Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Bayi 7 Bulan

informasitips.com – Pada usia 7 bulan, si kecil sudah mulai bisa bergerak secara lebih mandiri. Kemampuan barunya itu menuntunnya untuk meraih apapun yang dia lihat. Hal tersebut sangat penting, karena merupakan milestone bayi yang sudah harus ia capai, yaitu mencari cara untuk bisa meraih benda. Jika bayi Anda sudah mulai bisa menggerakkan tubuhnya untuk maju, maka dia akan mulai mengeksplorasi lingkungannya dengan cara yang baru. Sudut pandang baru yang kini ia rasakan akan membuatnya sangat bersemangat untuk lebih bisa mencapai tahap perkembangan selanjutnya, seperti merangkak, berdiri sendiri menopang tubuhnya, hingga akhirnya mampu berjalan.

Mobilitas bayi yang mulai meningkat mengharuskan Anda untuk menyediakan lingkungan yang aman baginya, sehingga dia bebas mengeksplorasi tanpa Anda harus khawatir dia akan jatuh atau terpeleset. Seringkali Kita harus mengikutinya kemana pun ia hendak bergerak, cape memang, tetapi senang rasanya melihat buah hati sudah bisa lincah bergerak. Sebaiknya benda-benda kecil yang mungkin bisa dimasukkan ke dalam mulut dan dapat mengganggu pergerakan bayi disingkirkan dalam ruang jangkauannya.

Perkembangan Bayi 7 bulan

sumber: sheknows.com

Secara umum, perkembangan gerak bayi meliputi mampu berguling, duduk dengan atau tanpa sokongan Anda, kakinya mulai kuat untuk menyokong bobot tubuhnya, mampu meraih objek dengan satu tangan, dan bisa memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya.

Selain menunjukkan perkembangan kinestetis, pada usia 7 bulan gigi si kecil akan keluar dari gusi untuk pertama kalinya. Proses keluarnya gigi akan membuat gusinya terasa sakit, Anda bisa menenangkannya dengan cara memberikannya teether yang dingin.

Bayi 7 Bulan Memahami Bahasa

Di usianya yang ke-7 bulan, bayi kini mulai bisa mengerti arti dari bahasa yang Anda ucapkan. Biasanya kata “tidak” atau “jangan” yang mulai ia mengerti, meski Anda berkata demikian padanya, bayi di usia 7 bulan biasanya tidak akan mematuhi perintah Anda. Tidak hanya itu, bayi juga mulai menoleh ketika Anda memanggil namanya. Bayi juga mulai mengerti bahasa non-verbal yang Anda tunjukkan, semisal intonasi suara Anda yang naik yang berarti Anda tengah marah atau intonasi suara yang pelan yang berarti Anda tidak sedang marah. Selain intonasi suara, ekspresi wajah Anda juga sudah bisa dimengerti olehnya. Bahkan, bayi nda bisa mengekspresikan emosinya, baik itu senang maupun kecewa, lewat suaranya.

Perkembangan Memori Bayi 7 Bulan

Kemampuan memori si kecil juga semakin baik di usia ini. Konsep objek permanen sudah mulai ia pahami. Jika di usia sebelumnya bayi belum mengerti akan keberadaan Anda yang mengajaknya bermain cilukba, maka di usia ini bayi sudah mulai tahu bahwa ketika Anda menghilang sesungguhnya Anda tetap berada di sana untuk muncul kembali mengagetkannya. Objek permanen berarti meski Anda tidak lagi berada di pandangannya, namun Anda tetap berada dalam pikirannya. Hal itulah yang kemudian mendasari munculnya perasaan cemas saat berpisah dengan Anda atau pengasuhnya, begitu juga dengan perasaan cemas ketika berada di dekat orang asing. Perasaan cemas itu biasanya mulai hilang pada usia 2 tahun atau mungkin lebih, terutama kalau Anda tidak melatihnya. Sesekali tidaklah mengapa si kecil dititipkan bersama orang yang Anda percayai namun tidak familiar baginya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *