Informasi dan Tips – informasitips.com

Peran Lemak Untuk Kecerdasan Otak Anak

informasitips.com – Apakah lemak bagus untuk otak? Jawabannya, tentu saja bagus. Percaya atau tidak, 60% bagian otak tersusun atas lemak. Oleh karena itu, lemak sangat dibutuhkan agar otak dapat berfungsi dengan optimal, sehingga proses metabolisme energi tubuh yang diatur oleh otak dapat berjalan dengan baik. Kebutuhan lemak tersebut bisa didapat dari makanan. Namun, jenis lemak yang dikonsumsi haruslah diperhatikan, karena hal tersebut akan menentukan seberapa baik kinerja otak.

Jenis Lemak yang Harus Dihindari untuk Otak

Jenis lemak yang buruk untuk otak dan fungsinya adalah lemak-trans. Konsumsi makanan yang mengandung lemak-trans akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan otak anak. Oleh karena itu, hindari jenis makanan yang banyak mengandung lemak-trans. Lemak-trans sebenarnya bukanlah lemak alami, lemak-trans yang terkandung dalam suatu bahan makanan tercipta akibat dari proses yang dilalui oleh bahan makanan tersebut, baik itu ketika digoreng, dipanggang, dibakar, ataupun proses lainnya.

Pengaruh Lemak-Trans Terhadap Otak

Lemak-trans dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak yang selanjutnya bisa memengaruhi produksi hormone, penurunan fungsi memori, serta menyebabkan munculnya peradangan di otak. Peradangan yang terjadi di otak dapat menyebabkan terhambatnya produksi asam lemak omega-3, padahal asam lemak omega-3 memiliki peran yang esensial bagi fungsi otak. Sebuah studi menyimpulkan bahwa tingginya kadar lemak-trans di otak dapat menurunkan produksi serotonin, sehingga dapat menimbulkan depresi pada orang yang bersangkutan. Bagi anak, hal tersebut tentu harus dihindari, oleh karena itu asupan makanannya harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua, hindari makanan yang tinggi kandungan lemak-trans.

Lemak yang Bagus untuk Kecerdasan Otak

Jka ada lemak yang membawa dampak buruk bagi otak, maka tentunya ada lemak baik bagi perkembangan otak dan fungsinya, malah lemak yang baik untuk otak lebih banyak ketimbang yang buruk. Berikut ini jenis lemak baik bagi otak manusia:

  • Lemak Tidak Jenuh Tunggal (Monounsaturated Fatty Acids – MUFA). Lemak jenis ini banyak ditemukan pada minyak zaitun dan alpukat. Mengonsumsinya tidak hanya baik untuk otak, namun juga sangat baik untuk system kardiovaskular manusia, yaitu menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah.
  • Asam Lemak Esensial (Asam Lemak Tidak Jenuh Ganda atau Polyunsaturated Fatty Acids – PUFA). Asam lemak tak jenuh ganda mengandung asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Disebut asam lemak esensial karena tubuh manusia tidak bisa memroduksinya, sementara fungsinya sangat penting bagi jalannya metabolisme tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Otak sangat membutuhkan kedua asam lemak itu, omega-3 dan omega-6, agar pertumbuhannya berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, asam lemak esensial sangat dibutuhkan oleh para ibu hamil untuck menunjang perkembangan janinnya. Selain itu, asam lemak esensial juga berperan dalam mengatur mood, mengurangi peradangan, dan menguatkan system kekebalan tubuh.
  • DHA atau Asam Dokosaheksanoat (C22:6). DHA merupakan asam lemak omega-3 esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk organ vital, yaitu otak. DHA telah terbukti mampu meningkatkan fungsi otak, seperti memori, kemampuan bicara dan motorik.
  • Asam Lemak Jenuh Alami. Asam lemak jenuh alami, seperti yang terkandung dalam minyak kelapa, minyak sawit, butter, krim dan kuning telur, berperan dalam memperkuat sel-sel otak, sehingga asupannya sangat dibutuhkan. Asam lemak jenuh memang kerap dianggap sebagai sesuatu yang tidak sehat dan harus dihindari, namun hal itu berlaku khususnya bagi asam lemak jenuh yang tidak alami ataupun dari asam lemak trans.

Sumber Makanan Lemak Baik untuk Otak

Beberapa sumber bahan pangan yang mengandung lemak yang baik untuk kecerdasan otak antara lain adalah:

Lemak untuk Otak Anak

  • Alpukat. Alpukat kaya akan kandungan MUFA yang bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak dan aliran darah menuju otak. Aliran darah yang baik menuju otak menjamin berjalannya fungsi otak dengan baik.
  • Salmon. Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh otak untuk meningkatkan kecerdasan.
  • Telur. Dalam hal ini, termasuk putih dan kuning telur, bukan salah satunya. Telur kaya akan asam lemak jenuh alami yang dapat meningkatkan kemampuan menyimpan memori, serta kesehatan otak secara keseluruhan.
  • Minyak Zaitun. Layaknya alpukat, minyak zaitun sangat kaya akan kandungan MUFA yang bermanfaat dalam mencegah demensia serta penurunan fungsi kognitif.

Itulah beberapa makanan mengandung lemak yang utama untuk dikonsumsi dalam rangka meningkatkan fungsi dan kinerja otak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan dan proses kognitif yang terjadi di dalamnya. Meski bahan-bahan makanan tersebut bermanfaat baik untuk otak, namun bukan berarti harus dikonsumsi sebanyak mungkin. Konsumsi yang disarankan bersifat moderat agar mendapatkan manfaat yang optimal. Asupan lemak baik sangat penting untuk menjamin berjalannya fungsi otak secara optimal.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: