Informasi dan Tips – informasitips.com

Pilih Mana? Telur Ayam atau Telur Bebek?

informasitips.com – Rasanya hampir tiap hari Kita menjumpai makanan berbahan dasar telur. Ya, telur memang merupakan bahan pangan yang paling mudah untuk diolah, sekaligus memiliki nilai gizi yang tinggi. Dibanding telur lainnya, telur ayam adalah jenis telur yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lalu, bagaimana dengan telur bebek? Kenapa pamor telur bebek lebih kalah dibandingkan dengan telur ayam? Apakah benar telur ayam lebih baik dibandingkan dengan telur bebek? Yuk, Kita cari tahu sebenarnya seperti apa sih perbandingan antara telur ayam dengan telur bebek?

Berikut ini daftar perbandingan telur ayam dan telur bebek:

  • Ukuran

    Soal ukuran, telur bebek lebih besar dibandingkan dengan telur ayam. Lihat saja gambar berikut ini:

    Pilih Telur Ayam atau Telur Bebek

    (Keterangan: Sebelah Kiri= Telur Bebek; Sebelah Kanan= Telur Ayam)

  • Kandungan Kolesterol

    Seperti yang dikatakan di atas bahwa ukuran telur bebek lebih besar dibandingkan dengan telur ayam, hal itu berarti ukuran kuning telurnya juga lebih besar dibandingkan telur ayam. Ukuran kuning telur yang lebih besar menandakan bahwa kolesterol dalam telur bebek lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kolesterol dalam telur ayam. 100 gram telur bebek mengandung sekitar 884 mg kolesterol, sementara 100 gram telur ayam mengandung sekitar 425 mg.

  • Kalori

    Pada telur bebek terkandung 185 kCal energi, sementara telur ayam di bawah itu, yaitu 149 kCal energi.

  • Kandungan Lemak

    100 gram telur bebek mengandung kira-kira 3.68 gram asam lemak jenuh, sementara telur ayam mengandung 3.1 gram. Untuk asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), telur bebek mengandung 50% lebih banyak dibanding telur ayam.

  • Kandungan vitamin

    Dari segi kualitatif, kandungan vitamin dalam kedua telur hampir sama. Namun, dari segi kuantitatif, untuk masing-masing kadar vitamin dalam telur bebek lebih banyak dibandingkan dalam telur ayam. Kandungan vitamin tersebut diantaranya adalah thiamin, niacin, riboflavin, asam pantotenat, folat, vitamin B6, vitamin D, E, A, B12 dan retinol.

  • Kandungan mineral

    Kandungan mineral pada kedua telur sangat serupa, yaitu mengandung selenium, mangan, zinc, tembaga, kalium, natrium, fosfor, kalsium dan zat besi. Dalam hal jumlah, mineral dalam telur bebek sedikit berada di bawah telur ayam.

  • Kandungan protein dan karbohidrat

    Telur bebek sedikit lebih banyak mengandung protein dibandingkan telur ayam. Namun, untuk kandungan karbohidrat keduanya hampir sama.

  • Kadar air

    Untuk kandungan air, lebih banyak terdapat di dalam telur ayam dibandingkan di telur bebek.

  • Penggunaannya dalam pembuatan kue

    Menggunakan telur bebek dalam resep kue yang dibuat akan membuat kue tersebut lebih mengembang dan rasanya juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan telur ayam, seperti yang selama ini banyak dilakukan.

Wah, kalau dilihat-lihat dari data di atas ternyata kandungan nutrisi telur bebek lebih kaya dibandingkan telur ayam. Terlepas dari kadar kolesterolnya yang lebih tinggi, telur bebek juga bisa dimanfaatkan layaknya selama ini kita memanfaatkan telur ayam secara luas.

Jadi, sekarang Kamu mau pilih yang mana? Pilih telur ayam atau telur bebek?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Pilih Mana? Telur Ayam atau Telur Bebek?

  1. M. Sujarwanto

    Artikel yg bagus sekali. Menambah wawasan saya akan kandungan kedua jenis telur tsb. Kalau saya lebih senang telur bebek. Hanya saja karena fkator harga dan kesediaan, lebih seringnya telur ayam karena mudah didapat. Tapi kalau dihidangkan 2 telur tsb, saya pasti milih telur bebek, kalau digoreng dadar rasanya lebih enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: