Informasi dan Tips – informasitips.com

Pemutih Wajah Alami: Masker, Cream dan Bahan-bahannya

informasitips.com – Pemutih wajah alami dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki wajah putih bersih, namun tanpa campur tangan bahan kimia, karena kerap malah menimbulkan dampak negatif bagi wajah itu sendiri. Bahan alami pemutih wajah yang banyak digunakan meliputi lemon, madu, tomat, air mawar, yogurt dan kentang, serta masih banyak lagi bahan lainnya. Penggunaan bahan pemutih wajah alami itu bisa dalam bentuk masker ataupun cream. Di bawah ini beberapa cara untuk mengaplikasikan bahan-bahan alami sebagai pemutih wajah.

Masker Pemutih Wajah Alami

Salah satu cara penerapan beberapa bahan alami untuk digunakan sebagai pemutih wajah adalah dengan dibuatnya menjadi masker. Berikut ini beberapa bahan dan cara aplikasinya sebagai masker pemutih wajah:

  • Yogurt
    Cara yang dapat Kamu lakukan untuk menggunakannya sebagai masker adalah dengan cara mengombinasikan yogurt dengan beberapa bahan alami lainnya. Buat pasta dari yogurt dengan menambahkan sejumlah kecil jus lemon serta oatmeal, campur bahan-bahan tersebut hingga merata, lalu aplikasikan sebagai masker wajah. Campuran bahan-bahan ini tidak hanya memutihkan, namun juga dapat membuat kulit wajah menjadi lembab.
  • Madu
    Caranya adalah kombinasikan satu sendok teh madu, satu sendok teh jus lemon, satu sendok makan susu bubuk, dan satu setengah sendok teh minyak almond. Campur bahan-bahan tersebut, lalu aplikasikan dengan lembut di wajah Kamu. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan “ritual” tersebut secara rutin dan rasakan hasilnya.
  • Tomat
    Masker pemutih wajah dengan bahan tomat dibuat dengan cara mengombinasikannya dengan yogurt dan oatmeal. Caranya, tambahkan 1 sendok teh yogurt dan bagian dalam tomat ke dalam mangkuk kecil yang berisi satu sendok teh oatmeal. Campur ke tiga bahan tersebut secara merata, lalu aplikasikan ke wajah Kamu yang telah dibersihkan sebelumnya. Biarkan masker melekat di wajah selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Tomat berfungsi dalam mencerahkan wajah secara alami, sementara oatmeal berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Kentang
    Kentang yang digunakan bisa dalam bentuk irisan ataupun pasta. Aplikasikan di wajah dan diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air biasa.
  • Kunyit
    Masker kunyit mungkin merupakan teknik tertua yang pernah digunakan sebagai pemutih wajah alami. Perpaduan bubuk kunyit dengan jus lemon dapat digunakan sebagai pemutih alami. Caranya, campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan tiga sendok makan jus lemon, lalu aduk hingga terbentuk pasta yang cukup kental. Aplikasikan pasta kunyit tersebut secara merata pada wajah Kamu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air. Kamu juga bisa menggunakan bubuk kunyit yang dicampur minyak nabati, seperti minyak kelapa ataupun minyak jarak, untuk dicampur lalu dioleskan ke wajah. Campuran kunyit dengan minyak nabati tersebut akan membuat penetrasi kunyit ke dalam kulit wajah menjadi meningkat, oleh karena itu untuk memaksimalkan manfaatnya Kamu bisa mengaplikasikan campuran tersebut sebelum tidur dan didiamkan semalaman selama Kamu tidur.

Cream Pemutih Wajah Alami

Selain masker, Kamu juga bisa membuat sendiri krim pemutih alami, berikut ini Kami sajikan beberapa resep cara membuat krim pemutih wajah alami.

  • Resep Pertama

    Beberapa bahan yang Kamu butuhkan antara lain: satu setengah mangkuk yogurt plain, satu sendok the madu, 2 sendok makan jus lemon, 3-4 kacang almond dan kunyit.

    Cara membuat cream pemutih: kacang almond terlebih dahulu dibuat menjadi bentuk bubuk, campurkan bubuk kacang almond dengan, madu, jus lemon, kunyit dan yogurt. Aduk campuran tersebut hingga rata. Aplikasikan cream alami tersebut sebelum Kamu beranjak tidur.

  • Resep kedua

    cara memutihkan wajah secara alami

    Bahan-bahan yang dibutuhkan: kunyit, 2 sendok teh tepung, krim dan jus lemon.

    Cara membuatnya: kunyit dan tepung dicampur dengan baik dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan 5 hingga 10 tetes jus lemon dan aduk dengan baik. Kalau kulit Kamu termasuk kulit sensitive sebaiknya batasi penggunaan jus lemon karena sifatnya yang dapat mengiritasi kulit. Tambahkan krim secara perlahan sambil campuran itu diaduk, krim ditambahkan secukupnya hingga Kamu mendapatkan konsistensi krim yang Kamu inginkan. Aplikasikan cream pemutih wajah pada bagian yang Kamu anggap perlu diputihkan. Sebaiknya krim ini digunakan pada saat malam hari.

  • Resep Ketiga

    Bahan bahan yang diperlukan adalah, 1 mangkuk jus lemon dan air mawar.

    Cara membuat cream pemutih: Tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam jus lemon, lalu aduk campuran tersebut. Celupkan cotton bud ke dalam campuran, lalu oleskan dengan gerakan sirkular pada area wajah yang Kamu inginkan. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Bahan pemutih wajah alami yang disebutkan di atas tentunya tidak akan memberikan efek instan layaknya obat pemutih wajah berbasis kimia. Meski begitu bukan berarti Kamu dapat meragukan kemampuannya, misalnya saja jus lemon yang banyak digunakan dalam formula di atas. Lemon diketahui sebagai pengelupas kulit alami, kandungan asam alfa-hidroksi di dalam lemon menstimulasi terjadinya proses pengelupasan lapisan terluar kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang terjadinya pertumbuhan sel-sel baru. Sel-sel kulit baru itulah yang akan membuat Kamu tampak lebih bersinar dan putih. Bahkan, ada yang mengkalim bahwa proses pengelupasan oleh jus lemon lebih baik ketimbang Kamu melakukan mandi sauna. Nah, jika memang sefektif itu kemampuan bahan-bahan alami pemutih wajah, maka tak ada salahnya untuk mencoba dan mengaplikasikannya secara rutin.

Semoga wajah putih alami bisa Kamu dapatkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *