Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Olahraga untuk Kesehatan Jantung

informasitips.com – Aktivitas fisik dapat diartikan suatu bentuk dari kegiatan manusia yang berupa olah raga dan dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit tidak menular.

Dari suatu hasil penelitian yang membandingkan antara diet dan aktifitas ditemukan bahwa aktifitas dapat menurunkan jumlah lemak dan kadar lemak dalam darah. Disamping itu aktifitas fisik dapat meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan trigliserida. Peningkatan aktifitas secara teoritis dihubungkan dengan meningkatnya sirkulasi kolesterol di jantung yang dapat membantu pada saat serangan jantung. Pada orang-orang yang sering berolahraga, jumlah pembuluh kolateral (penghubung) di jantung menjadi bertambah banyak sehingga apabila salah satu terhambat, jantung masih mendapat pasokan darah dari pembuluh yang lain.

Melakukan aktivitas fisik atau bergerak secara teratur merupakan konsep awal upaya pencegahan penyakit kardiovaskular dan upaya rasional bagi penderita gangguan kardiovaskular dalam rehabilitasi jantung. Aktivitas fisik berupa olahraga, kegiatan harian yang dilakukan secara rutin bermanfaat untuk mencegah timbunan lemak di dinding pembuluh darah.

Olahraga Kesehatan Jantung

sumber gambar: www.actionsportphysio.com

Hal ini terbukti dari autopsi pada juara maraton Boston tujuh kali, Clarence deMar, yang menunjukkan ukuran pembuluh darah koronernya dua sampai tiga lebih besar dari kali ukuran normal serta tak ditemukan adanya stenosis (penyempitan pembuluh darah) yang signifikan. Namun, manfaat itu baru bisa didapat jika peningkatan aliran darah lewat aktivitas fisik berlangsung secara teratur dalam waktu yang cukup lama, seperti yang dilakukan oleh deMar. Menurut WHO, paling tidak dilakukan 30 menit setiap hari. Aktivitas apa pun asal mampu meningkatkan denyut jantung antara 110-130 per menit, berkeringat dan disertai peningkatan frekuensi napas namun tidak sampai terengah- engah sudah cukup baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori untuk seluruh aktivitasnya dalam satu minggu, setara dengan anda melakukan jogging sejauh kurang lebih 32 km, ini dapat meningkatkan angka harapan hidup menjadi dua tahun lebih panjang dan mengurangi resiko serangan jantung.

Hasil dari banyak studi membuktikan bahwa aktivitas fisik menurunkan angka kejadian hipertensi, kegemukan, stroke, osteoporosis, kencing manis, dan penyakit jantung koroner. Dalam hubungannya dengan penyakit jantug koroner, telah dilaporkan bahwa orang yang tidak aktif memiliki risiko 1,9x lebih besar untuk menderita penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang aktif berolahraga.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *