Informasi dan Tips – informasitips.com

Peduli Obesitas Pada Anak, Beyonce Knowles Buat Video “Move Your Body”

video beyonce knowles move your body lawan obesitas anakinformasitips.com – Obesitas merupakan masalah yang cukup serius dan banyak terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Problem obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun juga banyak terjadi pada anak-anak. Obesitas yang timbul sejak masa kanak-kanak bisa berdampak buruk bagi kesehatan si anak hingga usia dewasa nantinya. Resiko ancaman penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, kolesterol, asma, sampai depresi akan semakin meningkat bila obesitas dini yang terjadi pada masa kanak-kanak tidak segera ditangani. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, obesitas pada anak-anak bisa memengaruhi sisi psikologis anak, yaitu menurunkan rasa percaya dirinya, sehingga membuat si anak sulit bereksplorasi, berekspresi, dan berkreasi dalam lingkup kehidupan sosialnya.

Di negara maju seperti Amerika, problem obesitas pada masa kanak-kanak ternyata mendapatkan perhatian sangat khusus mengingat kasus obesitas pada anak-anak meningkat sangat tajam sampai 25% selama beberapa tahun terakhir. Terkait hal ini, Michelle Obama, istri presiden Amerika Barack Obama merasa perlu mengkampanyekan gerakan melawan obesitas (fight for obesity) kepada para orang tua, lewat gerakan “Let’s Move Campaign“.

Michelle bersama gerakan National Association of Broadcasters Education Foundation (NABEF), sebuah asosiasi untuk melawan obesitas menggaet penyanyi ternama Beyonce Knowles untuk ikut berkampenye lewat sebuah video yang berjudul Move Your Body. Dalam video tersebut, Beyonce mengajak anak-anak yang sedang berada dalam sebuah kantin sekolah agar mau dan aktif bergerak. Hal ini dinilai cukup efektif, karena tingkat aktifitas fisik (gerak) anak-anak pada masa sekarang ini cukup rendah. Padahal aktivitas gerak yang sedikit(rendah) rupanya merupakan salah satu penyebab utama timbulnya obesitas pada anak-anak.

Ingin tahu seperti apa videonya? Simak video berikut dan Let’s move your body:

YouTube Preview Image

Lalu, bagaimana dengan Indonesia, apakah obesitas pada anak di Indonesia juga perlu diperhatikan? Jawabannya tentu ya, karena faktanya cukup banyak anak Indonesia yang juga mengalami masalah obesitas dan overweight (kelebihan berat badan). Terdengar cukup aneh memang mengingat banyak penduduk Indonesia yang masih hidup dalam kemiskinan. Namun, realita yang terjadi sebenarnya memang demikian, bahwa banyak anak Indonesia yang mengalami obesitas. Editorial thejakartaglobe bahkan mencatat bahwa dalam sebuah survey kesehatan yang dirilis pada akhir tahun 2010 kemarin menyebutkan bahwa 14% anak Indonesia usia balita ternyata mengalami overweight, dan sekitar 9.2% anak usia 6-12 tahun mengalami overweight. Cukup mengkhawatirkan juga ya, apalagi hal ini dibiarkan terus-menerus dan tidak segera ditangani.

Nah, bagi Anda para orang tua yang memiliki masalah obesitas pada anak Anda, tak ada salahnya menyerukan kepada anak untuk mengubah gaya hidupnya agar lebih sehat, salah satunya dengan cara aktif melakukan aktivitas fisik, bergerak, bergerak, dan bergerak. Lakukan aktivitas fisik yang sehat dan menyenangkan bersama anak. Atau mungkin Anda terinspirasi video yang dibuat Beyonce untuk mengajak anak Anda agar aktif bergerak? Hm.., tak ada salahnya mencoba.. 🙂

Baca juga artikel berikut untuk menanamkan kebiasaan baik pada anak dalam melawan dan mencegah obesitas: 3 Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Obesitas Pada Anak.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2011


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *