Otot Paling Kuat pada Tubuh Manusia

informasitips.com – Beberapa otot berikut dianggap sebagai otot-otot yang paling kuat yang ada di tubuh manusia. Otot-otot tersebut adalah otot lidah, otot bokong (gluteus maximus), otot-otot lembut yang ada di mata, otot rahim (pada wanita) dan otot jantung.

Otot lidah atau kelompok otot yang ada di lidah dianggap sebagai otot yang paling kuat karena otot tersebut hampir tidak pernah berhenti bekerja. Otot lidah utamanya digunakan saat seseorang tengah makan atau minum, yaitu digunakan untuk mendorong makanan atau cairan dari mulut ke kerongkongan. Bahkan di saat tidur sekalipun, otot-otot lidah tidak juga berhenti bekerja. Pada saat tidur, otot lidah aktif bekerja dengan tujuan untuk menjaga agar saliva tetap diproduksi di dalam mulut.

Otot selanjutnya yang dianggap sebagai otot terkuat yang ada di tubuh manusia adalah otot gluteus maximus. Otot ini merupakan otot yang paling besar yang ada di tubuh manusia yang membuat seseorang tetap bisa berdiri tegak saat dia berjalan. Saat seseorang mengalami cedera pada otot gluteus maximus-nya maka dia akan kesulitan berjalan atau berjalan dengan posisi pincang.

Otot Paling Kuat

Di satu sisi, ada juga yang menganggap bahwa otot yang paling kuat yang ada di tubuh manusia adalah otot-otot lembut yang ada di mata. Hal tersebut didasarkan atas ukurannya yang sangat kecil namun bekerja dengan sangat intens. Otot-otot yang ada di mata memiliki kekuatan dinamis yang sangat tangguh, karena mampu melakukan gerakan-gerakan berulang dengan sempurna. Sementara otot-otot yang ada di luar mata bekerja tanpa henti, termasuk ketika seseorang tidur.

Otot selanjutnya yang juga seringkali dianggap sebagai otot terkuat adalah otot rahim yang hanya dimiliki oleh kaum hawa. Saat melahirkan, otot-otot rahimlah yang bertanggung jawab dalam mendorong bayi keluar dari perut sang ibu. Tidak memiliki hanya kekuatan yang luar biasa, namun otot-otot rahim sangatlah elastis. Hanya saja otot rahim digunakan hanya saat seorang wanita mengandung dan melahirkan, tidak seperti otot-otot sebelumnya.

Otot terakhir yang juga dianggap sebagaiotot paling kuat adalah otot jantung. Bayangkan saja, dari semenjak lahir hingga meninggal, seseorang tidak pernah berhenti menggunakan otot jantungnya. Selama seseorang hidup, otot jantung kira-kira memompa sebanyak 2 miliar kali. Rasanya pantas jika otot jantung dinobatkan sebagai otot yang paling kuat yang ada di tubuh manusia. Kalau menurut Kamu yang mana?

Bagikan artikel:

Rekomendasi

Satu Komentar

  1. 1

    ternyata otot yang paling kuat adalah otot jantung yah, saya beru sadar 😀

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>