Informasi dan Tips – informasitips.com

Posisi Kedua Tangan saat Push Up, Dekat atau Jauh?

informasitips.comPush up merupakan latihan otot yang paling sederhana, sekaligus paling komplit dan sangat bermanfaat dalam melatih banyak otot di tubuh. Push up juga memiliki berbagai variasi yang pada masing-masing variasi itu memiliki manfaatnya masing-masing. Contoh dari variasi push up adalah variasi posisi kedua tangan, yaitu kedua tangan saling jauh (lebar) atau saling dekat (sempit). Di antara kedua posisi tangan tersebut, manfaat yang diperoleh saling berbeda. Meski berbeda, namun kesuanya saling melengkapi dalam memberikan sumbangan bagi perkembangan otot d tubuh. Nah, berikut ini sedikit uraian mengenai perbedaan antara kedua posisi tangan (dekat atau jauh) saat melakukan push up:

  • Push up dengan posisi kedua tangan yang dekat (sempit)

    Tahukah kamu kalau posisi kedua tangan pada saat push up sangat menentukan otot-otot mana saja yang menjadi penekanan untuk dilatih? Untuk posisi kedua tangan yang saling dekat atau sempit sangat tepat untuk melatih otot trisp ketimbang otot-otot pectoralis atau otot dada. Selain trisep, push up dengan tangan yang lebih dekat juga melatih berbagai otot di bahu, punggung dan perut. Pada push up ini kedua tangan diposisikan mendekat ke tubuh, termasuk kedua siku yang juga lebih dekat ke tubuh, sehingga seolah-olah terlihat kedua tangan berada di bawah tubuh Kamu.

  • Posisi Tangan saat Push-Up

  • Push up dengan posisi kedua tangan yang agak jauh (lebar)

    Pada push up jenis ini kedua tangan Kamu diposisikan lebih lebar daripada bahu dan kedua siku diarahkan ke arah luar. Posisi tersebut memberi porsi latihan lebih besar untuk kedua bahu, serta otot-otot dada. Ketimbang push up dengan posisi kedua tangan yang sempit, push up dengan posisi tangan yang lebar lebih mudah.

Mengingat kedua jenis push up di atas memiliki manfaat yang berbeda dalam melatih otot-otot tubuh, maka untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan push up, maka variasikanlah posisi kedua tangan saat melakukan push up. Dengan begitu otot-otot tubuh Kamu akan semakin berkembang, terutama otot-otot pada tubuh bagian atas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: