Informasi dan Tips – informasitips.com

Penyebab Perut Buncit pada Pria

informasitips.com – Penyebab perut buncit pada pria bisa bermacam-macam. Kita sering mendengar gurauan mengenai pria yang telah menikah kemungkinan besar perutnya akan membuncit. Apakah benar begitu? Apakah benar penyebabnya adalah pernikahannya? Tentu saja itu tidak benar. Penyebab perut buncit pada pria salah satunya adalah faktor genetik yang dimiliki oleh pria yang bersangkutan. Selain itu, pria cenderung menyimpan cadangan lemaknya di area perut, sementara wanita menyimpannya di paha dan bokong.

Apa Penyebab Perut Buncit Pada Pria?

Nah, berikut ini beberapa penyebab perut buncit yang dapat dialami oleh sebagian besar pria:

  • Faktor genetik

    Pria lebih cenderung menyimpan lemak pada bagian perut dibanding wanita. Hal tersebut terkait dengan warisan genetik dari keluarganya, artinya jika seorang pria mempunyai kerabat yang memiliki perut buncit maka pria tersebut memiliki kecenderungan yang besar untuk berperut buncit juga. Hal itu juga mengindikasikan bahwa pria tersebut rentan terhadap gangguan kardiovaskular. Oleh karena itu, pria tersebut disarankan untuk menjaga pola hidup sehatnya.

  • Pengaruh Usia

    Semakin bertambah usia seorang pria, maka tubuhnya akan semakin kehilangan massa ototnya. Dampak dari hal tersebut adalah kecepatan pembakaran kalori akan semakin menurun. Tubuh pria akan membakar lebih sedikit kalori dibanding ketika ia masih muda. Jika pada masa ini seorang pria tidak membatasi jumlah makanan yang dikonsumsinya, maka tubuhnya akan cenderung mengubah kelebihan kalori menjadi lemak, dimana selanjutnya akan disimpan di area perut untuk keperluan mendatang jika memang dibutuhkan.

    Kenapa kelebihan lemak pada pria harus disimpan di perut ya? Alasannya adalah efisiensi, karena area perut terletak di bagian tengah dari tubuh manusia, jadi jika nanti sewaktu-waktu tubuh membutuhkan lemak cadangan maka pengangkutannya ke kebanyakan area tubuh tidak terlalu jauh sehingga tidak membutuhkan banyak energi. Jika memang pria tidak ingin perutnya buncit seiring dengan bertambahnya usia mereka, maka mereka harus membatasi asupan makanannya, tidak sebanyak ketika mereka masih berusia 20-an. Cara mengatasi perut buncit yang lain adalah pria harus lebih banyak melakukan olahraga guna membakar kelebihan kalori sehingga cadangan lemak tidak sempat disimpan di area perut.

  • Gaya hidup yang tidak sehat

    Kurangnya olahraga, makan makanan yang tidak sehat ataupun terlalu banyak mengonsumsi alkohol adalah penyebab utama dari perut buncit pada pria. Makan makanan yang terlalu spicy, berminyak, serta makan makanan hasil olahan juga memililki efek samping terhadap kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh. Sangat disarankan bagi pria untuk selalu berolahraga. Beberapa latihan olahraga kardio, seperti lari, jogging, bersepeda, berenang dan sebagainya merupakan latihan yang ideal untuk menghilangkan lemak pada perut. Bahkan, latihan sederhana seperti naik tangga juga menunjukkan efek positif terhadap pengurangan lemak perut.

Akibat Perut Buncit

Perut buncit pada pria tidak bisa dianggap enteng loh, karena hal tersebut terkait dengan gangguan kardiovaskular yang rentan timbul akibat meningkatnya kadar lemak tubuh. Apabila lingkar pinggang seorang pria lebih dari 40 inci atau 102 sentimeter, maka pria harus waspada karena hal tersebut merupakan indikator bahwa resiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya meningkat. Tumpukan lemak pada perut memicu perubahan angiotensin, yaitu suatu hormon yang mengatur penyempitan atau konstriksi pembuluh darah, sehingga perut yang buncit akibat menumpuknya lemak akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, untuk para pria alangkah baiknya jika Kamu mengambil langkah tepat untuk mengatasi perut buncit. Dan, bagi yang belum mengalaminya, berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat adalah pilihan yang bijak untuk mencegah perut menjadi buncit.

Jika sekarang sudah mengetahui penyebab dari perut buncit yang Kamu alami, maka sudah saatnya menyusun strategi untuk mengatasinya. Salah satu cara mengatasi perut buncit yang paling sederhana adalah jalan kaki, perbanyaklah jalan kaki untuk membantu pembakaran kalori, termasuk pembakaran lemak di area perut buncit.

Bukan saja perut buncit terkait dengan penampilan, tetapi yang lebih penting lagi adalah perut buncit merupakan indikator dari rentannya seorang pria terhadap berbagai gangguan kardiovaskular, seperti darah tinggi, stroke dan lain-lain.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Penyebab Perut Buncit pada Pria

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: