Informasi dan Tips – informasitips.com

Rahasia Dibalik Bahasa Tubuh

informasitips.com – Tidak hanya dengan kata-kata kita bisa saling berbagi. Tetapi juga dengan tubuh, kita dapat mengungkapkan banyak hal dalam berbagai bahasa yang dapat dipahami setiap orang. Ketika kita tertawa, kita mengungkapkan kegembiraan. Pada saat kita berusaha menjaga jarak dengan orang lain, kita menyilangkan kedua lengan di depan dada. Ataukah saat kita merasakan rasa terkejut yang tersembunyi atau ketidakpercayaan, maka kita mengangkat sebelah alis kita. Ternyata bahasa tubuh dapat menjadi komunikasi tanpa kata-kata. Oleh karena itu, untuk memahami lebih dalam tentang rahasia dibalik bahasa tubuh, pastikan Anda membaca membaca artikel yang satu ini ya…

Bahasa Tubuh
Hampir 93% komunikasi yang kita lakukan menggunakan bahasa tubuh baik secara sadar maupun tidak sadar. Ketika Anda tahu bagaimana mengartikan bahasa tubuh, Anda akan menyadari dan memahami kapan seseorang menyukai Anda dan kapan ia tidak menyukai Anda. Untungnya tidak terlalu sulit untuk menafsirkan hal tersebut karena pada prinsipnya sebagian besar contoh perilaku yang terjadi pada orang lain juga terjadi pada diri Anda sendiri. Setelah Anda dapat membaca tentang bahasa tubuh, Anda akan belajar sangat banyak tentang orang-orang di sekitar Anda dan bagaimana cara mereka berpikir sebenarnya.

Bahasa Tubuh Pria
Ketika seorang pria tertarik pada Anda, dia akan berusaha untuk menegakkan tubuhnya dan memposisikan tubuhnya lebih tinggi dari Anda untuk menimbulkan kesan sebagai orang yang akan melindungi Anda. Tanda-tanda lainnya adalah dadanya akan membusung dan perutnya menjadi lebih kencang. Selanjutnya Anda akan melihat bahwa pria itu akan sibuk membereskan letak kerah dan lengan baju serta berusaha memperbaiki tatanan rambut agar lebih rapi. Tanda yang lebih meyakinkan bahwa dia tertarik adalah dengan memandangi Anda dan secara tidak sadar mengantungkan ibu jari di bagian ikat pinggangnya untuk menunjukkan daerah genital dan bagaimana kejantanannya bekerja.

Perhatikan bagaimana posisi tubuhnya saat berbicara dengan Anda. Tubuhnya akan sedikit membungkuk untuk memberikan perhatian kepada Anda dan mungkin kakinya menyilang ke arah Anda untuk menunjukkan bahwa ia memperhatikan Anda dengan s*ksama. Ketika ia meletakkan tangan di pinggulnya, dia membuat dirinya lebih berkuasa dari Anda dan siap untuk langkah selanjutnya.

Mata merupakan indikator terbaik dari bahasa tubuh. Sehingga tidak heran jika ada ungkapan menyatakan bahwa “Mata adalah cerminan jiwa“. Jika seorang pria melakukan kontak mata dengan Anda dalam waktu yang cukup lama dan pupil matanya melebar, maka Anda sangat beruntung. Hal ini dapat diartikan bahwa dia sangat menyukai Anda.

Bahasa Tubuh Wanita
Wanita juga beraksi hampir sama seperti pria untuk menunjukkan kehadirannya. Namun wanita cenderung lebih menunjukkan pesona mereka. Sinyal tersebut seperti mengayunkan rambut ke balik bahu baik wanita itu berambut panjang ataupun pendek. Jika pada saat berbicara ia banyak menunjukkan telapak tangannya, ini berarti dia tertarik. Telapak tangan yang terbuka dapat menandakan adanya keterbukaan dan kejujuran.

Seperti halnya pria, wanita akan menyilangkan kakinya ke arah pria tersebut untuk menyatakan bahwa ia membangun suasana yang lebih santai dan bersahabat. Jangan lupa untuk memperhatikan mata wanita karena wanita adalah ahli dalam memainkan pandangan yang intim. Tanda baik lainnya adalah ketika wanita bermain-main dengan rambutnya lalu tersenyum kepada Anda dengan hangat. Saat ia tertawa mendengar lelucon-leluocon yang bahkan tidak lucu, berarti wanita itu mulai jatuh hati.

Jarak Kenyamanan
Setelah Anda tahu bahwa pasangan Anda tertarik pada Anda, maka Anda dapat melakukan sentuhan-sentuhan ringan yang tidak mengapresiasikan rangsangan . Anda dapat menyentuh lengannya saat berbicara dengannya. Jika ia menanggapi dengan menjauhi Anda, ini berarti pasangan Anda belum siap untuk menuju ke tahap yang lebih serius. Dia akan berusaha menjaga jarak sampai dia yakin bahwa ia sudah aman dari tekanan yang Anda berikan. Oleh karena itu, hormatilah jarak tersebut. Bila Anda bergerak terlalu cepat, Anda akan dianggap sebagai penyusup dalam zona pribadinya dan memiliki efek negatif. Di sini ada tiga jenis Zona yang perlu Anda ketahui yaitu :

  • Zona Intim : Zona ini berjarak dua puluh inchi (sekitar 51 cm) antara Anda dan lawan bicara. Yang dapat mendekati zona ini hanyalah teman-teman dekat, keluarga, dan pasangan saja.
  • Zona Pribadi : Zona ini meluas dari daerah kelamin sampai jarak sekitar lima meter di sekitar Anda. Pada zona ini, Anda memperbolehkan rekan atau klien untuk melakukan percakapan pribadi tanpa merasa terancam.
  • Zona Publik: Zona ini berjarak tiga meter dari zona pribadi. Pada zona ini, Anda merupakan pengamat bagi orang-orang yang belum Anda kenal dan memutuskan apakah orang-orang tersebut dapat mendekat ke zona pribadi Anda.

Tanda-Tanda Umum
Ada beberapa tanda-tanda umum yang dapat Anda pelajari dari orang-orang sekitar Anda. Di bawah ini diungkapkan bagaimana wajah, lengan, dan bagian tubuh berbicara.

Wajah

  • Terkejut atau skeptis : alis terangkat
  • Tertarik : kontak mata yang teratur
  • Malu : wajah dipalingkan atau kepala menunduk
  • Merasa tidak aman : berkedip terlalu sering dan cepat
  • Kurang minat : tidak melakukan kontak mata

Lengan

  • Merasa aman : lengan bertumpu pada pinggang
  • Kepuasan : tangan digosok-gosok
  • Gugup : memainkan jari di atas meja, melepaskan kacamata dengan buru-buru
  • Rasa tidak aman : lengan disilangkan di depan dada

Tubuh

  • Penolakan : menjaga jarak, bergerak mundur dari pembicara, pandangan terarah ke bahu
  • Rasa aman : bagian jaket atau blazer terbuka, berdiri tegak dan santai
  • Rasa gelisah : badan bergerak tidak beraturan, mencengkeram kursi atau tubuh dengan kuat
  • Kepercayaan diri yang kuat : duduk dengan kaki terbuka lebar



Beberapa contoh bahasa tubuh lainnya adalah:

  1. Mengibaskan rambut
    Kebiasaan mengibaskan rambut dengan tangan sering dilakukan oleh kaum wanita. Apa sebenarnya yang bisa dibaca dari bahasa tubuh tersebut? Bahasa tubuh seperti ini mengisyaratkan bahwa ada ketegangan di sana. Meskipun demikian, gerakan mengibaskan rambut ini bisa dianggap sebagai gabungan antara ketegangan dan gerakan untuk menggoda, mencoba menarik perhatian dengan menonjolkan pesona kecantikan wajah sampai ke bagian leher. Bisa dikatakan, gerakan seperti ini menandakan bahwa si wanita ingin menampilkan pesonanya pada lawan bicara, terutama lawan bicara pria.
  2. Tersenyum
    Senyum bisa mengisyaratkan berbagai makna. Ada senyum yang tulus, namun ada juga senyum yang dibuat-buat. Senyum yang tulus adalah senyum yang melibatkan otot mata. Kita bisa melihat seseorang tersenyum dengan tulus atau tidak, dari matanya. Orang yang tersenyum cukup lama (lebih dari 5 detik) namun hanya melibatkan bibir tanpa melibatkan otot mata bisa dikatakan memiliki senyum yang palsu.
  3. Berkedip
    Kedipan mata normalnya berkisar antara 6 sampai 8 kali per menit. Namun dalam keadaan stress, seseorang dapat berkedip lebih sering dari itu. Bila kamu ingin tahu apakah seseorang tersebut panik atau tidak kamu bisa melihat dari seberapa sering matanya berkedip.
  4. Menggigit bibir
    Seseorang yang terbiasa menggigit bibirnya saat berada dalam tekanan atau dalam situasi yang tegang mengisyaratkan bahwa orang tersebut sedang berusaha menenangkan dirinya sendiri.
  5. Menggaruk hidung
    Saat seseorang mencoba berbohong, seringkali juga disertai dengan keluarnya adrenalin yang memicu pembuluh darah kapiler pada hidung melebar sehingga membuat hidung terasa gatal. Jadi seseorang yang merasa gatal pada hidungnya, tidak selalu berarti gatal yang sebenarnya, namun bisa juga hal tersebut merupakan bahasa tubuh yang tanpa sadar ia keluarkan karena sedang berbohong atau menyembunyikan sesuatu.
  6. Melirik lawan jenis
    Seorang pria atau wanita yang sedang melirik pada lawan jenisnya bisa diartikan bahwa ia sedang mengirimkan sinyal sembari bertanya-tanya “Apakah ia menyukaiku?” atau “Apakah ia juga menginginkanku?”. Keuntungannya orang-orang yang menggunakan bahasa tubuh seperti ini tidak merasa ditolak andaikan seseorang yang diliriknya tidak menunjukkan sikap yang sama sebagaimana yang diharapkan. Bahasa tubuh ini bisa dijadikan semacam “kedok” oleh orang yang menggunakannya untuk menunjukkan ketertarikannya dibalik perasaan ragu yang disembunyikannya.
  7. Menutup mata dalam waktu yang agak lama
    Menutup mata dalam waktu yang agak lama bisa mengisyaratkan bahwa seseorang sedang berusaha melindungi otak dari sesuatu yang menyerang atau mengancam. Misalnya mengancam daerah penglihatan dari sesuatu yang akan masuk ke mata. Bisa juga mengancam pendengaran misalnya melindungi pendengaran dari suara yang sangat bising dan keras.
  8. Mengerucutkan bibir
    Mengerucutkan bibir merupakan bahasa tubuh seseorang yang mengisyaratkan bahwa ia sedang marah, kesal. Gerakan mengerucutkan bibir tanda marah ini biasanya juga disertai dengan gerakan alis dan dahi yang berkerut dengan tatapan mata yang agak tajam.
  9. Menaikkan atau menurunkan alis
    Seseorang yang menaikkan alis bisa diartikan bahwa ia sedang berada dalam kondisi ingin tahu tahu penasaran atau merasa tertarik akan sesuatu. Sebaliknya bila ia menurunkan alisnya, berarti menunjukkan adanya perasaan (emosi) negatif seperti sedih, murung, bingung, takut.
  10. Mengangkat kepala
    Bahasa tubuh yang menangkat kepala menunjukkan perasaan seseorang yang sedang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bahkan terkadang ada kesan meremehkan orang atau sesuatu yang dilihatnya. Banyak juga orang yang mengartikan bahasa tubuh ini dengan sikap angkuh dan sombong.
  11. Menundukkan kepala
    Bila mengangkat kepala menandakan sikap yang sangat percaya diri, maka menundukkan kepada merupakan bahasa tubuh yang sebaliknya. Orang yang menundukkan kepala bisa jadi mengisyaratkan rasa malu, takut, bersalah, ragu, tidak percaya diri dan tidak berani menerima tantangan. Hindari bahasa tubuh seperti ini terutama bila Anda sedang melakukan interview dengan calon atasan. Menundukkan kepala menandakan ketidakpercayaan diri Anda dan bahkan menunjukkan sikap tidak menghargai lawan bicara.
  12. Berdiri sambil membuka kaki lebar
    Berdiri sambil membuka kaki lebar menunjukkan kekuatan, keyakinan. Bahasa tubuh seperti ini ditambah dengan posisi tangan di pinggang menandakan seseorang ingin menunjukkan power dan sikap dominasinya.
  13. Memijat dahi atau telinga
    Gerakan memijat dahi atau telinga menunjukkan bahasa tubuh keraguan, kecemasan, dan gelisah. Begitu pula bila Anda menggosok-gosok kaki, tangan, atau bagian belakang telinga, ini menunjukkan kegelisahan yang sedang Anda rasakan. Menggosok atau menyentuh saraf-saraf pada bagian tubuh tertentu dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung ketika Anda sedang panik dan gelisah.
  14. Melipat tangan
    Apa yang dapat diisyaratkan dari bahasa tubuh ini? Apakah pertanda kemarahan? Jawabannya belum tentu loh… Seseorang yang sedang berdiri sambil melipat tangannya di depan dada menunjukkan posisi defensif (bertahan). Sikap ini juga bisa diartikan sebagai sikap yang tenang, sebagian orang merasakan perasaan yang sangat nyaman dalam posisi seperti ini.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: