Informasi dan Tips – informasitips.com

Pesona Tanah Lot yang Memikat Dunia

informasitips.com – Pulau Bali dikenal sebagai pulau dewata karena keindahan alamnya yang dipadu dengan keunikan budaya Hindunya. Pulau Bali telah terkenal di seantero mancanegara, bahkan terkadang sebagian wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali terlebih dulu mengenal Bali dibanding Indonesia. Pulau Bali yang dikenal sebagai surganya para wisatawan memiliki berbagai tempat wisata terkenal seperti Pantai Kuta, Bedugul, Tanah Lot, Kintamani, Pantai Sanur, dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini kita akan sedikit membahas tentang Tanah Lot, sebuah tempat wisata yang sering menjadi simbol pariwisata di pulau dewata ini.

Sekilas mengenai Tanah Lot

Tanah Lot terdiri dari dua kata yaitu Tanah dan Lot. Kata “Tanah” dimaksudkan sebagai batu karang, dan kata “Lot” berarti laut. Tanah Lot adalah sebuah objek wisata yang merupakan perpaduan antara batu karang, pura, dan pantai. Di Tanah Lot terdapat dua buah pura, yang salah satunya disebut Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot ini aslinya bernama Pura Pekendungan. Pura Tanah Lot adalah pura yang didirikan untuk memuja dewa laut, sehingga kawasan Tanah Lot ini dikenal sebagai kawasan suci untuk memuja dewa-dewa penjaga lautan. Kawasan Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Lokasi Tanah Lot secara spesifik terletak sekitar 13 kilometer dari pusat Kabupaten Tabanan.

Sejarah Tanah Lot

Indahnya Tanah LotMenurut sejarah yang telah banyak disepakati, Pura Tanah Lot didirikan oleh seorang pemuka agama Hindu yang berasal dari Jawa. Pemuka agama Hindu tersebut bernama Danghyang Nirartha. Danghyang Nirartha berasal dari Jawa Timur dan membangun pura ini pada abad 16. Pengaruh Jawa Timur tercermin kuat di tempat ini, seperti nama kecamatan dimana Pura Tanah Lot berdiri, yaitu Kecamatan Kediri. Seperti telah kita ketahui bersama, di Jawa Timur terdapat kota yang bernama Kediri.

Danghyang Nirartha datang ke kawasan Tanah Lot dari Jawa Timur dengan tujuan menguatkan kembali kepercayaan masyarakat setempat akan ajarah Hindu. Sewaktu kedatangannya beliau sempat ditentnag oleh sebagian penduduk asli Tanah Lot yang diwakili oleh Bendesa Beraben. Menurut legenda yang dipercayai oleh penduduk sekitar Tanah Lot, Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan kawasan itu, dan Danghyang Nirartha menyanggupinya. Tetapi sebelum meninggalkan kawasan itu, Danghyang Nirartha memindahkan sebuah bongkahan batu karang ke tengah pantai dan membangun pura disana yang sekarang dikenal sebagai Pura Tanah Lot. Tidak lupa Danghyang Nirartha meninggalkan selendangnya sebagai penjaga pura dalam bentuk ular. Ular yang dimaksud dalam legenda itu sampai sekarang masih ada. Ular tersebut digolongkan sebagai ular laut dengan ciri-ciri fisik pipih seperti ikan dan berwarna hitam dengan belang-belang yang berwarna kuning. Setelah melihat beberapa keajaiban yang dilakukan oleh Danghyang Nirartha, Bendesa Beraben mengaku kalah dan memutuskan untuk menjadi murid Danghyang Nirartha.

Keadaan dan suasana Tanah Lot

Pura Tanah Lot terletak sekitar 300 meter dari bibir pantai. Di sebelah utaranya terdapat satu pura lagi yang dihubungkan dengan sebuah tebing alami yang sekilas terlihat seperti jembatan melengkung.

Di sebelah barat Pura Tanah Lot terdapat sebuah sumber air tawar yang kerap digunakan dalam berbagai upacara suci pemeluk Hindu setempat. Mata air yang disebut dengan Tirta Pabersihan ini dapat dilihat jelas jika air laut sedang surut. Jika air surut, Anda juga dapat melihat beberapa ular laut yang terkadang menempel di antara karang-karang yang mengapit Pura Tanah Lot. Berhati-hatilah pada ular-ular tersebut, karena seperti kita ketahui bersama, bisa ular laut biasanya jauh lebih mematikan dibanding ular darat.

Selain sebagai wisata religi dan budaya, Tanah Lot juga menawarkan keindahan panorama pantai yang sangat memikat. Banyak wisatawan menunggu saat-saat matahari terbenam, karena pemandangan laut kala itu akan sangat indah dan romantis. Pada bulan-bulan tertentu di antara tebing-tebing Tanah Lot, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dimana bentuknya seperti sebuah bola merah yang terlihat mengintip di sela-sela tebing. Ini merupakan pemandangan yang sangat indah dan telah dikenal oleh para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Jika Anda berkunjung ke Tanah Lot, sangat disarankan bagi Anda untuk menunggu sunset sejak pukul 16.00 karena pada saat itu Anda akan melihat gradasi warna yang indah di kawasan Tanah Lot.

Tanah Lot Sunset View

Tidak jauh dari Pura Tanah Lot, terdapat sebidang tanah yang digunakan untuk mementaskan Tari Kecak, sebuah tari khas Bali yang dimainkan oleh sekitar 40 orang laki-laki. Tari ini diciptakan sekitar tahun 1930-an oleh Wayan Limbak yang bekerja sama dengan seorang pelukis asal Jerman yang bernama Waltes Spies. Tari ini telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap paket wisata di Pulau Bali. Tari ini melambangkan kisah Ramayana dalam tradisi Hindu.

Festival di Tanah Lot

Pura Tanah Lot memiliki sebuah hari yang selalu diperingati secara besar-besaran. Hari raya tersebut adalah Hari Raya Odalan yang diperingati setiap 210 hari sekali. Hari raya ini biasanya jatuh di hari yang berdekatan dengan perayaan Kuningan dan Galungan, tepatnya pada Hari Suci Buda Cemeng Langkir.

Sarana dan prasarana Tanah Lot

Secara administratif Tanah Lot dikelola oleh Desa Adat Beraban dan Pemkab Tabanan. Tanah Lot dikelola secara professional dan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, yang diantaranya adalah toilet, parkir, hotel, losmen, restoran, dan berbagai toko yang menjual karya-karya seni khas Bali.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? Segeralah berkunjung ke Tanah Lot dan abadikan jejak perjalanan Anda disana!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Pesona Tanah Lot yang Memikat Dunia

  1. Wisata Bali

    Tanah lot memang sering dikunjungi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Tempat ini juga menjadi salah satu pilihan utama apabila kita berlibur ke Bali. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *