Informasi dan Tips – informasitips.com

Prebiotik ASI, Apa Itu?

Posted on by in , with 0 Comments

Prebiotik ASI Sangat Berguna Untuk Bayiinformasitips.com – Jika anda membaca judul posting-an saya ini mungkin akan muncul pertanyaan di benak anda mengenai “apakah prebiotik itu?”. Sebelum saya menguraikan mengenai prebiotik ASI, ada baiknya terlebih dahulu anda memahami pengertian prebiotik. Prebiotik adalah elemen yang terdapat pada makanan yang memiliki fungsi dalam stimulasi perkembangan dan aktifitas Bifidobacteria dan Lactobacilli di saluran pencernaan kita, yang akhirnya akan memberikan efek yang menguntungkan pada kesehatan manusia.

Sedangkan Bifidobacteria dan Lactobacilli merupakan jenis bakteri yang banyak terdapat dalam saluran pencernaan manusia, terutama di usus besar. Jangan samakan istilah prebiotik dengan probiotik. Jika prebiotik adalah bahan makanan yang merangasang pertumbuhan dan aktifitas bakteri-bakteri baik (sering disebut sebagai mikroflora) di saluran pencernaan kita, maka probiotik adalah sebutan untuk bakteri-bakteri tersebut. Jadi, prebiotik adalah makanan untuk probiotik.

Air Susu Ibu (ASI) yang sering digembar-gemborkan untuk diberikan secara eksklusif pada bayi di 6 bulan pertamanya, bukan merupakan slogan belaka. Ada maksud yang patut diperhitungkan di balik itu semua. ASI dalam hal kandungannya sangat berbeda dengan susu sapi. Hal itulah yang kemudian memberikan efek yang berbeda pula terhadap sang bayi.

ASI merupakan prebiotik yang sangat bagus untuk pertumbuhan mikroflora yang ada di saluran pencernaan si buah hati. Hal itu disebabkan oleh rendahnya kandungan protein dan fosfat di dalam ASI (fosfat 0,15 g/L dan protein 9,0 g/L), sedangkan di dalam susu sapi kandungan protein dan fosfat relatif tinggi (fosfat 0,9 g/L dan protein 32,0 g/L).

Berdasarkan penelitian para ahli, fosfat dan protein tidak memiliki efek bifidogenik, yaitu efek yang dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan mikroflora, yang didominasi oleh bifidobacteria, di dalam saluran pencernaan bayi.

Efek prebiotik pada ASI juga disebabkan oleh tingginya kadar laktoferin, laktosa, nukleotida, dan oligosakarida. Kecuali laktosa, kandungan zat-zat tersebut pada susu sapi relatif lebih rendah. Khusus untuk oligosakarida, zat ini banyak terdapat di ASI dan merupakan kandungan terbesar ketiga setelah laktosa dan lemak.

Oligosakarida merupakan karbohidrat yang terdiri dari 3-10 unit monosakarida. Oligosakarida tidak dicerna di dalam saluran pencernaan dan dapat mencapai kolon (usus besar), tempat dimana banyak terdapat mikroflora, yang akhirnya merangsang perkembangan mereka. ASI yang biasa mengandung 12-14 g/L oligosakarida, sedangkan kolostrum mengandung lebih dari 20 g/L oligosakarida.

Sebaliknya, susu sapi mengandung oligosakarida tak lebih dari 1 g/L. Oleh karena itulah para produsen susu formula berlomba-lomba memfortifikasi produknya dengan oligosakarida. Contoh oligosakarida yang banyak ditambahakan ke dalam susu formula adalah fruktooligosakarida, galaktooligosakarida, dan inulin. Berdasarkan penelusuran dari beberapa literatur, tidak diragukan lagi bahwa oligosakarida memberikan sumbangan yang besar terhadap efek bifidogenik yang dimiliki oleh ASI.

Sebagai kesimpulan, ASI adalah makanan yang terbaik untuk bayi kita, sebisa mungkin hendaknya ASI diberikan secara eksklusif di 6 bulan pertama kehidupan si buah hati. Karena ASI memberikan efek yang sangat besar bagi perkembangan mikroflora pada sang bayi, yang akhirnya akan mempengaruhi sistem imun atau kekebalan pada bayi tercinta kita.

Semoga informasi ini berguna untuk kita semua, terutama untuk si kecil, jangan sampai hak mereka terampas untuk mendapatkan ASI. (ST)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih

OUR FRIEND