Informasi dan Tips – informasitips.com

Paparan Sinar Matahari Tingkatkan Produksi Nitrogen Monoksida (Kesehatan Jantung)

informasitips.com – Para peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa paparan sinar matahari pada kulit manusia menyebabkan terjadinya pelepasan senyawa nitrogen monoksida ke dalam aliran darah. Senyawa nitrogen monoksida tersebut merupakan senyawa poten penurun tekanan darah. Jadi, bisa dikatakan bahwa paparan sinar matahari memiliki fungsi dalam mencegah munculnya penyakit jantung dan stroke.

Nitrogen Monoksida Menyebabkan Vasodilatasi Pembuluh Darah

Manakala permukaan kulit manusia terpapar oleh sinar matahari, maka pada saat itu senyawa nitrogen monoksida dilepaskan ke dalam aliran darah dan akan menimbulkan efek vasodilatasi pada pembuluh darah. Pelebaran (dilatasi) pembuluh darah itu akan menyebabkan turunnya tekanan darah, sehingga akan sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Pasien atau penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk banyak terpapar sinar matahari agar dapat mengambil keuntungan dari senyawa nitrogen monoksida.

Secara alami, jaringan kulit manusia menyimpan nitrit dan nitrat dalam jumlah yang tidak sedikit. Di antara kedua molekul itu, nitrit dan nitrat, hanya nitrit yang memiliki aktivitas pada jaringan biologis. Sinar matahari dapat mengkonversi atau mengubah nitrat menjadi nitrit dan nitrogen monoksida atau nitric oxide (NO) yang selanjutnya akan menimbulkan efek vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah).

Nitrogen monoksida merupakan molekul sinyal bagi otot-otot halus pada pembuluh darah untuk mengalami relaksasi, sehingga pelebaran pembuluh darah terjadi. Dengan begitu, darah mengalir lebih lancar dan akan membantu arteri untuk terbebas dari plak. Oleh karena itu, jika seseorang memiliki kandungan nitrogen monoksida yang rendah dalam tubuhnya, maka risiko dirinya untuk terkena penyakit jantung koroner akan naik.

Jika aliran darah lancar maka hampir semua proses fisiologis di dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Namun, jika aliran darah berjalan lambat maka oksigen ataupun nutrisi akan lambat pula diantarkan ke area tubuh yang membutuhkannya.

Nitrogen Monoksida sebagai Molecule of the Year (1992)

Pada tahun 1992, Nitrogen Monoksida dinobatkan sebagai “Molecule of the Year” oleh majalah Science dengan mempertimbangkan peranannya yang penting pada kesehatan manusia, terutama pada sistem kardiovaskular. Hal tersebut diikuti oleh raihan hadiah Nobel di bidang Medis pada tahun 1998 untuk 3 orang ilmuwan atas temuan mereka yang menyatakan bahwa nitrogen monoksida merupakan molekul sinyal pada sistem kardiovaskular manusia.

Fungsi Lain dari Molekul Nitrogen Monoksida

Dari hal yang dipaparkan di atas sudah diketahui peranan nitrogen monoksida terhadap tekanan darah seseorang, namun peran molekul itu tidak hanya sampai di situ. Nitrogen monoksida juga berperan sebagai molekul sinyal pada otak dan pada sistem imun manusia. Oleh karena itu, berjemur di bawah sinar matahari atau terpapar sinar matahari merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, tidak hanya demi kesehatan tapi juga demi kecerdasan dan juga fungsi otak lainnya. Sayangnya, belakangan ini pemahaman banyak orang akan paparan sinar matahari telah banyak bergeser, mereka lebih melihat sinar matahari sebagai ancaman terhadap kesehatan serta penampilan daripada sebagai sesuatu yang memberikan keuntungan bagi kehidupan.

Cara Lain Tubuh Mendapatkan Nitrogen Monoksida

Terpapar sinar matahari merupakan cara utama bagi tubuh manusia untuk mendapatkan dan merasakan peranan nitrogen monoksida. Namun, ada juga beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar tubuh bisa mendapatkan nitrogen monoksida dan merasakan keuntungannya. Berikut ini beberapa cara tersebut:

  • Mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin C dan E.
  • Ekstrak zaitun
  • Bitter melon
  • Akupunktur elektrik
  • Mandi air hangat atau dengan cara menghela dan menghembus nafas melalui satu lubang hidung.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: