Pigmen Antosianin, Banyak Terkandung dalam Buah dan Sayuran

Pigmen Warna Antosianin


informasitips.com – Antosianin adalah pigmen atau zat warna yang terkandung dalam buah, bunga, daun, batang, dan juga dalam akar suatu tanaman. Antosianin pada bagian-bagian tanaman itu menghasilkan warna yang beragam, seperti kuning pucat, orange, merah, magenta, ungu, dan biru atau kombinasi dari warna-warna tersebut, tergantung dari tingkat keasaman (pH) pada lokasi dimana pigmen itu berada.

Secara struktural, pigmen antosianin merupakan senyawa fitokimia yang termasuk ke dalam kelompok senyawa flavonoid, yaitu senyawa fenolik yang banyak terkandung di dalam bahan alami. Karena merupakan senyawa fenolik, maka pigmen antosianin memiliki khasiat sebagai antioksidan. Karena hal itu juga sayuran atau buah-buahan yang berwarna cerah (banyak mengandung antosianin) kerap dianggap sebagai sumber antioksidan alami. Dari informasi itu dapat diketahui bahwa pigmen antosianin banyak terdapat pada bagian kulit dari buah atau sayuran.

Sifat Pigmen Antosianin

Antosianin merupakan zat warna tanaman yang dapat larut dalam air atau water soluble. Antosianin tidak memiliki bau atau odourless dan juga tidak memiliki rasa (flavorless). Antosianin memiliki karakteristik untuk mengerutkan atau menyusutkan jaringan pada tubuh manusia (atau disebut astringent), sehingga jika kita mengonsumsi buah atau sayur yang tinggi antosianin, maka kita akan merasakan mulut kita menjadi kering. Sifat-sifat kimia antosianin sangat dipengaruhi oleh oksigen, temperatur, cahaya, enzim serta pH. Paparan berbagai factor itu akan memengaruhi kestabilan warna dari pigmen antosianin.

Buah yang mengandung Antosianin

Loading...

Contoh buah-buahan yang kaya akan kandungan pigmen antosianin adalah anggur, blueberry, raspberry, delima, gojiberi, blackberry, ceri, stroberi, peach dan apel segar. Ada juga buah-buahan yang sedikit mengandung antosianin, yaitu pisang dan pir.

Sayuran atau Tanaman yang Mengandung Antosianin

Sayur-sayuran yang mengandung pigmen antosianin adalah kacang ercis, adas, terung (bagian kulitnya), asparagus, serta kentang. Bahan pangan lainnya yang juga mengandung antosianin adalah kedelai hitam, beras hitam, jagung ungu, kembang kol ungu, teh, madu, minyak zaitun, kacang-kacangan, coklat, dan sereal.

Khasiat Antosianin sebagai Antioksidan

Antosianin yang merupakan senyawa fenolik memiliki khasiat sebagai antioksidan. Berbagai studi ilmiah menunjukkan berbagai manfaat potensial yang dimiliki antosianin untuk kesehatan dalam kaitannya sebagai antioksidan, seperti mengurangi risiko terkena diabetes mellitus, kanker dan penyakit-penyakit kardiovaskular.

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: