laginya mengatakan bahwa tidak ada perubahan tingkat keparahan pada penyakit asma yang mereka derita. Oleh karenanya, banyak diantara mereka yang mengabaikan penyakit asma yang dideritanya.

asma selama hamil meningkatkan resiko kelahiran prematur

Foto : Garo/Phanie / Rex Features

Lebih lanjut, para peneliti dari Universitas Adelaide menyatakan bahwa efek asma pada ibu hamil bisa berdampak buruk bagi bayi perempuan yaitu memperbesar kemungkinan terjadinya bayi berat lahir rendah. Sementara resikonya bagi bayi laki-laki adalah meskipun bayi masih tetap dapat lahir dan terlihat normal, namun beresiko tinggi mengalami kematian.

Kekhawatiran terhadap asma saat hamil ternyata semakin tinggi akibat banyaknya wanita yang selama hamil berhenti mengkonsumsi obat-obatan untuk asma karena takut akan efek samping dari obat-obatan tersebut terhadap perkembangan janin yang dikandung. Namun, menurut Dr Osei-Kumah ibu hamil tidak perlu terlalu merasa khawatir akan efek samping obat asma yang mereka konsumsi, karena justru bila ibu hamil tidak mengkonsumsi obat-obatan asma selama hamil, maka berbagai masalah dan resiko gangguan perkembangan janin menjadi lebih tinggi dan berpeluang lebih besar terjadi.

Lalu, bagaimana seharusnya menangani asma saat hamil? Para peneliti menyarankan agar ibu hamil tetap mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter untuk meringankan penyakit asma yang diderita dengan tetap melakukan check up (pemeriksaan kesehatan) rutin agar kondisi ibu dan janin tetap terpantau dan berada dalam pengawasan dokter.

Obat asma apa yang aman dikonsumsi selama hamil? Anda bisa membacanya di aritikel Obat Apa yang Boleh Dikonsumsi Saat Hamil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Resiko Asma Pada Ibu Hamil Sebabkan Kelahiran Prematur

  1. siti

    dr, saya mau tanya..
    Saat ini saya sedang hamil 6 minggu, dan saya kena alergi gatal seluruh badan dr kepala sampai kaki (seperti biduran), penyakit ini timbul 2 hari sekali, setiap badan saya gatal saya minim obat incidal sebagai peredanya. apakah obat ini berbahaya dr bua kandungan saya.
    Atas penjelasan dari dr saya ucapkan terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *