Informasi dan Tips – informasitips.com

Penggunaan Some, Any, Many, dan Much dalam Bahasa Inggris

informasitips.com – Ketika kita akan menyatakan sejumlah benda dalam bahasa Inggris kita dapat menggunakan kata some, any, many dan much. Masing-masing memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya:

Some

Kata some memiliki arti beberapa dalam bahasa Indonesia. Jadi jika benda yang kita akan sebutkan lebih dari satu kita dapat menggunakan kata some sebagai penjelasnya. Kata some ini kita letakkan persis di depan kata benda yang akan kita jelaskan jumlahnya. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:

I need some apples for making fruit salad.

Jangan lupa untuk menambahkan huruf s di belakang kata benda. Hal ini karena dalam bahasa Inggris setiap benda jamak ditambhakan huruf s. Kecuali untuk kata benda yang tidak dapat dihitung seperti water, oil, dan air.

Kata some ini hanya dapat digunakan untuk kalimat positif atau kalimat berita saja. Jadi jangan gunakan kata some jika anda akan membuat suatu kalimat negatif atau kalimat tanya.

Some Any Many Much

Any

Dalam bahasa Indonesia any memiliki arti banyak. Namun kata any hanya dapat digunakan dalam kalimat negatif atau kalimat tanya saja. Kata any seperti halnya kata some, juga diletakkan persis di depan kata benda. Contoh kalimatnya adalah:

  • I don’t have any foods to be eaten.
  • Do you have any coffee?

Pada kalimat pertama adalah contoh any yang digunakan dalam kalimat negatif. Sedangkan kalimat kedua adalah kata any yang digunakan dalam kalimat tanya. Jangan lupa juga untuk menambahkan huruf s pada setiap kata benda yang dapat dihitung.

Many

Many memiliki arti banyak dalam bahasa Indonesia. Jika any digunakan dalam kalimat negatif dan kalimat tanya maka kata many digunakan dalam kalimat berita. Namun kata many hanya dapat digunakan untuk menjelaskan kata benda yang dapat dihitung saja. Contoh penggunaan many dalam suatu kalimat:

I have so many books in my book shelf.

Karena book adalah benda yang dapt dihitung maka kita menggunakan many.

Much

Much memilki arti yang sama dengan many yaitu banyak. Lalu apa perbedaannya dengan kata many? Jika many digunakan untuk benda-benda yang dapat dihitung maka much digunakan untuk benda-benda yang tidak dapat dihitung. Contoh penggunaannya dalam suatu kalimat adalah:

I have so much coffee in my cabinet.

Karena kata coffee termasuk dalam kata benda yang tidak dapat dihitung, maka kita menggunakan much untuk menjelaskan jumlahnya.

Nah itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai kata-kata yang dapat menyatakan jumlah dalam bahasa Inggris. Setiap kata memiliki artinya masing-masing dan hanya dapat kita gunakan pada situasi tertentu. Mudah-mudahan artikel ini membantu anda dalam memahami bahasa Inggris. Selamat belajar



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

4 thoughts on “Penggunaan Some, Any, Many, dan Much dalam Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *