Informasi dan Tips – informasitips.com

Panduan Memandikan Bayi

informasitips.com – Selain untuk membersihkan kulit dan membuat bayi merasa nyaman, memandikan bayi juga merupakan salah satu kegiatan interaksi yang menyenangkan antara Ibu dan bayi. Meskipun begitu, bagi para ibu muda acara memandikan bayi (terutama bayi baru lahir) terkadang dapat menjadi pengalaman yang menegangkan.

Sebenarnya dengan sedikit latihan dan mengetahui langkah-langkah dasar memandikan bayi kegiatan memandikan bayi akan menjadi kegiatan favorit rutin Anda dan buah hati. Dengan mengetahui dasar-dasar memandikan bayi dapat membantu Anda lebih percaya diri ketika memandikannya. Yang perlu Anda ingat adalah untuk selalu berbicara dengan bayi Anda saat memandikannya. Jadikan waktu mandi bukan hanya sebagai rutinitas yang baik untuk kesehatan dan kebersihan kulitnya tapi juga sebagai bentuk interaksi yang bisa merangsang otaknya.

Panduan Memandikan Bayi

Sebelum kegiatan mandi dimulai kumpulkan semua yang anda butuhkan berkaitan dengan bayi. Pastikan untuk menempatkan barang-barang ini di mana Anda dapat dengan mudah menjangkaunya agar bayi Anda tidak pernah lepas dari pengawasan Anda. Ini adalah langkah yang paling penting. Anda tidak dapat meninggalkan bayi Anda jika Anda lupa sesuatu untuk mencegah bayi tenggelam di bak mandinya. Lebih baik untuk tidak menjawab telepon atau bel pintu selama memandikan bayi Anda.

Anda akan memerlukan beberapa barang keperluan mandi bayi seperti antara lain:
– Waslap atau lap kecil
– Handuk cukup besar (sebaiknya handuk dengan penutup kepala/built-in hood)
– Bola kapas dan tissue bayi
– Sampo dan sabun mandi bayi yang berbahan dasar lembut
– Lotion pelembab kulit ringan atau minyak khusus bayi
– Popok
– Pakaian ganti



Tempat mandi
Banyak orangtua membeli bak plastik yang dirancang khusus untuk bayi baru lahir atau bak plastik biasa yang diberi alas dasar handuk atau alas karet untuk menjaga bayi agar tidak tergelincir. Bak plastik ditempatkan di permukaan yang datar, bisa di lantai kamar mandi, meja dapur atau meja ganti. Bila di atas meja, pastikan nyaman bagi Anda, bisa berdiri tegak dan tidak perlu membungkuk. Pastikan suhu ruangan hangat dan nyaman bagi bayi. Namun ada beberapa orang tua lain yang memandikan bayi baru lahir mereka di wastafel dapur atau wastafel kamar mandi.


Waktu mandi
Waktu yang terbaik adalah ketika Anda tidak terburu-buru dan sedang tidak terganggu. Terserah Anda, pilih waktu yang santai bagi Anda dan si kecil. Beberapa orang tua memilih untuk memandikan anak di pagi hari, yakni ketika bayi dalam keadaan siap untuk memulai hari dan bermain menikmati pengalaman-pengalaman baru. Sementara beberapa orang tua yang lain lebih suka dengan ritual menenangkan memandikan bayi di sore hari sehingga bayi tidur lebih nyenyak.


Frekuensi mandi
Bayi sebenarnya tidak perlu untuk dimadikan setiap hari. Selain karena sebenarnya bayi tidak banyak melakukan aktivitas seharian dan tidak terlalu kotor, memandikan bayi setiap hari, dapat membuat kulit bayi Anda kering sehingga merusak kulitnya. Yang paling penting Anda perhatikan adalah daerah sekitar kepala, wajah, leher, jari-jari kaki dan tangan serta area popok.

Lakukan ini hanya sekali atau dua kali seminggu terutama bagi bayi baru lahir. Tapi jika bayi Anda banyak melakukan aktivitas setiap hari, atau bayi Anda suka berada di air, tidak ada salahnya memberikan ritual mandi air hangat santai yang menyenangkan setiap hari.


Air
Gunakan air hangat, pastikan suhunya tepat bagi bayi, Anda bisa menguji air di area kulit yang lebih sensitif seperti pergelangan tangan atau siku anda. Banyaknya air yang dibutuhkan kurang lebih untuk bayi baru lahir sekitar 10 cm.

Ketika tali pusat bayi belum putus sebaiknya hindari menggosok atau mengoreknya ketika memandikan bayi. Pada umumnya tali pusat bayi akan terputus dengan sendirinya ketika bayi berusia 2 – 3 minggu. Jika bayi Anda sudah cukup besar Anda bisa memandikannya di bak mandi yang besar dengan lebih banyak air.


Keselamatan
Gunakan satu tangan untuk menopang tubuh mungilnya dan tangan yang lain bebas untuk mengambil barang-barang yang diperlukan. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk mengambilkan barang. Bila Anda memandikan bayi Anda sendirian saja jangan pernah meninggalkannya sendiri di air, bahkan untuk beberapa detik. Bayi harus diawasi ketika berada di air. Kecelakaan bukan hanya dapat terjadi di kolam renang, danau tapi juga dapat terjadi di kamar mandi rumah Anda!

Jika Anda harus meninggalkan area mandi, bahkan bila untuk satu menit saja bawa bayi Anda dengan Anda. Bila ditinggalkan sendirian walaupun beberapa detik saja, bayi bisa berusaha mengangkat kepala, terbentur bak mandi, tergelincir, tenggelam, atau tertidur.

Langkah-langkah memandikan bayi :

  1. Bawa bayi ke area mandi dan cek jika ada kotoran di popoknya. Sekarang saatnya membuka baju bayi anda. Bicaralah pada bayi Anda saat Anda melepaskan pakaiannya. Pegang erat badannya agar bayi merasa aman. Cukup banyak bayi yang menangis saat dibuka bajunya karena bayi tidak suka telanjang, merasa dingin dan tidak aman.

    Anda tidak perlu khawatir bila anak Anda menangis, Anda tidak melakukan hal yang salah, bayi Anda hanya terbiasa mengenakan pakaian. Perlahan, tanggalkan pakaian bayi dan bungkus dengan handuk, hanya buka pakaian di bagian yang akan Anda basuh dengan air. Bersihkan alat kelamin bayi Anda sebelum dimasukkan ke bak mandi.

  2. Pada bayi baru lahir sabun belum perlu digunakan. Gunakan bola kapas basah atau tissue basah yang bersih untuk menyeka kelopak bayi dari dalam ke sudut luar. Gunakan waslap atau lap kecil yang dibasahi dengan air hangat untuk membasuh badan bayi. Basahi lap mandi, peras kelebihan air dan lap wajah bayi Anda.

    Ada berbagai jenis sabun dan sampo yang sudah diformulasi khusus dengan bahan dasar lembut bagi bayi agar tidak pedih di mata. Anda bisa membeli sabun cair yang bisa digunakan untuk memandikan badannya sekaligus untuk mencuci rambutnya. Atau bisa juga membeli sabun dan sampo bayi terpisah.

    Bila Anda sudah siap untuk memperkenalkan spons mandi ke bayi dan bayi anda berbau atau kotor, Anda bisa menuangkan sedikit sabun cair bayi ke spons basah yang lembut. Setelah mulai berbusa, basuhlah bayi berurutan dari kepala ke kaki.

  3. Basuhlah rambut bayi anda dengan sampo bayi lembut yang tidak pedih di mata. Basuh sambil berikan pijatan sirkulasi yang dapat merangsang otaknya. Bilas sampo dengan lembut dengan menuangkan air di atas kepala bayi.
  4. Selanjutnya pastikan untuk memberikan perhatian khusus ke tempat-tempat yang mungkin tidak mendapatkan udara banyak, seperti di bawah leher, lipatan di bawah lengan, belakang telinga dan di daerah popok. Juga basuh jari-jari tangan dan kakinya. Pastikan tidak ada busa sabun yang masuk ke mata bayi.
  5. Bermain, bernyanyi dan bersenang-senanglah dengan bayi Anda. Ajak bayi bicara setiap saat, beritahukan kegiatan apa yang sedang Anda lakukan padanya. Jika bayi Anda tidak senang, terus menangis, sudahi segera acara mandinya dan angkat bayi keluar dari bak mandinya.

    Bila bayi Anda tenang ketika dimandikan berikan kegiatan rangsangan lembut dengan menuangkan air di atas perutnya, dadanya atau lengan dan kakinya. Berikan pijatan lembut sambil berbicara atau menyanyikan lagu-lagu anak sampai Anda siap untuk membawanya keluar.

  6. Bilas dan balut tubuh bayi dengan handuk besar yang hangat dan kering sehingga bayi merasa nyaman. Keringkan tubuh bayi dengan menepuk lembut bagian tubuhnya dan menyeka rambutnya yang basah. Pada bagian popok, perhatikan terutama daerah selangkangannya, usahakan sampai kering betul untuk mencegah timbulnya lecet atau iritasi.
  7. Berikan lotion/pelembab kulit khusus bayi yang ringan sambil memberikan pijatan di seluruh badannya. Berikan ciuman juga di kepala bayi Anda yang harum dan bersih. Jika kegiatan memandikan bayi biasa dilakukan di sore hari atau menjelang tidur, cobalah untuk menggunakan pelembab kulit beraroma lavender, aromanya menenangkan bayi dan dapat membuatnya tidur dengan nyenyak.

    Setelah bayi Anda berusia beberapa bulan, Anda atau pasangan Anda bisa berbagi mandi dengan dia. Berada di kamar mandi dengan bayi Anda adalah cara yang indah bagi Anda untuk menjadi lebih dekat satu sama lain.

Semoga bermanfaat!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: