Informasi dan Tips – informasitips.com

Otot-otot yang Dilatih saat Berenang

informasitips.com – Seringkali Kita mendengar akan anjuran untuk secara rutin berenang agar mendapatkan berbagai keuntungan dari aktivitas tersebut. Salah satu keuntungan yang akan didapatkan dari melakukan olahraga renang adalah dapat melatih berbagai otot tubuh sehingga dengan melakukannya secara rutin kekuatan inti dan kestabilan tubuh Kamu akan meningkat. Secara umum berbagai otot yang digunakan ketika Kamu berenang adalah otot-otot bahu, lengan, punggung bagian atas, dada dan otot-otot di kaki.

Berikut ini beberapa kelompok otot yang, secara umum, dilatih atau digunakan saat Kamu berenang:

  • Kelompok Otot IntiYang termasuk ke dalam otot inti adalah otot-otot yang berada pada bagian perut, pinggul dan punggung. Dengan melatih kelompok otot inti tersebut maka ketsbilan tubuh Kamu akan meningkat, begitu juga dengan kekuatannya. Berikut ini adalah gambar dari kelompok otot inti:


  • Otot BahuBerenang akan melatih otot-otot deltoid yang ada di bahu. Otot deltoid yang dilatih akan memudahkan proses keluar masuknya tangan Kamu dari dan ke dalam air. Berikut ini adalah gambar dari otot deltoid:


  • Otot Trisep dan BisepKamu tahu kan yang mana otot trisep dan bisep? Dengan terbiasa berenang, maka kekuatan kedua otot tersebut akan meningkat. Hal itu akan membuat membuat ayunan Kamu ketika bereang akan lebih cepat dan kuat.
  • Otot LenganDengan menguatkan otot ini, maka tarikan lengan Kamu di bawah air akan meningkat. Berikut ini otot lengan yang dilatih saat Kamu berenang:


  • Otot Punggung bagian atasPenguatan otot ini akan menstabilkan bahu Anda dalam melakukan ayunan dan mendorong tubuh Anda ke depan selama Kamu berenang.
  • Otot KakiBerenang juga melatih kelompok otot di bagian bawah, termasuk otot-otot di bokong dan otot hamstring. Penguatan otot-otot tersebut penting untuk membuat tubuh Kamu mengambang serta agar dapat melakukan tendangan secara efisien.

Meski secara umum olahraga berenang melatih otot-otot di atas, tetapi dalam setiap gaya renang sebenarnya mempunyai penekanan tersendiri mengenai otot-otot yang dilatih. Apa saja otot-otot tersebut?

Otot yang dilatih saat Gaya Bebas dan Gaya Punggung:

Gaya ini menekankan pada penggunaan otot-otot oblique seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Kedua gaya ini juga melatih otot-otot fleksor pada daerah panggul. Otot tersebut berperan dalam memantapkan posisi tubuh Kamu, sekaligus berperan dalam menghasilkan tendangan yang kuat.

Otot yang dilatih saat Gaya Kupu-kupu:

Otot yang utamanya dilatih saat Kamu melakukan gaya kupu-kupu adalah otot pada bagian perut dan punggung bagian bawah, serta otot-otot bokong.

Otot yang dilatih saat Gaya Dada:

Saat melakukan gaya dada maka otot-otot pektoral akan dilatih. Otot-otot pektoral terletak pada area dada. Pada gaya dada, kelompok otot pektoral digunakan untuk mengayun lengan ke dalam air dan untuk mendorong tubuh maju melawan air. Berikut ini adalah kelompok otot pektoral:


Gaya dada juga dapat dilakukan untuk melatih otot-otot bolong dan quadriceps agar dapat menghasilkan tendangan yang sempurna untuk mendorong tubuh maju. Nah, ini dia yang namanya otot quadriceps:




loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: