Informasi dan Tips – informasitips.com

Pinterest, Jejaring Sosial Baru yang Semakin Populer

Pinterest Media Sosial Baru Populerinformasitips.com – Pernah dengar tentang Pinterest? Apa itu Pinterest? Sebagian mungkin sudah mengenalnya, namun tidak sedikit juga yang masih asing dengan Pinterest. Jika ingin berkenalan lebih jauh dengan Pinterest, simak info yang disajikan dalam artikel ini ya.. Di sini informasitips.com akan mengulas secara garis besar tentang Pinterest.

Pinterest adalah sebuah media sosial (layanan jejaring sosial) dengan konsep papan pin online (online pinboard) yang memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan berbagai hal yang ia sukai dari website manapun ke dalam Pinterest untuk dibagikan ke pengguna lainnya. Konsepnya seperti papan buletin atau papan gabus yang biasa di tempel di dinding kamar, Pinterest juga merupakan papan pin namun dalam bentuk digital di dunia maya (online) yang memungkinkan kita untuk menempel gambar, foto, video berupa resep, tempat, pakaian atau hal apapun yang kita sukai.

Sesama pengguna Pinterest dapat saling berinteraksi dalam bentuk re-pin, like, atau comment terhadap hal yang ada dalam Pinterest. Sesuai misinya, Pinterest menghubungkan setiap orang di seluruh dunia lewat hal menarik yang mereka sukai.


Perkembangan Pinterest
Pinterest merupakan social bookmarking yang meraih gelar Best New Startup TechCrunch 2011 dan sudah ada sejak dua tahun yang lalu. Namun, baru meroket dan semakin mencuri perhatian banyak orang selama beberapa bulan terakhir. Pinterest sangat populer di kalangan wanita dan dikelola oleh Cold Brew Labs, sebuah tim yang berbasis di Palo Alto, California.

Perkembangan Pinterest dimulai sejak Desember 2009 dan situsnya resmi diluncurkan pada Maret 2010 dalam status beta. Pada 16 Agustus 2011, Pinterest masuk dalam 50 Website Terbaik Tahun 2011 versi majalah Time.

Pada bulan Desember 2011, Pinterest masuk dalam Top 10 Social Network Hitwise Data dengan total 11 juta kunjungan per minggunya. ComScore, sebuah perusahaan yang meneliti tentang internet marketing menyebutkan bahwa pada Januari 2012 Pinterest memiliki total pengguna 11,7 juta orang dan membuatnya menjadi situs tercepat sepanjang sejarah yang berhasil menembus angka 10 juta pengguna. Kebanyakan penggunanya adalah kaum wanita.


Berbagai istilah dalam pinterest adalah:

  1. Pin
    Pin adalah gambar atau objek yang dimasukkan ke dalam Pinterest. Anda dapat memberikan link ke website asal/sumber gambar yang dimasukkan ke dalam Pinterest tersebut, atau dapat secara langsung meng-upload gambar sendiri ke Pinterest. Pin disertai pula dengan caption, semacam identitas atau deskripsi dari gambar yang dimaksud.
  2. Repin
    Saat seseorang melakukan pinning (memasukkan gambar) ke dalam Pinterest, maka gambar tersebut tentunya dapat dengan mudah di-repin oleh pengguna lainnya (ditempel kembali di akun pengguna lain). Pin dan repin inilah yang membuat konten gambar menjadi sangat cepat menyebar. Jika Anda melihat sesuatu yang menarik dan Anda sukai di Pinterest, Anda dapat me-repinnya dan membaginya ke teman-teman Anda.
  3. Board/pinboard (papan pin)
    Board merupakan tempat Anda menempelkan pin. Anda dapat memiliki papan yang terpisah untuk tiap subjek tertentu, misalnya papan untuk wedding atau resep-resep makanan favorit.



Cara Menggunakan Pinterest
Untuk bisa menggunakan Pinterest, terlebih dahulu Anda harus mendaftar untuk membuat akun. Dan untuk bisa mendaftar di Pinterest, pengguna harus menerima undangan (invitation) dari teman yang sudah terdaftar di Pinterest atau dapat pula meminta undangan (invitation) langsung dari Pinterest. Pinterest selanjutnya akan mengirimkan invitation ke email Anda. Pinterest saat ini hanya terbuka bagi pengguna yang diundang saja.

Proses registrasi Pinterest adalah meminta pengguna untuk menghubungkan akun Pinterestnya ke akun Facebook atau Twitter mereka. Pinterest memungkinkan setiap penggunanya untuk mengikuti aktivitas para pengguna lainnya.

Pengguna dapat mengikuti semua papan pengguna lainnya atau hanya satu papan saja. Dengan menghubungkan Pinterest ke Facebook, pengguna dapat dengan cepat melihat siapa saja diantara teman Facebook mereka yang sudah tergabung (memiliki akun) dalam Pinterest.

Pada profil Pinterest, Anda dapat mengatur apakah Anda ingin menampilkan nama, foto profil, deskripsi biografi, berapa orang yang Anda ikuti dan berapa banyak follower yang Anda miliki. Dengan menggunakan Pinterest, Anda layaknya memiliki papan buletin atau kliping dalam bentuk digital di dunia maya tentang segala hal yang Anda sukai dan Anda kumpulkan.


Apa yang membuat Pinterest menarik?

  1. Penuh Gambar Menarik
    Pinterest memang dikonsep layaknya sebuah papan dalam bentuk digital yang tentunya memiliki banyak gambar menarik dan inspiratif di sana. Hal tersebut membuat Pinterest menjadi semakin menarik dilakoni oleh para pelaku usaha, karena gambar dan video cenderung lebih mudah menarik orang dari pada tulisan. Pinterest sangat efektif bagi mereka yang memiliki produk yang mengutamakan gambar atau efek visual seperti makanan, fashion, tempat-tempat liburan, berbagai macam produk seni, desain, dan fotografi.
  2. Pinterest mampu membawa orang datang ke website atau blog Anda
    Salah satu keuntungan Pinterest adalah kemampuan untuk mendatangkan orang ke website atau blog Anda lewat gambar yang di-pin langsung dari website dengan menggunakan tombol Pin It .

    Situs-situs besar seperti Time Magazine dan Mashable sudah membuat pinboard mereka di Pinterest dan memasukkan gambar ke Pinterest yang diberi link balik ke situs mereka. Cara bookmark dengan Pinterest ini diakui banyak orang juga bisa meningkatkan tarfik ke blog mereka.

Secara garis besar, Pinterest memberikan kemudahan dalam sistem bookmarklet dan integrasi sosial media. Hal inilah yang membuat Pinterest semakin menarik dan diminati.

Untuk lebih mengenal dan menemukan keasyikan dari Pinterest, tentunya Anda harus mencoba dan merasakan sendiri sensasi yang berbeda dari Pinterest dibandingkan media sosial lainnya. Tertarik untuk mencoba? Tak ada salahnya, karena Anda bisa menemukan berbagai hal baru yang menarik dan sangat inspiratif lewat Pinterest.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: