Informasi dan Tips – informasitips.com

Pulau Tidung, Mutiara di Tengah Kepulauan Seribu

informasitips.com – Apa yang Anda pikirkan dalam benak Anda jika mendengar Kepulauan Seribu? Pikiran Anda kemungkinan besar akan melayang ke sebuah gugusan pulau di utara Jakarta yang selama ini telah menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia, dan juga dunia, khususnya Asia Tenggara. Kepulauan Seribu menawarkan berbagai bentuk wisata, diantaranya wisata bahari yang mencakup wisata permukaan laut dan wisata bawah laut, wisata fauna, wisata budaya, maupun wisata sejarah. Kepulauan Seribu terletak sekitar 45 km utara Jakarta dan terdiri dari sekitar 120 pulau, dengan rincian 67 pulau berpasir, 55 pulau karang, dan beberapa pulau kecil yang dimiliki perseorangan atau badan usaha.

Kepulauan Seribu memiliki kawasan inti yang sangat dilindungi dan bebas dari perubahan apapun oleh manusia baik penduduk maupun pendatang. Ini menyebabkan kondisi kawasan inti Kepulauan Seribu sangat alami dan dapat menjadi salah satu tujuan wisata paling popular di Indonesia selama beberapa dekade. Secara keseluruhan pulau-pulau di gugusan Kepulauan Seribu indah dan alami, tetapi ada satu pulau yang akhir-akhir ini sangat menyedot perhatian wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Pulau yang dimaksud adalah Pulau Tidung. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau dalam gugusan Pulau Wisata Bahari yang terletak di dalam kawasan Kepulauan Seribu. Secara administratif Pulau Tidung terletak di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, dan dapat ditempuh melalui laut dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara dengan memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan. Ini menyebabkan Pulau Tidung dapat dijangkau dengan mudah, yang berimbas pada banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung.

Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah bagian dari Pulau Tidung yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan memiliki fasilitas yang paling lengkap. Sebagai contoh, jika kita berangkat dari Pelabuhan Muara Angke, maka kita akan berlabuh di Dermaga Tidung Besar. Sedangkan Pulau Tidung Kecil dikhususkan untuk pengembangbiakan mangrove, dan dipenuhi oleh ilalang dan tumbuhan-tumbuhan pantai lainnya. Menyusuri pantai Pulau Tidung merupakan hal indah yang sulit dilupakan oleh sebagian wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini. Bagaimana tidak? Anda dapat menyusuri tepian hutan mangrove yang masih alami sambil menikmati pemandangan teluk Pantai Tidung Kecil yang indah dibalut temaramnya suasana akibat proses terbenamnya matahari.

Tempat Wisata Pulau TidungSelain terumbu karang indah yang menjadi andalan pulau ini, para wisatawan dapat menikmati berbagai hal indah lainnya di Pulau Tidung, diantaranya hutan mangrove yang masih alami, pasir putih, terumbu karang yang alami, serta jembatannya yang melegenda. Ya! Di Pulau Tidung terdapat jembatan sepanjang 2,5 kilometer yang bernama Jembatan Cinta yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

sumber gambar: www.pesonapulautidung.com

Jembatan ini sangat digemari oleh para wisatawan sebagai tempat berfoto terutama pada waktu terbit dan tenggelamnya matahari, karena menimbulkan suasana yang sangat romantis bagai di film-film drama percintaan. Tidak hanya itu, di jembatan ini para wisatawan dapat melihat atraksi akrobatik yang dilakukan oleh anak-anak kecil penduduk setempat. Mereka sering melakukan loncat indah dari jembatan ke laut sebagai peragaan bagi para wisatawan. Selain anak-anak kecil yang hobi beratraksi terjun bebas, di Pulau Tidung juga terdapat komunitas penyelam tradisional. Para penyelam tradisional ini biasa disebut sebagai penyelam kompresor, karena mereka hanya menggunakan kompresor sebagai alat bantu pernafasan di dalam air.

Terumbu Karang di Pulau Tidung

sumber gambar: keepsmilingmyfriend.blogspot.com

Jika Anda penggemar diving dan snorkling, Anda dapat memuaskan hobi Anda tersebut di Pulau Tidung. Anda dapat memulai penyelaman di Pulau Tidung Besar dan menikmati berbagai terumbu karang indah yang terbentang antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jika Anda tidak membawa peralatan menyelam, maka Anda tidak perlu khawatir karena di Pulau Tidung Besar banyak disewakan berbagai alat bantu menyelam, seperti masker, snorkel, fin, dan lain sebagainya. Jika Anda masih merasa cukup repot dengan berbagai tetek bengek itu, maka Anda dapat menggunakan jasa wisata ke Pulau Tidung yang dalam paketnya menyediakan juga wisata diving dan snorkling. Coba saja browsing dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, maka Anda akan mendapat berbagai penawaran paket wisata Pulau Tidung yang diantaranya menyediakan sarana untuk memuaskan hobi menyelam Anda.

Pulau Tidung memiliki penduduk sekitar 3000 jiwa, yang komposisinya terdiri dari bermacam-macam etnis, diantaranya Banten, Bugis, Makassar, dan Jawa. Sebagian besar penduduk Pulau Tidung berprofesi sebagai nelayan dan pembudidaya rumpu laut dan sebagian kecil lainnya berprofesi sebagai pegawai negeri dan pegawai swasta. Budidaya rumput laut sebagai salah satu mata pencaharian utama bagi penduduk Pulau Tidung telah menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang dalam kesehariannya jarang atau tidak pernah bersinggungan dengan kehidupan masyarakat tepi pantai. Jika Anda ingin berwisata ke kawasan yang menyediakan daya tarik wisata bawah laut,wisata budaya, wisata pantai dalam satu kesatuan, maka Pulau Tidung adalah jawabannya!



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: