Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Alami untuk Mengatasi Migren (Sakit Kepala Sebelah)

informasitips.com – Pernah mengalami migren? Pastinya sangat mengganggu sekali ya. Migren (migrain) atau sakit kepala sebelah bisa dipicu oleh berbagai hal, diantaranya faktor hormonal, stress, kurang tidur, sakit gigi, dan lainnya. Penyakit ini umumnya dialami oleh kaum wanita. Sekitar 30% kaum wanita sering mengalami migren. Salah satu pencetus utamanya adalah karena faktor hormonal. Sementara bagi kaum pria, sekitar 20% pria sering mengalami migren.

Selain rasanya yang sangat menyiksa, penyakit ini bisa mengganggu dan menurunkan produktivitas. Banyak orang langsung menjatuhkan pilihan pada obat-obatan kimia untuk mengobati migren. Padahal, penyakit ini termasuk penyakit kambuhan yang bisa datang dan kambuh lagi sewaktu-waktu. Hati-hati, Anda bisa saja jadi ketergantungan bila terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia. Lebih baik memilih obat dan cara alami untuk mengatasi migren, karena tentunya akan lebih aman bagi tubuh. Apa saja obat dan cara alami untuk mengobati migren?

  • Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)
    Vitamin B2 berkhasiat untuk meredakan sakit kepala sebelah (migren). Jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah, cobalah konsumsi makanan yang mengandung vitamin B2 seperti susu, yogurt, keju, daging, telur, hati, sayuran hijau (asparagus, brokoli, bayam), dan kacang-kacangan. Vitamin B2 dapat bertindak sebagai aspirin yang berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Konsumsi vitamin B2 (riboflavin) secara rutin selama 3 bulan sebanyak 400 mg per hari dapat menurunkan resiko terjadinya migren sebesar 50%.

    Selain dari sumber-sumber alami, vitamin ini juga bisa diperoleh dari suplemen vitamin B2. Penelitian menyebutkan bahwa suplemen vitamin B2 dapat menurunkan frekuensi dan tingkat keparahan penyakit migren. Suplemen vitamin B2 termasuk aman dan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

  • Minum teh jahe hangat
    Obat alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi migren adalah teh jahe hangat. Jahe sudah banyak digunakan oleh orang-orang Cina, India dan Arab untuk mengobati migren. Jahe berperan sebagai antiinflamasi yang bekerja dengan cara menghambat sintesis prostaglandin, senyawa kimia yang dapat memicu migren. Ketika migren menyerang Anda, cobalah minum teh jahe hangat. Minuman teh jahe dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan migren.

    Cara alami mengobati migren (sakit kepala sebelah)

    Cara membuatnya, ambil sedikit potongan jahe yang telah dikupas, masak dalam air sampai mendidih. Setelah itu, masukkan satu kantong teh ke dalam air rebusan jahe, seduh teh, kemudian buang teh dan jahenya sebelum diminum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa mencapurkan sedikit madu, susu, atau lemon kedalam minuman teh jahe hangat.

  • Minum minuman berkafein
    Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat ternyata tak hanya berkhasiat untuk mengusir rasa kantuk saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sakit saat migren melanda. Meski bermanfaat untuk mengurangi migrain, sebaiknya minuman berkafein juga tidak boleh dikonsumsi berlebih karena justru dapat memperparah keluhan migrain. Cukup konsumsi 1-2 gelas saja untuk meringankan keluhan migren Anda.

  • Hidroterapi
    Anda juga bisa menggunakan teknik hidroterapi untuk mengobati migrain. Hidroterapi adalah teknik pengobatan (terapi) dengan menggunakan air. Untuk mengobati migren, cobalah masukkan kaki Anda ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat pada bagian leher Anda. Lakukan sekitar 10-30 menit. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Selain itu, Anda juga bisa mandi shower dengan air hangat untuk mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung.

  • Konsumsi makanan yang kaya magnesium
    Beberapa studi menunjukkan bahwa kekurangan (defisiensi) magnesium dapat menjadi salah satu pencetus timbulnya migren. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang kaya magnesium untuk mencegah dan mengurangi keluhan migren yang muncul tiba-tiba. Karena tubuh kita tidak dapat membuat magnesium sendiri, maka kita perlu mengkonsumsi suplemen atau makanan-makanan yang kaya akan magnesium seperti sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan.

    Magnesium dapat mengendurkan ketegangan pada saraf dan otot serta mengalirkan impuls-impuls saraf ke seluruh bagian tubuh dan otak. Konsumsi magnesium sebesar 200-600 mg per hari dapat membantu mencegah timbulnya sakit kepala sebelah (migren).

  • Akupuntur
    Pengobatan alternatif akupuntur juga dapat membantu untuk meredakan sakit kepala sebelah. Akupuntur termasuk teknik pengobatan migren yang aman dan tanpa efek samping.

  • Chiropractic
    Chiropractic adalah metode pengobatan alternatif untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan saraf yang dilakukan dengan cara meluruskan kembali tulang punggung dan leher, kemudian memberikan sedikit tekanan pada pembuluh darah yang tegang. Cara ini juga diyakini dapat membantu mengurangi keluhan dan rasa sakit yang timbul akibat migren.

  • Aromaterapi
    Esensial oil yang banyak digunakan pada aromaterapi juga bisa bermanfaat untuk mengobati migren. Contohnya, esensial oil dari cendana, lavender, rosemary, dan daun basil. Esensial oil tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan juga mampu mengendurkan saraf-saraf yang tegang.

  • Pijatan
    Pijatan yang lembut pada kepala, leher, dan muka, perlahan-lahan dapat mengendurkan ketegangan saraf-saraf otak dan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan saat mengalami migren.

Itulah beberapa obat dan cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengobati migren. Selain cara-cara di atas, masih ada cara-cara efektif lainnya yang bisa Anda coba untuk mengatasi migren. Anda bisa membacanya di artikel Cara Efektif untuk Hilangkan Sakit Kepala Sebelah (Migrain).
Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *