Informasi dan Tips – informasitips.com

Pentingnya Asam Amino Arginin untuk Kesehatan Rambut

informasitips.com – Arginin merupakan asam amino yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh untuk memenuhi kebutuhannya. Meski begitu, dalam kondisi tertentu seseorang terkadang membutuhkan asupan Arginin dari makanan kaya protein. Arginin memiliki peran vital di dalam tubuh, terutama untuk kesehatan jantung dan fungsi pembuluh darah. Dalam hal tersebut, asam amino arginin berperan sebagai precursor untuk produksi nitrat oksida.

Nitrat oksida sendiri memiliki peran penting dalam proses relaksasi pembuluh darah, atau sering disebut vasodilatasi. Proses relaksasi pembuluh darah itu tidak hanya penting untuk sistem kardiovaskular, tetapi juga sangat penting dalam memengaruhi proses pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, sering dijumpai di pasaran krim-krim kosmetik yang mengandung Arginin dan diindikasikan untuk mendapatkan rambut sehat.

Proses vasodilatasi pembuluh darah di sekitar rambut akan membuat suplai darah menuju rambut menjadi lancar. Hal itu tentunya akan membuat sel-sel folikel rambut mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi sehingga akan menstimulasi pertumbuhan rambut dan mengembalikan ketebalan alaminya. Selain itu, krim kosmetik yang mengandung arginin juga ditujukan untuk mengurangi rambut rontok. Namun jangan salah dulu, krim arginin sendiri harganya sangatlah mahal. Selain itu, penggunaan arginin dalam bentuk tunggal pada sediaan krim bisa jadi malah mendatangkan efek samping, karena kadarnya yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, para produsen biasanya memroduksi krim rambut yang mengandung arginin dengan menyertakan komponen lainnya yang juga mendukung pertumbuhan rambut sehat, sehingga mereka yang menggunakannya akan mendapatkan manfaat arginin yang maksimal karena dosis pemberiannya yang tepat. Nah, untuk mempercepat dan membuat efeknya terhadap rambut lebih maksimal, maka dibuatlah sediaan kosmetik yang digunakan secara topical atau dengan cara dioleskan, seperti krim ataupun shampoo.

Meski arginin termasuk dalam asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh, namun terkadang ada kondisi tertentu dimana Kita membutuhkannya dari makanan. Beberapa makanan yang diketahui mengandung asam amino arginin adalah kacang-kacangan, seperti almond, kacang jambu mete, walnut, kacang tanah, barley, nasi merah, oat, jagung, kelapa, kismis, coklat, daging ayam, spirulina dan sebagainya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *