Informasi dan Tips – informasitips.com

Benarkah Otak Lebih Besar Berarti Lebih Pintar?

informasitips.com – Memiliki otak lebih besar berarti lebih pintar? Benarkah demikian? Asumsi ini sempat diterapkan pada manusia dan hewan. Beberapa teori dari hasil penelitian pun muncul. Ada yang berpendapat bahwa kepintaran memang berkaitan dengan ukuran otak, ada juga yang tidak sependapat. Bagi mereka yang setuju dengan asumsi bahwa memiliki otak lebih besar berarti lebih pintar dikaitkan dengan semakin besar ukuran otak maka semakin banyak sel-sel otak.

Menurut logika, semakin besar susunan otak, maka seharusnya akan semakin pintar karena sel-sel otaknya lebih aktif dan berkembang. Apalagi hampir 60% susunan otak berasal dari lemak, terutama lemak omega 3 yang sangat baik untuk kecerdasan seseorang. Asumsi ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Michael McDaniel, seorang psikolog asal Virginia Commonwealth University yang dimuat dalam Journal Intelligence. Michael menyatakan bahwa otak yang besar memang berpengaruh terhadap kecerdasan. Dia juga menyebutkan bahwa volume otak sangat erat kaitannya dengan tingkat kecerdasan karena semakin banyak sel-sel otak, sistem dan jaringan informasi yang dimiliki seseorang dalam otaknya pun semakin banyak. Dengan demikian maka seseorang dengan volume otak yang besar, maka bisa lebih cerdas. Hal ini berlaku untuk semua rentang usia dan jenis kelamin.

Sementara pada hewan, asumsi ini tidaklah tepat karena terdapat penelitian yang dilakukan terhadap lebah dan dimuat pada Jurnal Current Biology. Hasil penelitiannya menyatakan bahwa walaupun lebah memiliki otak yang kecil, namun menunjukkan tanda-tanda kepintaran dan lebih cerdik daripada hewan besar. Dalam sebuah penelitian lain menyatakan bahwa hewan yang besar memerlukan otak yang lebih besar pula. Hal ini tidak berkaitan dengan kecerdasan, melainkan aktivitas yang dilakukan terutama jika hewan tersebut memiliki bagian tubuh yang harus banyak dikendalikan. Misalnya hewan yang lebih banyak menggerakkan ototnya, maka memerlukan saraf yang lebih besar. Ukuran otak pada hewan memiliki pengaruh terhadap kemampuan berperilakunya saja, itu pun hanya terjadi pada bagian tertentu dari otak. Hal ini terjadi pada hewan yang memiliki indera lebih tajam seperti pada pendengaran atau penglihatannya dan hewan dengan kemampuan bergerak secara akurat.

Otak Lebih Besar berarti Lebih Pintar

sumber gambar: inc01.com

Manusia pada jaman purba diyakini memiliki volume otak lebih besar, pengukuran ini diambil dengan menggunakan sampel tengkorak yang ditemukan di Eropa, Timur Tengah dan Asia. Menurut John Hawks, seorang peneliti dari University of Michigan menyatakan bahwa volume otak manusia pada 30.000 tahun yang lalu rata-rata berukuran 1.500 cm3, sementara volume otak manusia saat ini berukuran 1.359 cm3. Hal ini berarti dalam rentang waktu yang cukup lama otak manusia telah mengalami penyusutan. Hawks mengemukakan bahwa penyusutan volume otak ini merupakan mata rantai utama dalam sebuah evolusi manusia. Meski mengalami penyusutan, tidak berarti manusia di masa lalu lebih pintar dibanding manusia pada masa kini. Hal ini justru dinyatakan lebih efisien dan memang sesuai dengan jamannya. David Geary, seorang peneliti dari University of Missouri menyebutkan bahwa volume otak yang besar dibutuhkan oleh manusia purba agar dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang keras dan selamat dalam udara yang dingin. Ada juga teori yang menyatakan bahwa ukuran otak berkaitan dengan pola mencari makan di masa lalu, yaitu berburu. Semakin mudah dalam mendapatkan makanan, maka kepala manusia akan berhenti berkembang.

Itulah beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli mengenai hubungan antara volume otak dengan tingkat kecerdasan. Sebenarnya seberapa besar volume otak seseorang tidak menjamin tingkat kepintarannya, yang terpenting adalah seberapa sering otak tersebut digunakan dan diasah. Bukankah begitu?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: