Informasi dan Tips – informasitips.com

Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Posted on by in , , with 0 Comments

informasitips.com – Bukan karena agar terlihat WOW atau sok kebarat-baratan di mata employer, namun dengan menuliskan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, kita menunjukkan bahwa kita mampu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Tak bisa disangkal bahwa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi nilai plus tersendiri di mata para pemilik perusahaan. Oleh karena itu, mengapa tidak membiasakan untuk membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris ketika melamar suatu posisi di sebuah perusahaan?

Menulis surat lamaran dalam bahasa Inggris tak banyak ubahnya dengan menulis lamaran dalam bahasa Indonesia. Meski demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran berbahasa Inggris. Seperti apa kira-kira bentuk surat lamaran berbahasa Inggris yang baik? Simak beberapa panduan membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris berikut ini:

Format
Gunakan format surat yang lazim digunakan, misalnya rata kanan. Ketiklah surat lamaranmu menggunakan Times New Roman 12pt atau Arial 11pt. Ketika kamu mencetak surat lamaran kerjamu, pastikan kamu menggunakan tinta hitam dan kertas berukuran standar, seperti HVS Folio atau A4.

Tips Penulisan Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Kop Surat
Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja memerlukan kop surat sang pengirim lamaran. Apa saja yang ditulis dalam kop surat tersebut? Tulislah informasi mengenai dirimu, seperti nama, alamat, nomor telepon dan email. Perhatikan contoh di bawah ini:

Lamaran Kop Surat

  • Tulislah nama dalam huruf tebal (bold) dan berukuran 14 atau 16 pt
  • Alamat dan kontak detail lainnya ditulis dalam ukuran normal, yaitu 12 pt.
  • Nama dan kontak detail tidak harus dalam Times New Roman ataupun Arial, namun sebaiknya pilihlah huruf yang bisa dibaca dengan jelas.
  • Buatlah garis di bawah kop suratmu untuk membuat batas antara kop surat dan isi surat lamaran yang sebenarnya.
  • Tetaplah mengupdate alamat dan kontak detail sehingga para employer bisa mudah menghubungimu.
  • Jika kamu menuliskan surat lamaran kerja dalam bentuk email, kop surat tidak dituliskan. Sebagai gantinya, tuliskan kontak detailmu di bawah tanda tanganmu, setelah nama terang.

Tanggal
Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris sebenarnya cukup sederhana. Kamu bisa memilih untuk menggunakan British English maupun American English. Perbedaannya, British English mendahulukan tanggal daripada bulan, sedangkan American English mendahulukan bulan daripada tanggal.

Tanggal Bulan Lamaran Kerja

Alamat Tujuan
Tulislah nama dan alamat tujuan pengiriman. Jika kamu tidak mengetahui nama pemilik perusahaan atau orang yang bertanggung jawab terhadap segala urusan lamaran perkerjaan, kamu bisa menuliskan “Hiring Manager”di alamat tujuanmu. Perhatikan contoh berikut:

Alamat Lamaran Kerja

Salutation
Dalam bahasa Inggris, kata “Dear” yang diikuti oleh gelar dan nama lazim digunakan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan tanda titik dua (:) jika suratmu menggunakan format British English, atau koma (,) jika suratmu menggunakan format American English. Jangan lupa menuliskan gelar (title) dalam salutation surat lamaran kerjamu. Gelar yang dimaksud berupa Mr. untuk employer laki-laki, atau Ms. untuk employer perempuan. Terdapat beberapa kasus yang perlu diperhatikan ketika menuliskan salutation, di antaranya:

  • Tidak mengetahui nama employer. Tuliskan “Dear Sir or Madam:” “Dear Hiring Manager:” atau “To whom it may concern:” pada salutation.
  • Mengetahui nama employer. Tuliskan gelar yang diikuti nama keluarga. Namun, karena di Indonesia orang-orang tidak terbiasa menggunakan nama keluarga, kamu bisa menuliskan keseluruhan nama employermu. Contohnya, “Dear Mr. Tommy Nugroho:” atau “Dear Ms. Widya Nurhayati:”
  • Tidak yakin jenis kelamin employer. Tuliskan nama lengkap employermu tanpa diikuti gelar apapun, misalnya “Dear Eka Kusuma:”

Isi Surat Lamaran Kerja
Seperti halnya membuat surat lamaran dalam bahasa Indonesia, surat lamaran berbahasa Inggris juga terdiri dari 3 paragraf utama, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi dan paragraf penutup.

  • Paragraf Pembuka
    Dalam paragraf pembuka, jelaskan kepada employermu maksud dan tujuanmu melamar pekerjaan. Posisi apakah yang kamu inginkan? Dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja tersebut? Tuliskan dengan singkat dalam 2 atau 3 kalimat mengapa kamu tertarik pada posisi di perusahaan tersebut. Sebagai contoh:

    I am pleased to present my resume to you for a position as a Journalist with ABC Company that you advertised on XXX. Given my specializations in, I believe I am the right candidate for the position.

  • Paragraf Isi
    Bagaimana kamu akan “menjual” dirimu pada employer? Tuliskan kualifikasimu dalam paragraf isi, seperti pendidikan, beasiswa, maupun pengalaman-pengalaman kerja yang kamu miliki. Pastikan bahwa kualifikasi yang kamu miliki sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Singkat kata, tuliskan secara spesifik apa yang mampu kamu berikan pada perusahaan tersebut jika kamu diterima bekerja di sana.
  • Paragraf Penutup
    Dalam paragraf penutup, tuliskan dalam 2 sampai 4 kalimat yang membuat sang employer tertarik untuk menghubungimu. Jangan lupa untuk merujuk pada lampiran yang kamu sertakan dalam surat lamaran kerjamu, serta ucapakan terima kasih untuk waktu yang disediakan employer untuk membaca surat lamaranmu. Pastikan juga kamu menyebutkan dengan jelas bahwa kamu siap untuk mengikuti tes seleksi yang mungkin diadakan. Contohnya:

    I enclose all documents you need and would be willing to take series of tests. I appreciate your taking the time to review my credentials and experience and I look forward to hearing from you at your earliest convenience.

Penutup dan Tanda Tangan

Tuliskan kata penutup yang diikuti dengan koma (,). Setelah itu, bubuhkan tanda tangan lalu tuliskan nama lengkapmu di bawah tanda tangan tersebut. Kata-kata yang biasa dipakai dalam penutup surat lamaran kerja berbahasa Inggris, antara lain:

  • Sincerely,
  • Sincerely yours,
  • Yours truly,
  • Respectfully,
  • Kind regards,

Lampiran
Dalam setiap surat lamaran kerja, tentu kamu akan melampirkan beberapa dokumen, seperti CV atau Resume, ijasah, sertifikat-sertifikat dan sebagainya. Tuliskan kata “Enclosure” untuk lampiran yang hanya berupa satu dokumen, atau “Enclosures” jika kamu melampirkan beberapa dokumen dalam surat lamaran kerjamu.

Penutup Lamaran Kerja

Jika kamu menuliskan surat lamaran dalam bentuk email, kata “Enclosure” berubah menjadi “Attachment” atau “Attachments”.

Edit dan Revisi

Setelah menyelesaikan surat lamaran kerjamu, cek dan cek lagi untuk menghindari kesalahan kecil yang menunjukkan kelalaianmu dalam memperhatikan detail. Hal-hal apa sajakah yang perlu kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris?

  • Kesalahan tanda baca (punctuation) dan penulisan (spelling).

  • Tata bahasa. Jangan menuliskan bahasa informal dalam surat lamaran kerja, seperti slang words atau bentuk penulisan SMS, misalnya.
  • Menyingkat kata. Usahakan untuk tidak menyingkat kata, misalnya “I have” menjadi “I’ve” atau “I want to” menjadi “I wanna”.
  • Bentuk pasif. Hindari menuliskan surat lamaranmu dalam bentuk pasif, seperti “The project was conducted successfully.” Buatlah dirimu menjadi subyek dalam kalimat, misalnya dengan kalimat, “In this project, I developed several short-cuts for students…”

    Ada baiknya pula kamu meminta seseorang yang kamu rasa lebih mahir berbahasa Inggris untuk membaca surat lamaran kerjamu sehingga ia bisa memberi komentar atau memperbaiki pilihan kata-katamu. Nah, semoga informasi ini bermanfaat.

    (berbagai sumber)

    Copyright secured by Digiprove © 2012

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih