Informasi dan Tips – informasitips.com

Peran Protein Untuk Kecerdasan Otak Anak

informasitips.com – Setiap orang tua tentunya ingin memiliki anak yang cerdas, salah satu tujuannya adalah agar pintu kesuksesan sang anak semakin terbuka lebar. Menjadi cerdas diyakini banyak orang dapat mengantarkan seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam hidupnya. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membentuk anak yang cerdas, salah satu cara yang paling utama adalah dengan memberikan makanan yang tepat yang dapat menstimulasi kecerdasan otak anak. Makanan yang paling berperan dalam membentuk kecerdasan anak adalah makanan yang kaya akan kandungan protein.

Protein dan Neurotransmitter Menentukan Kecerdasan Anak

Protein memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak. Otak yang cerdas berarti di dalamnya terjadi komunikasi antar-sel otak yang sangat aktif. Komunikasi antara satu sel otak dengan sel yang lain terjadi melalui penghantaran pesan oleh suatu neurotransmitter. Neurotransmitter tersebut merupakan suatu senyawa kimia yang tersusun atas asam amino, yaitu monomer penyusun protein (polimer asam amino). Contoh neurotransmitter yang terlibat dalam komunikasi di dalam otak adalah norepinefrin, dopamine, serta serotonin, dan masih banyak neurotransmitter lainnya. Ratusan neurotransmitter diproduksi di dalam otak saat otak sedang bekerja, hal itu menandakan otak yang sehat. Produksi neurotransmitter yang sedemikian banyak membutuhkan protein yang harus didapatkan dari asupan makanan.

Protein untuk Kecerdasan Anak

Asam Amino dari Protein Penting untuk Otak Anak

Protein tersusun atas asam amino yang memegang peranan penting dalam transport neurotransmitter di dalam otak. Sebagai contoh, asam amino tryptophan membantu otak dalam memroduksi neurotransmitter serotonin yang berperan dalam mengontrol mood, selera makan, serta pola tidur. Sementara itu, asam amino tirosin membantu otak dalam produksi norepinefrin yang berperan dalam mengontrol kecepatan detak jantung dan tekanan darah. Transport berbagai asam amino di dalam otak menentukan bagaimana otak beraktivitas, termasuk dalam proses belajar. Protein lah yang memastikan itu semua untuk berjalan dan berfungsi dengan baik. Bahkan, tidak hanya itu, protein juga sangat berperan dalam menjaga keteraturan alur neurotransmitter di dalam otak agar setiap fungsi bagian otak dapat berjalan dengan baik.

Protein Meningkatkan Fungsi Kognitif (Kemampuan Belajar Anak)

Protein juga membantu fungsi kognitif pada anak. Fungsi kognitif adalah aktivitas otak yang terjadi dalam rangka mendapatkan pengetahuan atau informasi. Asupan makanan yang kaya akan protein membantu otak anak untuk bisa berpikir lebih jernih, berkonsentrasi, sehingga akan meningkatkan kemampuan belajar anak. Anak-anak yang kurang mendapatkan asupan protein akan mengalami gangguan pada fungsi kognitifnya. Sebuah studi, yang dilakukan tahun 2008, menemukan bahwa anak-anak yang kurang asupan protein memiliki IQ yang lebih rendah, masalah dalam tingkah laku, sulit untuk mengingat serta gangguan kognitif lainnya.

Pertumbuhan Otak dan Protein

Tidak hanya membantu menjalankan fungsi otak dengan baik, protein juga berperan dalam pertumbuhan otak anak. Protein digunakan dalam menyusun bagian dalam otak, serta dalam jaringan ikat di sekitarnya. Protein juga berperan dalam produksi sel-sel saraf yang baru. Suatu keadaan medis pada anak yang disebut mikrosefali (microcephaly), yaitu otak anak tidak tumbuh hingga mencapai ukuran yang normal, ternyata erat terkait dengan kurangnya asupan protein pada anak tersebut. Keadaan mirosefali tersebut dapat membuat anak mengalami kondisi hiperaktif, kekerdilan, kejang, serta terhambatnya perkembangan fungsi motorik dan bicara. Kondisi yang lebih parah dari mikrosefali dapat menyebabkan anak mengalami keterbelakangan mental.

Bahan Makanan Tinggi Protein untuk Otak Anak

Berbagai bahan makanan telah diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi dan telah menjadi santapan rutin bagi kebanyakan orang. Bahan-bahan makanan tersebut adalah telur, daging unggas, daging sapi, ikan, tanaman polong, kacang-kacangan dan berbagai produk susu. Berilah anak Anda berbagai makanan yang kaya akan protein untuk memastikan perkembangan otaknya berjalan dengan baik, sehingga tak bermasalah dalam proses belajar dan pada akhirnya bisa meraih kecerdasan yang diharapkan. Namun, perlu diingat bahwa jangan hanya memberi asupan protein kepada buah hati Anda untuk membuatnya cerdas, karena bagaimanapun dia tetap membutuhkan karbohidrat, mineral dan vitamin.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: