Informasi dan Tips – informasitips.com

Otot Yang Dilatih Saat Sit Up

informasitips.com – Jika Kamu masih berpikir bahwa sit up bermanfaat untuk mengecilkan perut, maka Kamu harus kembali memeriksa referensi Kamu, karena sesungguhnya sit up tidak akan mengecilkan perut, melainkan sit up akan membentuk otot-otot di beberapa bagian sekitar perut. Oleh karena itu, jika Kamu bermaksud ingin mengecilkan perut, maka sit up bukanlah latihan yang tepat untuk Kamu lakukan, namun Kamu harus melakukan latihan-latihan kardio yang bertujuan untuk membakar kalori, termasuk lemak yang menumpuk di area perut.

Nah, berikut ini beberapa otot yang akan dilatih atau dibentuk saat Kamu melakukan sit up:

Otot Rectus Abdominis

Sit up melatih otot rectus abdominis yang terdapat pada lapisan permukaan di area perut. Saat melakukan sit up, otot rectus abdominis ini berfungsi dalam melenturkan batang tubuh saat tubuh bergerak ke arah atas. Saat tubuh bergerak ke arah lantai, otot ini berfungsi dalam membantu mengatur kecepatan tubuh untuk turun. Otot rectus abdominis ini merupakan otot-otot yang terbentuk saat Kamu mendapatkan perut six pack, walaupun sebenarnya bukanlah six pack, tetapi eight pack, hanya saja dua pack lainnya tidak terlihat karena terletak di bagian yang lebih bawah.

Otot Rectus Abdominis saat Sit Up

Otot Transverse Abdominis

Otot ini berada pada lapisan terdalam dari otot-otot perut dan terbentang horizontal menuju ke arah pusat tubuh. Otot-otot transverse abdominis berfungsi menjaga kestabilan tubuh, bukan kelenturan layaknya rectus abdominis. Otot ini akan berkontraksi saat sebelum tubuh melakukan gerakan sit up dengan tujuan untuk mempersiapkan pergerakan batang tubuh. Menurut para ilmuwan, otot transverse abdominis ini akan memberikan umpan balik (feedback) kepada sistem saraf pusat sebelum terjadinya berbagai gerakan yang berpotensi mendestabilisasi tulang belakang atau tubuh, sehingga tubuh akan meresponnya dengan cara menstabilisasi lewat otot-otot ini.

Otot Transverse Abdominis

Otot External Oblique

Selain melatih otot-otot di bagian perut, sit up juga menguatkan otot-otot yang berada di area sisi samping perut. Selama sit up, otot ini yang membantu otot rectus abdominis saat mengangkat tubuh bangkit dari lantai.

Sit Up melatih Otot External Oblique

Otot Internal Oblique

Saat melakukan gerakan sit up, otot ini bersama dengan otot-otot external oblique membuat tubuh untuk bisa menjadi fleksibel. Selain mendukung fleksibilitas tubuh, otot-otot internal obliques juga menyokong organ-organ internal di sekitarnya.

Otot Internal Oblique

Otot Tensor Fasciae Latae

Otot ini melekat pada bagian panggul, yaitu di daerah bagian atas paha. Otot Tensor Fasciae Latae (TFL) inilah yang berperan saat tubuh menekuk pada bagian pinggul, yang berarti otot inilah yang menjadi kunci dari gerakan sit up yang membuat tubuh menekuk saat bangun dari posisi rebah. Otot ini sebenarnya merupakan otot yang lemah, oleh karena itu latihan sit up ini sebenarnya merupakan sarana yang penting untuk melatih otot TFL ini.

Sit Up juga melatih Otot Tensor Fasciae Latae

Otot Rectus Femoris

Otot ini merupakan otot berukuran besar yang terletak pada bagian depan paha, seperti yang terlihat pada gambar. Otot Rectus Femoris ini membantu otot TFL dalam membuat panggul menjadi lebih fleksibel.

Otot Rectus Femoris



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: