Quantum Dot (QD) TV, TV Masa Depan

Baru-baru ini, para peneliti mengembangkan sebuah teknologi baru, yaitu Kristal pemancar cahaya baru yang biasa disebut quantum dot (QD). Diberitakan bahwa teknologi ini akan dikembangkan untuk menciptakan televise ultra tipis atau yang disebut quantum dot (QD) TV.

Quantum dot TV Baru

Kristal ini memiliki lebar 100.000 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia. Kristal ini dapat dicatak ke lembaran plastic fleksibel untuk menghasilkan tampilan kertas tipis yang dengan mudah dibawa berkeliling. Menurut para ilmuwan, QD TV akan mirip seperti televisi layar datar dengan tingkat rasio ketajaman warna yang lebih tinggi dan tingkat ketipisan yang hampir menyerupai kertas.

Televisi pada saat ini mempunyai layar Kristal cair (LCD) yang diterangi dengan LED dengan ketebalan mencapai 2-3 inci. Dengan mengganti LED dengan titik kuantuk tentunya akan dapat mengurangi ketebalan. Michael Edelman, CEO Nanoco mengatakan bahwa keuntungan yang disediakan oleh titik-titik kuantum ini dapat dicetak di selembar plastic yang dapat digulung, sehingga dalam perkembanganya, akan ada televisi yang dapat digulung dan dimasukkan dalam tas. Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan elektronik besar asal asia. Diharapkan televisi ini akan hadir di toko-toko pada akhir 2012.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>