Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Kolin untuk Membuat Anak Cerdas

informasitips.com – Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan perkembangan, termasuk pertumbuhan dan perkembangan otak serta sambungan-sambungan saraf di dalamnya yang akan menentukan performa kecerdasan seorang anak di kehidupan dia nanti. Salah satu faktor penting untuk meletakkan pondasi yang kuat bagi performa otak adalah nutrisi. Kalau bicara soal nutrisi untuk otak, maka Kolin tidak bisa terlepas darinya. Ya, kolin memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan kecerdasan seorang anak.

Sejak ibu mengandung janin di dalam rahim, kolin sudah dibutuhkan agar perkembangan otak janin dan kemampuan memorinya berkembang dengan baik. Selain itu, peran kolin juga terkait dalam mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.

Banyaknya sambungan saraf di otak menentukan kecepatan pengiriman informasi atau pesan yang terjadi ketika seorang anak mempelajari hal-hal baru. Kolin berperan dalam hal tersebut dimana Kolin memegang peranan penting pada perkembangan kemampuan kognitif pada anak, seperti dalam proses belajar dan dalam proses mengingat (memori). Seiring dengan umur anak yang bertambah, pertambahan asupan kolin akan membantu proses belajar anak dengan cara meningkatkan kemampuan otak dalam menerima dan meneruskan informasi baru hingga dapat diingat sebagai memori jangka panjang.

Pentingnya Kolin untuk Anak Cerdas

sumber gambar: www.supermama.me

Perannya yang penting dalam perkembangan otak disinyalir kolin juga berperan penting dalam mencegah terjadinya dementia atau kepikunan pada seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Di samping itu, menurut peneliti Norwegia dalam publikasinya pada tahun 2009 di “American Journal of Clinical Nutrition”, kadar kolin yang rendah berhubungan dengan tingkat kecemasan seseorang, dengan kata lain seseorang akan mudah cemas jika kurang asupan kolin.

Sumber Kolin

ASI diketahui secara alamiah kaya akan kolin, jadi pemberian ASI akan sangat membantu dalam proses perkembangan kecerdasan seorang anak. Selain ASI, beberapa bahan pangan yang diketahui kaya akan nutrisi kolin adalah telur, ikan salmon, ati sapi, kacang kedelai, oat, kentang, kembang kol dan brokoli.

Hal yang perlu diingat

Berdasarkan hal di atas, tidak heran kalau Kolin mendapat julukan sebagai “Nutrisi untuk Memori”. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah pemberian nutrisi kolin tidak menjamin anak Anda akan serta merta menjadi cerdas. Anda sebagai orang tuanya juga harus memperhatikan kondisi psikologi dan psikososial pada diri anak, oleh karena itu kita harus menyediakan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan psikologi dan psikososial anak selama mereka tumbuh dan berkembang.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: