Informasi dan Tips – informasitips.com

Senyawa Obat untuk Menurunkan Trigliserida (yang Tinggi)

informasitips.com – Dalam rangka menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, target utama pengobatan adalah menurunkan kadar LDL kolesterol (kolesterol jahat) dalam darah, setelah itu baru pengobatan ditujukan untuk meningkatkan kadar HDL kolesterol (kolesterol baik) dan menurunkan kadar trigliserida. Dalam panduan pengobatan yang ditujukan untuk menurunkan konsentrasi trigliserida dalam darah menunjukkan bahwa terapi yang dilakukan terbatas pada penggunaan 3 senyawa, asam nikotinat, turunan asam fibrat dan minyak ikan (omega-3).

Asam Nikotinat

Asam nikotinat sebenarnya merupakan salah satu jenis vitamin B. Asam nikotinat memengaruhi system lipoprotein yang dimediasi oleh senyawa nicotinamide adenine dinucleotide melalui penghambatan pada enzim adenilat siklase. Dalam hal ini, asam nikotinat menghambat sintesis kolesterol yang terjadi di dalam tubuh, meningkatkan proses katabolismenya (penguraian kolesterol), serta mengurangi kadar asam lemak dalam plasma darah.

Asam nikotinat diindikasikan bagi pasien dengan kadar trigliserida tinggi dan juga LDL kolesterol yang tinggi, serta kadar HDL kolesterol yang rendah. Efek asam nikotinat terhadap lipoprotein plasma tergantung pada dosis dengan kisaran kira-kira antara 1500 mg hingga 6000 mg per hari. Asam nikotinat dapat menekan kadar LDL jika trigliserida dapat diturunkan pada level di bawah 140 mg/dL.

Salah satu nama dagang obat dengan zat aktif asam nikotinat adalah Niaspan. Niaspan diberi sekali sehari dengan dosis 500 hingga 3000 mg per hari. Menurut data uji, Niaspan dapat mengurangi jumlah LDL 10 hingga 20% dengan dosis pemberian 1 hingga 3 gram per hari. Dan trigliserida akan berkurang sebanyak 10 hingga 45%. Sementara kadar HDL dapat meningkat sebesar 15 hingga 30% dengan pemebrian Niaspan.

Asam Fibrat dan Turunannya (Derivatnya)

Asam fibrat bekerja melalui mekanisme peningkatan aktivitas lipoprotein lipase dan sekresi empedu lewat hati, serta melalui penurunan produksi hepatic trigliserida. Penurunan trigliserida oleh asam fibrat dan turunannya mencapai 8 hingga 72%, LDL juga turun sebanyak 0 hingga 35%, sementara HDL akan meningkat antara 0 hingga 25%. Menurut data uji, khasiat senyawa ini akan paling terasa pada pasien yang kadar trigliserida plasmanya meningkat.

Senyawa ini diindikasikan untuk pengobatan hipertrigliseridemia, atau tingginya kadar trigliserida di dalam darah, dan untuk pasien dengan kadar LDL kolesterol dan trigliserida yang meningkat. Asam fibrat dan turunannya merupakan obat pilihan untuk hiperlipidemia tipe III. Salah satu senyawa obat turunan asam fibrat adalah gemfibrozil. Menurut Helsinki Heart Study, pemberian 600 mg gemfibrozil dua kali sehari dapat menurunkan trigliserida sebanyak 42%, LDL-C 10%, dan peningkatan HDL-C sebesar 10%. Contoh lainnya dari turunan asam fibrat adalah fenofibrat dengan dosis pemberian per hari 200 atau 400 mg. Pemberian fenofibrat yang telah dimikronisasi atau dimikrokan partikelnya (sehingga menjadi lebih kecil) pada pasien dengan kadar triglierida lebih dari 200 mg/dL dan total kolesterol lebih dari 250 mg/dL menunjukkan hasil penurunan LDL sebesar 27%, trigliserida hampir 50% dan terjadi peningkatan HDL sebesar 15%.

Asam Lemak Omega-3 (Minyak Ikan)

Menurut para peneliti, omega-3 berkhasiat dalam menurunkan level trigliserida. Salah satu sumber omega-3 yang paling populer adalah minyak ikan. Namun, itu bukanlah satu-satunya sumber utama omega-3, beberapa minyak lain juga diketahui kaya akan omega-3. Jenis asam lemak omega-3 yang berperan signifikan dalam mengatasi trigliserida yang tinggi adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA). Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan omega-3 secara signifikan dapat mengurangi level trigliserida. Konsumsi 8 kapsul minyak ikan sehari (mengandung 2.4 gram EPA dan 1.6 gram DHA) membawa dampak yang berarti terhadap penurunan trigliserida sebesar 26%.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: