Informasi dan Tips – informasitips.com

Resep Kue Bolu Pisang, Enak dan Bergizi

informasitips.com – Pisang merupakan salah satu buah yang enak dan bergizi. Pisang kaya akan kalium (sekitar 4673 mg) namun sangat rendah sodium (sekitar 1 mg). Rasio kalium dan sodium yang sangat pas ini akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan yaitu mengurangi resiko timbulnya stroke dan darah tinggi.

Pisang juga dapat dijadikan sebagai makanan (buah) sumber energi bagi tubuh karena didalamnya terkandung gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

Pisang tak hanya bergizi namun juga enak diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, salah satunya Kue Bolu Pisang ini. Ingin tahu resepnya?

snack cemilan kue bolu pisang enak dan bergizi

Berikut resep kue bolu pisang:

Bahan:
- 400 gr tepung terigu
- 125 gr mentega, cairkan
- 4 pisang ambon matang, haluskan
- 1 sdt vanili
- 200 gr cokochips (cokelat chips)
- 2 sdt baking powder
- 150 gr gula pasir
- 2 butir telur, kocok sebentar
- ½ sdt kayu manis
- 65 gr kelapa parut
- Sedikit madu

Cara Membuat:
- Ayak tepung dan baking powder ke dalam mangkuk besar
- Campur mentega, gula, pisang, telur, vanili, kayu manis, madu dan cokelat chips dalam mangkuk terpisah. Selanjutnya tambahkan ke dalam campuran tepung + baking powder, kocok perlahan-lahan, sampai merata.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang telah ditaburi sedikit tepung (agar tidak lengket).
- Taburkan kelapa parut di atas adonan dalam loyang tersebut, dan panggang dalam oven 180 derajat selama 1 jam.

Tips:
- Buah pisang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, baik orang tua, anak-anak, ibu hamil, maupun bayi.

- Bagi anak-anak, pisang ternyata memberikan manfaat yang sangat baik bagi otak. Pisang sebagai energi otak untuk anak sangat baik jika dibawa sebagai bekal makanan untuk mereka di sekolah. Kalium yang terkandung di dalamnya juga akan membantu fungsi pupil mata menjadi lebih tajam sehingga juga akan membantu anak-anak dalam memperhatikan pelajaran di sekolah.

- Bagi ibu hamil, pisang ternyata bermanfaat untuk mencegah morning sickness. Pisang dan olahannya yang dikonsumsi sebagai cemilan (snack) dapat menjaga kadar gula darah normal dan mencegah timbulnya morning sickness.

Resep olahan pisang lainnya bagi ibu hamil baca di Resep Pisang Wijen, Menu Sehat Ibu Hamil.

- Bagi bayi, buah pisang sangat mudah disajikan. Buah ini bisa dijadikan sebagai buah pertama untuk diperkenalkan kepada bayi. Cara penyajiannya bisa dalam bentuk kue, atau aneka olahan lainnya, atau bisa juga diberikan langsung kepada bayi dengan cara dihaluskan (dikerok dengan sendok).

Ingat, jangan hanya mengerok daging bagian luar saja. Haluskan pula bagian tengah (dalam) pisang, karena kandungan kalium dalam pisang paling banyak terdapat pada bagian tengah pisang.

Selamat mencoba. :-)

Copyright secured by Digiprove © 2011

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND