Informasi dan Tips – informasitips.com

Pedoman Pemakaian Article dalam Bahasa Inggris: A, An dan The

informasitips.comPenggunaan artikel A and An

A dan An memiliki arti yang sama di dalam bahasa Indonesia. Artikel ini digunakan ketika kita menjelaskan jumlah suatu benda. Ketika sebuah benda didahului dengan artikel ini, maka jumlah dari benda itu hanya satu. Lalu apa perbedaan A dan An? Perbedaannya adalah A digunakan untuk kata benda yang didahului oleh huruf konsonan. Misalnya saja dalam kalimat:

A banana is yellow.

Karena kata banana didahului huruf b maka artikel yang digunakan adalah A. Untuk artikel An diikuti oleh kata benda yang didahului dengan huruf vokal. Misalnya saja dalam kalimat:

I eat an orange.

Karena kata orange didahului oleh huruf vokal maka artikel yang digunakan adalah An. Penggunaan artikel A dan An hanya digunakan untuk kata benda yang dapat dihitung. Jadi untuk kata benda yang tidak dapat dihitung kita tidak menggunakan artikel ini. Contoh dari kata benda yang tidak dapat dihitung misalnya saja: air, water, oil, coffee, etc. Artikel ini juga tidak digunakan untuk benda yang jumlahnya lebih dari satu.

Pemakaian Article Bahasa Inggris

A dogs eat bone (Kalimat yang salah)

Kalimat di atas salah karena jumlah anjingnya lebih dari satu. Maka, kita tidak perlu menambahkan artikel A atau An untuk benda-benda yang jumlahnya lebih dari satu.

Penggunaan artikel The

Artikel The ini tidak memiliki arti khusus dalam bahasa Indonesia. Artikel ini dapat digunakan di depan kata:

  • Kata benda tunggal: the dog
  • Kata benda jamak: the dogs
  • Kata benda yang tidak dapat dihitung: the water

Pembicara dapat menggunakan artikel ini ketika pembicara dan pendengar memiliki pemikiran yang sama akan suatu benda atau orang yang spesifik. Misalnya saja dalam kalimat:

Did you feed the dogs?

Dalam kalimat di atas pembicara dan pendengar memikirkan anjing yang sama. Pendengar mengetahui anjing yang mana yang sedang dibicarakan oleh pembicara. Yaitu anjing yang mereka miliki dan anjing yang mereka beri makan setiap harinya. Kemungkinannya hanya ada satu anjing yang sedang mereka bicarakan.

Artikel The juga dapat digunakan ketika pembicara menyebutkan benda yang sama untuk kedua kalinya. Misalnya saja dalam kalimat berikut ini:

I had banana. I gave the banana to my sister.

Ketika kata banana disebutkan lagi untuk kedua kalinya, kita dapat menggunakan The sebagai artikelnya. Pendengar di sini juga telah mengetahui banana yang dimaksudkan oleh pembicara. Banana yang dimaksud adalah bukan banana yang ada di kulkas atau banana yang ada di mangkuk. Namun banana yang dimilki oleh si pembicara.

Artikel The juga dapat digunakan untuk kalimat superlative. Yang dimaksud dengan kalimat superlative adalah kalimat yang menyatakan paling. Misalnya saja dalam kalimat:

Diana is the most beautiful girl in my class.

The mengikuti kata most beautiful yang artinya paling cantik. Jadi The selain diikuti oleh kata benda juga dapat diikuti oleh kata sifat yang menyatakan paling.

Nah itu tadi adalah sekilas pembahasan mengenai penggunaan artikel dalam bahasa Inggris. Jadi nantinya pembaca tidak akan kebingungan lagi membedakan A, An, dan The. Tiap-tiap artikel memiliki fungsinya masing-masing. Jadi ketika akan menulis kalimat dan menggunakan artikel jangan sampai terbolak-balik ya. Mudah bukan? Nah selamat belajar pembaca =) mudah-mudahan artikel ini dapat membantu pembaca dalam memahami tata bahasa Inggris.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: