Informasi dan Tips – informasitips.com

Omega-3 dapat Menolong Bayi Berat Lahir Rendah dari Penyakit Kardiovaskular

informasitips.com – Anda mungkin mengetahui kalau asam lemak omega-3 memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan Kita, seperti dalam pencegahan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Baru-baru ini para peneliti dari University of Sydney menyatakan dalam publikasinya bahwa asam lemak esensial omega-3 mungkin memiliki peranan penting dalam proses pencegahan serangan jantung atau stroke pada orang dewasa yang dilahirkan dengan berat badan rendah (Bayi Berat Lahir Rendah)

Publikasi mereka diterbitkan dalam Jurnal American Academy of Pediatrics. Di sana mereka menyatakan bahwa konsumsi suplemen dalam lima tahun pertama kehidupan seorang anak mungkin dapat mencegah terjadinya perkembangan kondisi yang mengancam kesehatan di kehidupan dewasanya kelak, seperti serangan jantung atau stroke.

Dr. Michael Skilton, penulis pertama dari jurnal publikasi tersebut, menyatakan bahwa “Orang yang lahir dengan berat badan rendah memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami penyakit kardiovaskular”. Definisi lahir dengan berat badan rendah di sini maksudnya adalah lahir dengan berat badan 10% lebih rendah dibandingkan dengan berat lahir rata-rata seluruh bayi yang dilahirkan dalam suatu negara.

Omega-3 BBLR

Dr. Michael Skilton juga menyatakan bahwa resiko yang tinggi akan penyakit kardiovaskular berhubungan dengan perkembangan, sedari periode kanak-kanak, pembuluh darah arteri yang menebal yang merupakan indikasi terjadinya arteriosklerosis dini, yang kemudian menuntun munculnya plak dari lemak/kolesterol jahat yang selanjutnya akan membuat pembuluh darah menjadi kaku atau kehilangan elastisitasnya.

Pada penelitian tersebut efektivitas suplemen omega-3 diukur dengan cara membagi dua kelompok anak dimana satu kelompok mengkonsumsi 500 mg suplemen minyak ikan per harinya sejak umur 6 bulan sampai usia 5 tahun (kelompok omega-3), dan satu kelompok lagi mengkonsumsi 500 mg suplemen minyak bunga matahari per harinya sejak umur 6 bulan hingga usia 5 tahun. Pada umur 8 tahun, ketebalan pembuluh arteri anak-anak tersebut diukur. Ketebalan pembuluh arteri merupakan indikator dari arteriosklerosis dini yang berhubungan nantinya dengan penyakit kardiovaskular.

Hasil yang didapat adalah kelompok anak yang menerima suplemen minyak bunga matahari memiliki pembuluh arteri yang lebih tebal (jika mereka dilahirkan dengan berat badan rendah) dibandingkan dengan kelompok anak yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan akan manfaat dari suplemen omega-3 untuk kesehatan kardiovaskular. Meskipun begitu, penelitian lanjutan masih dibutukan untuk mengkonfirmasi penelitian yang dilakukan oleh tim Dr. Michael Skilton ini.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *