Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Pemanasan Sebelum Berolahraga

informasitips.com – Kita selalu disarankan untuk melakukan pemanasan setiap kali Kita hendak berolahraga. Pemanasan itu sendiri dilakukan dengan tujuan agar performa Kamu selama menjalankan olahraga inti tetap prima sekaligus menghindarkan tubuh Kamu dari cedera saat berolahraga. Berikut ini adalah alasan mengapa begitu penting untuk melakukan pemanasan sebelum Kamu berolahraga:

  • Pemanasan akan meningkatkan kemampuan tubuh selama menjalankan olahraga yang sesungguhnya

    Seperti Kita ketahui bahwa pada otot-otot kita terdapat pembuluh darah yang menyuplai kebutuhan oksigen bagi otot. Ketika Kita melakukan pemanasan, maka tubuh Kita dikondisikan untuk menerima aliran darah dengan kecepatan yang meningkat secara bertahap. Kecepatan aliran darah saat pemanasan akan lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan aliran darah saat Kita sedang duduk atau berbaring. Setelah melakukan pemanasan selama kurang lebih 10 menit, kecepatan aliran darah di otot akan meningkat hingga 70 sampai 75 persen. Seiring dengan itu temperatur otot juga mengalami peningkatan. Keadaan tersebut bagus untuk otot Kamu, karena saat itu haemoglobin yang dibawa oleh darah akan melepaskan oksigen dan diambil oleh otot agar tetap dapat melakukan performanya saat Kamu berolahraga. Pada temperatur yang meningkat kerja otot akan semakin efisien, karena kontraksi dan relaksasi otot akan lebih cepat.

  • Pemanasan akan mengurangi resiko cedera selama melakukan olahraga inti

    Menurut penelitian, kondisi otot setelah melakukan pemanasan akan lebih sulit untuk mengalami cedera saat melakukan olahraga utama dibandingkan dengan otot yang tidak melalui proses pemanasan. Penelitian lain menyebutkan bahwa mereka yang tidak melakukan pemanasan saat akan berolahraga menunjukkan hasil Electrocardiogram (ECG) yang abnormal terkait dengan suplai darah yang rendah pada otot-otot- jantung. Sebaliknya, mereka yang melakukan pemanasan walau hanya 2 menit sebelum berolahraga menunjukkan hasil ECG yang normal.

  • Mempersiapkan mental untuk memulai olahraga inti

    Dengan melakukan pemanasan maka secara mental Kita akan dipersiapkan untuk menghadapi olahraga utama yang berat. Saat fisik Kamu memerlukan persiapan untuk melakukan kegiatan fisik yang lebih berat, maka begitu juga dengan mental Kamu. Kondisi mental yang tidak siap akan menyebabkan tubuh mengalami stress, dan pada saat stress tubuh Kamu akan memproduksi hormon yang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Kamu akan lebih mudah mengalami cedera saat melakukan olahraga inti.

  • Membakar kalori lebih banyak

    Saat Kamu melakukan pemanasan, maka Kamu melakukan gerakan-gerakan ringan yang sesuai dengan gerakan saat Kamu akan melakukan olahraga inti. Gerakan-gerakan ringan saat pemanasan itu idealnya dilakukan selama 10 menit, dalam rentang waktu itu Kamu dapat membakar kira-kira 100 kalori dengan melakukan gerakan-gerakan pemanasan. Hal itu tentunya tidak bisa didapat jika Kamu langsung berolahraga tanpa melakukan pemanasan.

Bagaimana Pemanasan Seharusnya Dilakukan

Pentingnya Pemanasan sebelum Berolahraga

sumber gambar: bodyfitnesshealth.com

Para ahli merekomendasikan untuk memulai pemanasan dengan gerakan yang intensitasnya rendah, seperti jogging, berlari, berenang atau bersepeda, kemudian diikuti dengan intensitas yang semakin meningkat namun masih tetap di bawah latihan intinya. Agar pemanasan efektif sebaiknya dilakukan dengan gerakan yang dapat meningkatkan kecepatan denyut jantung dan pernapasan, serta secara perlahan dapat meningkatkan temperatur pada jaringan otot Kamu. Lalu, indikatornya apa? Indikatornya adalah ketika Kamu mulai berkeringat. Satu hal yang harus diingat adalah pemanasan hendaknya dilakukan dengan gerakan-gerakan yang mudah yang sesuai dengan olahraga intinya.

Rekomendasi Pemanasan

Pada dasarnya pemanasan dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan tubuh Kita agar siap untuk melakukan olahraga inti dengan performa yang baik dan tidak mengalami cedera. Jangan sampai pemanasan malah menghambat performa Kita ketika akan melakukan olahraga yang utama. Berikut rekomendasi pemanasan yang bisa Kamu lakukan:

  • Langkah Pertama: Inti dari tahap ini adalah meningkatkan aliran darah menuju otot. Untuk tujuan itu kamu bisa melakukan lari kecil selama 5 hingga 10 menit, Kamu juga bisa bersepeda atau gerakan lain yang bisa meningkatkan denyut jantung Kamu. Gerakan-gerakan tersebut akan meningkatkan temperatur tubuh Kamu, meningkatkan denyut jantung Kamu serta tubuh Kamu akan melepaskan hormone dan senyawa kimia yang bermanfaat untuk tubuh Kamu.
  • Langkah Kedua: mulailah untuk melakukan peregangan dinamis, artinya peregangan dilakukan dengan cara bergerak aktif, jadi jangan melakukan peregangan statis (seperti yang selama ini sering diperlihatkan ketika Kita melakukan pemanasan saat jam olahraga di sekolah, contoh peregangan statis adalah menahan posisi tubuh Kamu saat membungkuk dan meregangkan tangan untuk menyentuh kaki). Selain itu Kamu juga bisa melakukan hopping, skipping ataupun high knees.
  • Langkah Ketiga: pada tahap ini Kamu sudah bisa meningkatkan intensitas gerakan pemanasan Kamu. Otot-otot Kamu sudah harus dipersiapkan untuk olahraga inti yang akan menuntut gerakan dengan intensitas yang tinggi. Pada saat ini otot Kamu sudah siap untuk melakukan olahraga atau gerakan inti yang tentunya dengan intensitas dan kecepatan yang tinggi.

Berapa Lama Pemanasan Dilakukan

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti mengenai berapa lama pemanasan harus dilakukan. Namun, banyak pihak yang merekomendasikan untuk melakukan pemanasan selama 10 hingga 20 menit, walaupun sebenarnya atlit-atlit olahraga banyak yang melakukan pemanasan lebih dari itu. Menurut New York Times, pemanasan yang terlalu lama justru malah menimbulkan efek negatif ketika nantinya melakukan olahraga inti. Bahkan, menurut publikasi dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa pemanasan selama 20 menit saja sudah terlalu lama/over hingga dapat menimbulkan kelelahan pada otot dan secara keseluruhan performa akan menurun.

Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *