Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Pijat Bayi Bagi Bayi Prematur

informasitips.com – Melahirkan bayi prematur merupakan pengalaman yang unik sekaligus stressful. Kecemasan yang mendalam pada diri kita sebagai orang tua pasti akan selalu dirasakan.

Bayi yang terlahir prematur memerlukan perlakuan dan perawatan khusus karena fungsi organ-organ tubuhnya masih belum matang dan sempurna. Salah satu perlakuan yang dibutuhkan bayi prematur untuk mengoptimalkan kematangan fungsi organ tubuhnya adalah pijat bayi.

Sebenarnya pijat bayi tidak hanya diperlukan khusus bagi bayi prematur saja. Bayi yang terlahir cukup bulan pun juga membutuhkan pijat bayi, karena begitu banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari pijat bayi.

Namun, dalam artikel ini saya hanya akan lebih menekankan manfaat dan pentingnya pijat bayi bagi bayi yang terlahir prematur.

Pentingnya pijat bayi bagi bayi prematur

Field et al telah melakukan penelitian mengenai pengaruh pijat bayi pada bayi prematur. Dalam penelitiannya, pijat pada bayi prematur dilakukan 3 kali masing-masing selama 15 menit.

Pemijatan tersebut dilakukan selama 10 hari selama di dalam inkubator. Hasil yang didapat sungguh mengejutkan, bila dibandingkan dengan bayi prematur lain yang tidak dipijat, bayi prematur yang dipijat menunjukkan peningkatan berat badan sebesar 47%. Tidak hanya itu, bayi prematur yang diberi pijatan akan lebih cepat pulang dari rumah sakit, yaitu 6 hari lebih cepat, menurut Field et al.

Field et al. juga mencatat bahwa terdapat peningkatan sekresi hormon norepinephrine dan epinephrine yang akan menstimulasi saraf-saraf pada bayi dan memberikan pengaruh yang positif bagi organ-organ tubuh yang lain.

Manfaat dan keuntungan lainnya dari pijat bagi bayi prematur adalah dapat memberikan kenyamanan bagi bayi. Terlebih, perawatan khusus yang harus dialami bayi prematur dalam inkubator tentunya memberikan pengalaman yang tidak nyaman baginya. Bayi mungil Anda bisa saja mengalami stres mendapatkan perawatan dan perlakuan medis yang begitu banyak.

Berada dalam inkubator dan terpisah dari Anda, orangtuanya, akan membuat bayi prematur tidak tenang dan mengalami stres. Ketika mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol. Semakin tinggi stres, semakin banyak kortisol yang diproduksi. Hal ini tidak baik bagi bayi, karena kortisol yang terlalu tinggi dapat menghambat tumbuh kembang bayi.

Lewat pijat bayi setiap hari, sentuhan lembut yang diberikan ternyata dapat menurukan kadar hormon kortisol, sehingga akan membuat bayi prematur merasa lebih tenang, nyaman dan berdampak positif bagi tumbuh kembang tubuhnya.

Saat memijat, ada hormon yang dikeluarkan tubuh yang bisa memberikan ketenangan. Hormon itu adalah oksitosin yang ternyata dikeluarkan tubuh saat mendapatkan sentuhan terutama sentuhan dari orang yang dicintai.

Ketenangan yang tercipta tersebut pada akhirnya nanti dapat membantu menguatkan hubungan kedekatan antara orang tua dan anak. Selain dapat memberikan ketenangan, oksitosin juga berefek positif bagi ibu yaitu dapat meningkatkan produksi ASI. Ingatlah, akan lebih baik bagi bayi prematur untuk mendapatkan ASI daripada susu formula. Kebaikan dan keistimewaan ASI sangat diperlukan bagi bayi prematur untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Ketenangan dan kenyamanan yang diperoleh bayi prematur lewat pijat bayi juga akan membuat bayi prematur bernafas lebih teratur dan tidur lebih nyenyak. Bayi yang kondisi emosionalnya lebih tenang akan lebih baik tumbuh kembangnya.

Pijat bagi bayi prematur ternyata juga dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan tulang bayi. Tulang yang kuat dan sehat tentunya sangat diperlukan bagi bayi untuk menunjang perkembangan fisiknya.

Bagaimana cara melakukan pijat bayi bagi bayi prematur?
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pijatan dan sentuhan pada bayi prematur Anda adalah lewat kontak kulit ke kulit gaya kangguru (skin to skin contact kangoroo style). Lewat kontak seperti ini, Ibu dapat memberikan pijatan lembut kepada bayi prematurnya sekaligus juga dapat menyusui bayinya. Selain itu, kehangatan lewat pelukan gaya kangguru yang diberikan ibu juga amat diperlukan bayi prematur.

Apakah tidak terlalu dini memberikan pijatan pada bayi preamtur? Apakah tidak berbahaya bagi bayi prematur yang masih begitu mungil dan membutuhkan banyak perawatan untuk mendapatkan pijatan? Jawabannya tentu saja tidak. Tidak ada kata terlalu dini untuk memijat bayi. Namun, tentunya pijatan yang diberikan haruslah pijatan yang lembut dan halus. Pastikan pula bahwa bayi prematur berada dalam kondisi medis yang sudah cukup stabil.

Berikan pijatan lembut dan lakukan sebentar saja (jangan terlalu lama), sesuaikan dengan kondisi fisik bayi prematur. Bayi prematur yang ukuran tubuhnya masih terlalu kecil, sebaiknya dipijat sebentar saja, namun teratur setiap hari.

Setelah 1 tahun diberikan pijatan, bayi yang lahir prematur menunjukkan pertambahan berat badan yang semakin baik, berbeda dengan bayi yang tidak diberi pijatan.

Kemampuan motoriknya pun menunjukkan hasil yang positif dengan pemijatan, begitu juga dengan perkembangan mentalnya, karena pijat bayi memberikan energi yang positif yang tercipta akibat ikatan batin antara bayi dengan orang tua yang semakin erat.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: