Informasi dan Tips – informasitips.com

Panasonic Gobel Awards (PGA) 2012 Kembali Digelar

Panasonic Gobel Awards ke - 15 tahun 2012informasitips.com – Ajang apresiasi terhadap individu yang berkarya di industri pertelevisian, Panasonic Gobel Awards (PGA) akan kembali digelar tahun ini pada 27 Maret 2012 di Ballroom XXI Djakarta Theater. Kemarin, 24 Februari 2012, Panasonic Gobel Awards (PGA) resmi mengumumkan dimulainya PGA ke-15, dengan mengangkat tema “Yang Muda, Yang Menginspirasi”.

Makna dibalik tema yang diusung di ajang PGA ke-15 tahun 2012 ini adalah sebuah harapan besar melalui acara penghargaan ini akan mampu menginspirasi para generasi muda untuk menggali ide serta kreativitas untuk pertumbuhan masa depan pertelevisian Indonesia yang lebih baik. Ada 3 kategori baru yang ditambahkan di PGA tahun ini, yaitu kategori musik, investigasi untuk kategori program dan presenter berita untuk kategori individu. Sehingga total kategori yang ada untuk PGA ke-15 tahun ini adalah mencapai 30 kategori.

Salah satu tujuan diadakannya acara tahunan Panasonic Gobel Awards adalah untuk mendorong para pelaku industri pertelevisian di Indonesia agar bisa selalu mengembangkan kreativitasnya, yang juga berarti akan mengembangkan dan meningkatkan perekonomian di Indonesia. Sebagai mana yang diketahui, industri pertelevisian sebagai satu bagian dari industri kreatif di Indonesia, dewasa ini semakin berkembang pesat dan mampu memberikan kontribusi sebesar 6 % untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, keberadaan PGA juga diharapkan dapat dijadikan tolak ukur untuk menilai perkembangan dan kualitas dunia pertelevisian di Indonesia.

Proses penentuan nominasi untuk setiap kategori merupakan proses yang cukup ketat dan relevan terhadap perkembangan dunia pertelevisian saat ini, dimana mereka yang masuk nominasi merupakan mereka yang memang disukai masyarakat dan selama satu tahun terkahir mampu menghasilkan karya yang mendapatkan atensi positif dari masyarakat, khususnya dari sisi rating tertinggi. Dalam menentukan nominasi, PGA bekerja sama dengan AC Nielsen, sebagai badan riset independen yang menentukan kategori program TV dengan rating tertinggi, dan juga melibatkan tim verifikasi yang terdiri dari 9 perwakilan industri pertelevisian, seperti beberapa stasiun TV, production house, Komisi Penyiaran Indonesia, artis/ aktor dan lainnya, untuk memverifikasi data yang diberikan AC Nielsen.

Dari program-program terpopuler dan mendapatkan rating tinggi itulah akhirnya keluar nama-nama para nominator (nominee) yang dibedakan menjadi dua bagian yaitu untuk individu (insan/pelakunya) dan program acaranya. Selanjutnya, keputusan akhir siapa yang terfavorit kembali diserahkan kepada masyarakat selaku juri yang akan menilai siapa yang paling layak mendapatkan piala Panasonic Gobel Awards ke-15. Sistem penilaian oleh masyarakat dilakukan dengan cara voting SMS sesuai dengan ketentuan dan format yang telah ditentukan untuk setiap kategori.

Nama-nama seperti Dude Harlino, Teuku Wisnu, Rezky Aditya, dan Atalarik Syah kembali masuk nominasi untuk kategori yang diunggulkan, yaitu kategori Aktor Terfavorit. Sementara aktor senior, Ari Wibowo tahun ini kembali masuk nominasi aktor terfavorit setelah kemunculannya lagi ke dunia sinetron lewat Sinetron Binar Bening Berlian.

Untuk kategori unggulan lainnya yaitu kategori Aktris Terfavorit, Naysilla Mirdad kembali harus bersaing dengan Asmirandah, Shireen Sunkar, Nabila Syakieb, dan ratu stripping Nikita Willy yang selama dua tahun kemarin berturut-turut berhasil menang di kategori Aktris Terfavorit.

Sementara untuk kategori Presenter Berita dan Informasi, nama presenter Putra Nababan (RCTI) kembali masuk nominasi dan harus bersaing ketat memperebutkan gelar Presenter Terfavorit dengan Jeremy Teti (SCTV), Tina Talisa (TV One), Prabu Revolusi (Metro TV), dan Grace Natalie (TV One).

Untuk daftar lengkap dan cara melakukan voting terhadap para nominee dapat dilihat di:

- Nominasi Kategori Program/Acara Panasonic Gobel Awards ke-15

- Nominasi Kategori Individu Panasonic Gobel Awards ke-15

Siapakah yang berhasil menang dan membawa pulang piala Panasonic Gobel Awards ke-15 tahun ini? Anda lah penentunya. Anda dapat berpartisipasi langsung dengan melakukan voting via sms. Informasi lengkapnya dapat Anda baca di situs panasonic-gobelawards.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih