Informasi dan Tips – informasitips.com

Penyakit Wasir (Ambeien)

informasitips.com – Anda tentunya pernah mendengar mengenai penyakit wasir. Wasir disebut juga ambeien, sedangkan dalam dunia kedokteran disebut dengan hemorrhoid. Ya, penyakit ini memang cukup umum diderita, terutama pada usia antara 45-65 tahun, juga sering didapatkan pada wanita hamil.
Apakah wasir itu?

Wasir dapat dijelaskan sebagai kumpulan jaringan berisi pembuluh darah di dalam atau di luar bibir anus yang membengkak sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kadang perdarahan di daerah anus. Anus adalah ujung dari usus dan merupakan pintu keluar dimana kita mengeluarkan tinja. Kadang-kadang jaringan yang membengkak tersebut dapat terdorong keluar sehingga terasa ada benjolan di anus.

ambeien wasir

Terdapat dua jenis wasir, yaitu wasir yang berasal dari bagian dalam bibir anus (hemorrhoid interna) dan wasir yang berasal dari bagian luar bibir anus (hemorrhoid eksterna).


Apakah tanda dan gejala wasir?
Wasir bukanlah penyakit yang mengancam nyawa, namun keberadaannya dapat mengganggu kualitas hidup karena menimbulkan rasa tidak nyaman yang cukup besar.

Tanda-tanda paling umum dari wasir yaitu buang air besar yang bercampur dengan darah segar berwarna merah cerah. Hal ini karena di dalam jaringan yang bengkak tersebut kaya akan pembuluh darah sehingga ketika sedang buang air besar, jaringan yang bergesekan dengan kotoran akan mudah berdarah.

Bila jaringan yang bengkak tersebut terdorong ke arah luar anus maka dapat timbul rasa nyeri, tidak nyaman dan gatal. Sedangkan jika tidak terdorong keluar biasanya tidak timbul nyeri.

Terdapat 4 derajat keparahan wasir yang berasal dari bagian dalam anus (hemorrhoid interna).

  1. Derajat 1 : terdapat perdarahan dari anus, namun tidak ada benjolan yang keluar dari anus

  2. Derajat 2 : terdapat perdarahan dan benjolan yang keluar dari anus, namun pada akhirnya benjolan masuk kembali tanpa bantuan/dorongan dari luar
  3. Derajat 3 : terdapat perdarahan dan benjolan yang keluar dari anus yang hanya bisa dimasukkan kembali dengan bantuan/dorongan dari luar
  4. Derajat 4 : terdapat perdarahan dan benjolan yang tidak dapat didorong masuk kembali ke anus.

Sedangkan pada wasir yang berasal dari luar anus (hemorrhoid eksterna), dapat dirasakan benjolan terus menerus, dapat pula mengganggu kebersihan dari daerah anus karena nyeri ketika dibersihkan.

Bila perdarahan akibat wasir berlangsung terus menerus dapat menyebabkan kekurangan darah atau anemia, dan jika parah mungkin harus dilakukan transfusi darah. Namun wasir bukanlah suatu penyakit yang mematikan. Bahkan cukup banyak penderita wasir yang
tidak memiliki gejala apa-apa.


Apa penyebab wasir?
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya wasir, yaitu:

  • Konstipasi dalam jangka waktu lama (kronis) atau diare

  • Mengejan berlebihan saat buang air besar
  • Duduk di toilet dalam waktu lama
  • Kurangnya serat dalam diet
  • Berkurangnya kekuatan jaringan di anus karena pertambahan usia
  • Kehamilan

Semua hal ini menyebabkan proses buang air besar menjadi sulit. Tinja yang keras karena kurangnya serat akan menggesek dinding usus lebih kuat sehingga jaringan tersebut mudah luka. Mengejan berlebihan dan konstipasi juga menambah tekanan pada saat buang air besar sehingga dapat melukai dinding usus. Kehamilan akan menambah tekanan pada perut secara terus menerus sehingga aliran darah dari anus terhambat, akibatnya pembuluh darah akan membengkak. Wasir akibat kehamilan biasanya akan menghilang setelah melahirkan.


Bagaimana mendiagnosis wasir?
Seorang dokter akan mendiagnosis penyakit wasir dari gejala-gejala yang ada. Selain itu, dokter juga akan melihat bagian anus dan jika perlu dapat pula dilakukan pemeriksaan colok dubur untuk memeriksa keadaan anus. Karena perdarahan dari anus juga bisa merupakan gejala dari penyakit lain, bergantung dari gejala dan hasil pemeriksaan fisik, dokter akan memutuskan perlu tidaknya pemeriksaan tambahan lain.


Bagaimana cara menangani wasir?
Perubahan pola makan seringkali cukup untuk mengurangi bengkak pada wasir. Perbanyak makan serat yang terkandung dalam sayur-sayuran dan buah-buaham akan membantu kelancaran proses pencernaan sehingga kotoran lebih mudah dikeluarkan. Minum air putih 6-8 gelas sehari juga akan membantu melancarkan pencernaan.

Hal lain yang dapat dilakukan misalnya berendam dalam air hangat selama 10 menit setiap hari untuk meredakan bengkak pada anus. Selain itu, berusahalah untuk tidak terlalu mengejan ketika sedang buang air besar.

Terdapat beberapa oba-obatan bebas berupa salep untuk dioles maupun dimasukkan lewat anus untuk mengurangi gatal dan nyeri, namun sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu lama ataupun terus menerus karena dapat menimbulkan luka pada kulit.
Untuk wasir yang sudah berlangsung berbulan-bulan dan tidak membaik dengan perubahan pola makan, lebih baik berobat kepada dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih baik.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Penyakit Wasir (Ambeien)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: