Informasi dan Tips – informasitips.com

Penyebab Mengapa Anda Selalu Merasa Kelelahan

informasitips.com – Bila Anda merasa lelah selepas bekerja seharian atau setelah melakukan aktivitas yang berat, itu merupakan hal yang normal. Namun, ada kalanya Anda mendapati kondisi yang aneh, dimana Anda selalu merasa lelah sepanjang hari, tanpa sesuatu sebab yang jelas. Rasa lelah itu muncul mulai dari pagi setelah bangun tidur, berlanjut ke siang, sore, bahkan sampai malam hari, padahal Anda tidak sedang melakukan kegiatan yang berat atau menguras energi. Apalagi, bila rasa lelah itu tak jua kunjung hilang meski Anda sudah beristirahat. Tentu ada hal-hal yang menyebabkan kondisi aneh tersebut terjadi. Anda harus mencari tahu apa penyebabnya, dan segera mengatasinya agar tidak sampai mengganggu performa Anda dalam menjalankan rutinitas sehari-hari.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang selalu merasa kelelahan sepanjang waktu:

  1. Kurang minum air putih
    Kurang minum air putih dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Tanda umum dari dehidrasi adalah munculnya rasa haus disertai dengan tubuh yang terasa lelah dan lemas. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Noutrition tahun 2012, dehidrasi dapat menimbulkan perubahan mood dan menurunkan kadar energi dalam tubuh. Perubahan mood ini memicu timbulnya rasa malas dan tidak bersemangat, sementara kadar energi yang rendah menyebabkan timbulnya rasa lelah dan lemas. Jadi, bila Anda selalu merasa lelah, segeralah perbanyak konsumsi air putih Anda, karena bisa jadi itu pertanda bahwa Anda mengalami dehidrasi.

    Berapa banyak air putih yang harus diminum per hari? Kebutuhan air putih untuk tiap orang sebenarnya berbeda-beda, bergantung usia, berat badan, jenis kelamin, jenis aktivitas, dan cuaca. Namun, anjuran umum yang disarankan adalah minumlah air putih sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa mengetahui apakah kebutuhan air bagi tubuh sudah tercukupi atau tidak lewat warna urin. Bila urin berwarna kuning tua, itu artinya Anda kurang minum air putih. Selain lewat warna urin, tanda kurang minum air putih juga dapat terlihat dari frekuensi buang air kecil. Bila Anda cukup minum air putih, setidaknya Anda akan buang air kecil tiap 3 jam sekali.

    (Baca juga artikel: Kecukupan Air Bagi Tiap Orang Per Hari)

  2. Kurang Tidur
    Alasan lainnya mengapa tubuh selalu terasa lelah dan lemas adalah karena kurang tidur. Tubuh memerlukan istirahat dan tidur yang cukup agar selalu sehat dan bugar. Rata-rata setiap orang membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Bila kebutuhan waktu tidur tersebut tidak terpenuhi, rasa kantuk yang berkepanjangan akan muncul, tubuh pun akan selalu terasa lelah dan lemas. Selain kuantitas, kualitas tidur juga harus diperhatikan. Pastikan Anda tidur nyenyak dan dalam kondisi yang nyaman agar tubuh terasa segar dan bugar saat bangun keesokan harinya.

    (Baca juga artikel: Alasan Mengapa Tidur Malam Penting Bagi Kesehatan Tubuh)

  3. Terlalu banyak minum kopi
    Mungkin Anda termasuk orang yang terlalu bergantung pada kopi. Kapanpun Anda merasakan kantuk dan lelah, Anda langsung mengonsumsi kopi. Bila tidak dimoderasi, konsumsi kopi Anda bisa sangat berlebih.

    Alasan mengapa selalu merasa kelelahan

    Bila Anda termasuk orang yang sering merasa lelah dan lemas, coba perhatikan mungkin saja selama ini Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi kopi. Studi kesehatan menyebutkan bahwa minum kopi 3 cangkir sehari masih tergolong aman. Dalam kadar yang sedang, kafein memang dapat meningkatkan rasa awas dan daya konsentrasi. Namun, bila berlebihan tentu tidak baik karena dapat memperberat kerja jantung dan meningkatkan tekanan darah. Kelebihan kafein juga akan mengganggu kualitas dan kuantitas tidur, yang pada akhirnya akan menurunkan stamina tubuh, membuat tubuh jadi lemas dan tak bersemangat.

  4. Sering mengonsumsi Junk Food
    Makanan siap saji seperti junk food dapat memperlambat metabolisme tubuh. Umumnya, junk food juga mengandung kadar gula yang tinggi. Gula memang diperlukan untuk menghasilkan energi. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak dan dalam jangka panjang, konsumsi gula bisa menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan, salah satunya timbulnya rasa lelah secara berkepanjangan, tanpa sebab yang jelas.

    (Baca juga artikel: Tips Mengatasi Kecanduan Junk Food)

  5. Kurang olahraga
    Kurang atau jarang berolahraga juga dapat menyebabkan tubuh selalu lelah dan lemas. Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran dan ketahanan tubuh. Ketika kita berolahraga, peredaran darah akan menjadi lancar. Bila peredaran darah lancar, maka aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh juga akan menjadi lancar.

    Berbagai studi kesehatan menyebutkan bahwa orang yang rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu setidaknya selama 20 menit, tubuhnya akan jauh lebih segar, berenergi, dan jarang mengalami kelelahan. Olahraga rutin akan meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh. Rutin berolahraga juga akan memperbaiki kualitas tidur Anda. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus, karena tidur yang berkualitas juga berperan penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Anda dapat melakukan aktivitas olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari pagi, atau senam ringan.

    (Baca juga artikel: Mengapa Olahraga Dapat Membuat Kita Senang dan Bahagia)

  6. Terlalu banyak olahraga
    Kurang/jarang olahraga memang tidak baik. Namun ternyata, terlalu banyak/berlebihan dalam berolahraga juga bukan sesuatu yang baik. Terlalu banyak berolahraga justru membuat tubuh menjadi lemas, lelah tak bertenaga. Terlalu banyak berolahraga akan membuat otot-otot tubuh menjadi stres dan lelah. Energi pun akan lebih banyak terkuras, sehingga tubuh Anda akan selalu terasa lelah. Sebaiknya, seimbangkan antara olahraga dan istirahat. Tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari, terlebih bila itu termasuk olahraga yang cukup berat. Lakukan olahraga dengan frekuensi sedang sekitar 2-3 kali dalam seminggu dengan intensitas yang tidak terlalu berat.

  7. Kekurangan zat besi
    Hal lain yang dapat menyebabkan seseorang selalu merasa kelelahan adalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi dapat memicu timbulnya anemia yang membuat tubuh menjadi lemah, lemas, dan tak bertenaga. Selain membuat tubuh lemas dan terasa lelah, kekurangan zat besi juga akan menurunkan daya konsentrasi.

    Saat tubuh kekurangan zat besi, tubuh akan terasa lemas karena sel dan jaringan tubuh tidak mendapat jumlah oksigen yang cukup. Rendahnya kadar zat besi membuat produksi sel darah merah menurun. Sel darah merah sangat diperlukan karena berfungsi membawa oksigen ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Bila jumlah sel darah merah sedikit (menurun), maka kadar oksigen yang diedarkan ke sel dan jaringan tubuh juga akan sedikit. Akibatnya tubuh akan terasa lelah.

    Agar tubuh tidak kekurangan zat besi, konsumsilah makanan-makanan yang kaya zat besi seperti daging, kacang merah, tahu, telur, sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dan lainnya. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi bila memang diperlukan. Saat mengonsumsi makanan yang kaya zat besi sebaiknya juga dipadukan dengan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

    (Baca juga artikel: Daftar Makanan Kaya Zat Besi)

  8. Kekurangan Vitamin B12
    Tubuh kita membutuhkan vitamin B12 untuk membuat sel darah merah dan menjaga agar saraf-saraf dalam tubuh berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan menurunkan produksi sel darah merah, dan ikut menurunkan kadar oksigen dalam sel dan jaringan tubuh. Akibatnya, tubuh terasa lemah, lemas, dan lelah. Vitamin B12 juga dibutuhkan oleh mitokondria untuk mengubah glukosa menjadi energi.

    Jika Anda merasa lemas, lelah, disertai keluhan nyeri dan kesemutan di kaki, kemungkinan besar itu merupakan pertanda tubuh Anda kekurangan vitamin B12.

    Untuk mencegah timbulnya keluhan-keluhan tersebut, jagalah pasokan vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin B12, seperti daging sapi, hati sapi, kerang, ikan, susu, keju, telur, dan lain-lain.

    Dapat juga mengonsumsi suplemen Vitamin B12. Dosis yang dibutuhkan biasanya berkisar 100-500 mikrogram.

  9. Penyakit jantung
    Bila Anda selalu merasa kelelahan, mesikpun Anda hanya melakukan aktivitas sehari-hari yang ringan, maka Anda patut waspada terdapat masalah pada kesehatan jantung Anda. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Heart & Lung, disebutkan bahwa penderita jantung biasanya memiliki masalah tidur dan sering pula mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Penyebabnya, adalah karena melemahnya otot jantung sehingga mengganggu peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar pada akhirnya akan mengganggu pasokan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh.

    (Baca juga artikel: Ciri-ciri Penyakit Jantung dan Tips Agar Jantung Selalu Sehat)

  10. Diabetes
    Jika Anda selalu merasa kelelahan tanpa sebab yang jelas, coba cek kadar gula darah Anda karena mungkin saja Anda menderita diabetes. Pada penderita diabetes, gula tetap berada di dalam pembuluh darah dan tidak diedarkan ke dalam sel-sel tubuh. Padahal seharusnya, gula diedarkan ke dalam sel-sel tubuh untuk diubah menjadi energi. Bila sel-sel tubuh tidak mendapatkan gula, maka produksi energi akan terganggu. Energi yang dihasilkan oleh tubuh juga akan sedikit. Akibatnya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa tubuh Anda selalu merasa lelah dan tak bertenaga. Coba segera cek mungkin saja Anda mengalami satu atau beberapa dari penyebab-penyebab di atas.

Semoga berguna.. 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: