Informasi dan Tips – informasitips.com

Penyebab dan Gejala Penyakit Batu Ginjal

informasitips.com – Gangguan yang paling sering mengenai ginjal adalah batu ginjal. Penyakit ini bisa diderita oleh kaum laki-laki dan wanita. Namun, kaum laki-laki lebih sering terkena penyakit ini dengan angka kejadian 3-4 kali lebih banyak dibanding pada wanita. Apa saja penyebab dan gejala dari penyakit batu ginjal?

Penyebab penyakit batu ginjal
Penyebab batu ginjal secara khusus belum ditemukan. Namun ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit ini.

  1. Faktor dari luar mencakup keadaan geografi, jumlah air yang diminum, keadaan cuaca dan iklim, obesitas, stress, diet yang berlebihan, kurang olah raga, kebiasan menahan buang air kecil dan jenis pekerjaan seseorang.
  2. sebab dan gejala penyakit ginjal

    Gambar : essortment.com

  3. Faktor dari dalam yang mempengaruhi penyakit ini adalah umur, jenis kelamin dan beberapa penyakit seperti:
    • Hipertensi
      Aliran darah ke papilla ginjal pada penderita hipertensi berbelok 180 derajat dan mengalami perubahan aliran darah, dari aliran laminer berubah menjadi turbulensi. Aliran darah turbulens inilah yang menyebabkan pengendapan ion-ion papilla.

    • Penyakit keturunan Asidosis Tubulus Ginjal (ATG)
      Pada penderita ATG yang biasanya banyak diturunkan dari anggota keluarga, sebelumnya penderita mengalami gangguan ekresi (pengeluaran) H+ dan kehilangan HCO3, gangguan ini menimbulkan asidosis metabolik.

    • Sindrom barter
      Pada keadaan ini seseorang mengalami poliuria (keinginan untuk buang air kecil terus menerus). Poliuria menurunkan berat jenis air seni, penurunan berat jenis ini berakibat pada penumpukan kalsium (hiperkalsiuria) dan nefrokalsinosis.

    • Penyakit herediter lainnya adalah dent’s disease
      Pada keadaan ini terjadi peningkatan penyerapan 1.25 dehidroksi vitamin D sehingga penyerapan di dalam usus meningkat. Peningkatan penyerapan itu mengakibatkan hiperkalsinuria, fosturia, proteinuria, glikosuria dan aminosiduria yang berujung pada pembentukan batu kalsium oksalat dan gagal ginjal.

Beberapa sumber menulis pemicu terjadinya batu ginjal adalah akibat konsumsi kalsium yang berlebihan, namun baru-baru ini pendapat tersebut dipatahkan. Justru seseorang yang mengkonsumsi kalsium dalam jumlah kecillah yang berisiko terhadap penyakit ini, jumlah kalsium yang sedikit meningkatkan penyerapan oksalat oleh tubuh. Kelebihan oksalat yang merupakan bahan utama pembentuk batu akan dibuang melalui air seni, sebelum dibuang oksalat mengendap, dalam jangka waktu lama pengendapan ini membentuk batu.


Tanda dan gejala penyakit batu ginjal
Rasa sakit yang ditimbulkan akibat batu ginjal tergantung pada ukuran batu. Batu yang berukuran lebih dari 2-3 mm dapat menyumbat saluran kemih dan menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat. Jika diameter batu lebih kecil dari 2-3mm, batu dapat keluar sendiri bersama air seni.

Berikut tanda dan gejala batu ginjal:

  1. Nyeri
    Penderita batu ginjal dengan diameter lebih dari 1mm akan mengalami nyeri yang sangat hebat. Rasa nyeri yang berpusat pada ginjal ini akan menjalar kepunggung dan disepanjang saluran kemih sampai keperut bagian bawah. Rasa nyeri datang secara periodic dan sangat menganggu.

  2. Hematuri
    Penderita batu ginjal sering kali mengalami hematuri (air seni berwarna kemerahan) hal tersebut terjadi akibat obstruksi batu pada saluran kemih

  3. Buang air kecil sedikit-sedikit
    Obstruksi/sumbatan batu pada saluran kemih membuat penderita mengalami kesulitan ketika melakukan aktivitas buang air kecil. Akibatnya air seni keluar sedikit-sedikit dan tidak lancar, pada banyak kasus aktivitas buang air kecil pada penderita batu ginjal diselingi dengan rasa sakit yang sangat hebat.

  4. Infeksi
    Infeksi terjadi jika obstruksi tidak segera ditangani. Obstruksi pada dinding ureter menyebabkan perlukaan yang sangat rentan terhadap infeksi.

  5. Demam
    Penderita batu ginjal yang mengalami infeksi salah satunya ditandai dengan peningkatan suhu tubuh atau demam

  6. Mual dan muntah
    Pada beberapa penderita batu ginjal rasa sakit yang sangat hebat kadang menimbulkan perasaan mual, jika rasa sakit tersebut sudah tidak dapat ditahan maka penderita dapat mengalami muntah.

Baca juga pembahasan selanjutnya tentang Pemeriksaan dan Penanganan Penyakit batu Ginjal



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: