Informasi dan Tips – informasitips.com

Rahasia Sukses Boyband dan Girlband Korea

informasitips.com – “Hari gini ngga tau K-Pop?! Wah ketinggalan jaman deeh!” seru seorang remaja kala asyik bercengkrama dengan temannya. Ya, meminjam istilah para ABG itu, sekarang coba, siapa sih tidak kenal nama – nama macam Super Junior, SNSD, Big Bang, Wonder Girls dan lain – lain. Kesuksesan sudah mereka raih manakala usia masih bisa dibilang remaja. Limpahan harta dan ketenaran mengalir bak air terjun yang tiada putus–putusnya. Tapi tunggu dulu, semua itu diraih dengan cara yang tidak mudah lohh. Banyak hal – hal yang harus mereka korbankan demi status idola yang kini mereka sandang.

Dan berikut rahasia kesuksesan para grup Korea idola tersebut:

  1. Memiliki Leader/Pemimpin
    Hampir semua Boyband/Girlband/Grup di Korea pasti memiliki seorang Leader, dan biasanya yang dipilih itu adalah anggota tertua. Tapi ada juga yang dipilih karena jiwa kepemimpinannya yang menonjol. Contoh leader karena fakor usia: Leeteuk “Super Junior”, DooJoon “B2ST”, Onew “SHINee”, dll. Contoh leader karena jiwa pemimpin: Taeyeon “SNSD”, G-Dragon “Big Bang”, CL “2NE1”, Jong Hoon “FT Island”, U Know Yunhoo “DBSK” (Dulu sewaktu masih berlima), dll, Tetapi ada pula Grup yang tidak memiliki seorang leader, seperti U-Kiss, 2PM (dulu sempat Jay, namun sekarang tidak ada), dan lainnya.
  2. Rahasia Boyband Girlband Korea

  3. Golongan Darah A
    Lalu apa sih persamaan dari para “pemimpin” tersebut?? Ya. Rata – rata mereka memiliki golongan darah A. Kenapa begitu? Ada kabar yang menyebutkan bahwa manajemen artis Korea memang menerapkan aturan bahwa leader suatu grup harus bertipe darah A. Menurut mereka orang–orang dengan tipe darah A cenderung stabil, bertanggung jawab, penuh kharisma, selalu mengikuti aturan/disiplin, serta pembawaannya yang tenang.
  4. Memiliki Maknae
    Maknae (dibaca: Mangne) adalah hal yang paling penting setelah leader. Jika leader pada umumnya adalah anggota yang paling tua untuk memimpin grup tersebut, maknae adalah anggota termuda. Mereka biasanya disayang oleh anggota-anggota yang lebih tua dan diperlakukan seperti bayi. Meskipun demikian, banyak pula maknae yang bertubuh lebih besar dari anggota lainnya sehingga senang mem-bully anggota grupnya yang lebih tua.dari suatu grup biasanya harus lucu, “gila”, konyol ataupun bersikap bodoh. Contoh; Seungri “Big Bang” yang selalu narsis dan pede didepan kamera membuat para Hyung-nya (senior) terbahak–bahak; Kyuhyun “SuJu” yang selalu jahil dan konyol diantara para seniornya di grup; Mir “MBLAQ” yang selalu jadi bahan tertawaan para seniornya kala nyeletuk hal yang aneh–aneh; dan Chanana (Chansung) “2PM” yang juga sama “gilanya”.

    Banyak manajemen artis yang menonjolkan leadernya untuk meningkatkan popularitas grup, tetapi seiring berjalan waktu, manajemen artis idola ini akan lebih menonjolkan maknae-nya untuk menaikkan kepopularitasan grupnya. Dan rupanya banyak maknae yang berhasil dalam hal ini, sebut saja; Jiyeon “T-Ara” yang sukses dengan aktingnya, Seohyun “SNSD” yang sukses dalam serial “We Got Married”, ataupun Dongho “U-Kiss” yang tampil dalam berbagai variety show. Imbas kepopuleran mereka itulah yang akhirnya juga turut dirasakan grup mereka

  5. Manajemen Memilih Maknae Secara Khusus
    Dalam memilih maknae dari suatu grup ternyata ada aturannya lohh.. Manajemen artis mereka akan memilih seseorang untuk dijadikan maknae berdasarkan wajah dan kulitnya! Yaitu dia yang memiliki wajah baby face alias imut dan juga kulit yang seputih susu. Jika sudah menemukan kriteria seperti itu barulah dilihat bakatnya. Memang rata – rata maknae wajahnya cute dan cakep, tapi ada juga yang maknae-nya justru sering dikira leader atau yang paling tua. Contoh, Jinwoon “2AM” dan Chansung “2PM”.
  6. Maknae Dipilih Paling Akhir dan Harus Mengalah Pada Seniornya
    Maknae biasanya dipilih paling belakangan untuk bergabung dalam sebuah grup, karena dipilih secara khusus dan mungkin karena agak sulit mencari kriteria seperti itu. Oleh karenanya maknae ditempati oleh orang–orang yang “spesial”, entah karena penampilannya maupun bakatnya, seperti Seungri “Big Bang”, Kyuhyun “SuJu”, Seohyun “SNSD”, dan Taemin “SHINee”.

    Dipilih paling belakang dan harus mengalah! Wah… mungkin agak buruk ya penilaiannya, tetapi sebenarnya seperti ini pengertiannya; maknae tidak segan–segan membantu Hyung dan Unnie-nya (Hyung adalah senior laki–laki; Unnie adalah senior perempuan) dalam mengerjakan sesuatu. Kalau para seniornya sedang kerepotan, maknae selalu siap untuk membantu, bahkan terkadang dalam suatu grup, si maknae inilah yang paling ringan tangan melakukan pekerjaan di dorm mereka. Misalnya saja, Seungri “Big Bang” yang selalu rela kala memilih baju paling akhir ataupun rela berjalan kaki untuk membelikan hyung-nya minum. Atau Chansung “2PM” yang biasa beres–beres kalau yang lainnya sudah pada selesai makan.

  7. Harus ada Anggota Yang Menonjol di Grup
    Dalam sebuah grup idola hal ini mutlak adanya. Pasti ada satu atau dua orang yang lebih menonjol dibandingkan dengan personil lainnya, entah itu leader, maknae, ataupun anggota lainnya. Personil yang menonjol ini biasanya mendapat perhatian lebih dari publik, entah karena bakatnya atau kepribadiannya. Misal; Nikhun “2PM” karena wajahnya yang super tampan, Yoona “SNSD” karena kecantikannya, Heechul “SuJu” karena kepribadiannya yang unik, G-Dragon “Big Bang” karena gaya berpakaiannya, dan lainnya.
  8. Biasanya Vokalis Utama Tidak Terlalu Menonjol
    Suara para vokalis utama ini sudah pasti bagus dan keren, pokoknya tak perlu diragukan lagi deh! Namun sayangnya terkadang mereka tidak terlalu mendapat perhatian lebih dari publik karena mereka kurang menonjol jika dibandingkan dengan member lain di grupnya. Kadang–kadang nasib mereka menyedihkan loh.. sudah tak mendapat perhatian yang layak malah terkadang kalau grup tampil dengan performa mengecewakan, si vokalis utama inilah yang selalu kena sasaran. Contoh para vokalis bersuara emas namun sering terabaikan; Yesung “SuJu”, Taeyeon “SNSD”, dll.
  9. Memiliki Beberapa Profesi diluar Penyanyi
    Kesuksesan sebuah grup idola akan makin laris dan meroket namanya jika mereka tidak hanya dapat bernyanyi saja, melainkan juga melakukan kegiatan entertainment lain yang menunjang, misalnya saja; membintangi suatu iklan, menjadi endorser sebuah produk atau bahkan mempunyai reality show sendiri. Seperti yang dilakukan supergrup, Super Junior yang banyak tampil di berbagai reality show macam “Full House”; tampil dalam komersial “Kyoochon Chicken”, menjadi endorser “SPAO”, dan sebagainya. Juga ada Big Bang yang tampil di “1N2D” (1 Night 2 Days), iklan “LG Lollipop”, dan endorser brand “FILA”. Dan beberapa reality show yang menampilkan SNSD & SHINee dalam “Hello Baby”, B2ST “Idol Maid”, FT Island & MBLAQ dalam “Idol Army”, dsb. Dengan semakin seringnya mereka eksis, niscaya kepopuleran mereka akan semakin terbang tinggi tak hanya di industri hiburan Korea saja.

    Setelah mereka cukup puas dengan menyanyi, beberapa personil dari grup idola ini biasanya akan mencoba melebarkan sayapnya ke bidang–bidang lain, seperti berakting atau menjadi MC. Seperti yang dilakukan T.O.P (Big Bang); Onew “SHINee”; Leeteuk, Eunhyuk dan Siwon “Super Junior”; Jiyeon “T-Ara”; Yoona “SNSD”; Gi Kwang “B2ST”; Hong Ki “FT Island”; Yonghwa “C.N.Blue”; Taecyeon “2PM”, dll. Beberapa diantaranya sudah terbukti sukses dengan rating yang tinggi. Ini dikarenakan mereka sebelumnya telah terkenal sebagai bagian dari grup idola, maka saat kemunculan mereka sebagai aktor/aktris ataupun MC tentu saja sudah dinantikan fans setia mereka. Terkadang cara inipun dijadikan strategi bagi para produser untuk menaikkan rating acara mereka.

  10. Mendapatkan Training
    Semua member grup idola pasti pernah mengalami masa training dan menjadi anak trainee di manajemen artisnya masing–masing. Keputusan berapa lamanya masa training mereka tergantung dari penilaian manajemen yang menaungi mereka. Manajemen akan melihat apakah, si trainee itu sudah siap untuk debut dan diorbitkan menjadi idola atau belum. Dan tiap–tiap personil dalam suatu grup belum tentu memiliki masa training yang sama, ada yang 1, 2 atau 3 tahun; 6 tahun seperti G-Dragon dan Taeyang “Big Bang” atau bahkan 7 tahun seperti Yoona atau Jessica “SNSD”. Tetapi ada juga yang singkat, seperti Kyuhyun dari SuJu yang hanya selama 3 bulan saja.
  11. Dipasangkan Dengan Member lainnya
    Kebanyakan member grup pasti dipasangkan dengan member lain dari satu grup yang sama atau dari grup lain. Ini hanyalah sebagai sebuah siasat saja dari manajemen untuk semakin menambah greget dan polaritas grup mereka. Contoh member yang dipasangkan dengan member dalam satu grup: G-Dragon & Seungri “Big Bang” (G’Ri Couple); dari SHINee ada Onew & Key (OnKey), Onew & Taemin (OnTae), Taemin & Minho (2Min), dsb. Dan contoh member yang dipasangkan dengan member lain grup adalah G-Dragon “Big Bang” & Sandara Park “2NE1” (DaraGon), Woo Young “2PM” & Sandara Park (WooDara), dan lainnya.
  12. Tinggal Serumah
    Alasan ini cukup masuk akal, penempatan anggota grup dalam satu rumah/dorm/asrama akan lebih memudahkan manajemen artis mereka dalam pangaturan jadwal, selain tentunya menjadikan para personilnya lebih dekat dan mengenal lebih jauh lagi sehingga menimbulkan chemistry diantara mereka.
  13. Rela Berkorban
    Banyak member grup idola yang harus rela meninggalkan bangku sekolah atau kuliahnya demi mengejar karir keartisannya. Mereka harus memilih antara impian dan kewajiban sebagai siswa. Memang terdengar dilematis, namun itulah kehidupan. Seperti contohnya para idola ini yang harus mengorbankan yang satu untuk mendapatkan yang lainnya. Sohee harus rela melepaskan sekolahnya demi debutnya bersama Wonder Girls di Amerika. Dan beberapa idola lainnya yang melakukan hal sama, namun kemudian mengambil ujian penyetaraan dan melanjutkan ke Universitas
  14. Punya Sebutan Untuk Basis Fansclubnya
    Yang terakhir ini tentu saja tidak boleh ketinggalan, selain karena para pendukungnya inilah para grup idola bisa terus eksis, nama yang diberikan para idola ini tentu saja menjadi kebanggan para fans setia mereka. Semua band berlomba – lomba memberikan nama yang unik, menarik dan gampang diingat untuk para fansnya, dari mulai VIP (Big Bang), E.L.F (Super Junior), Hottest (2PM), SONE (SNSD), Wonderful (Wonder Girls), Blackjack (2NE1), dan banyak lainnya.

(Berbagai Sumber. *SilverSkylane)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Rahasia Sukses Boyband dan Girlband Korea

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *