Informasi dan Tips – informasitips.com

Nutrisi untuk Mencegah dan Mengatasi Migrain

informasitips.com – Migrain atau sakit kepala sebelah bisa menyerang kapan dan siapa saja. Namun umumnya terjadi pada mereka yang gaya hidupnya tidak sehat. Baik dari pemilihan makanan yang kurang sehat, pemenuhan nutrisi yang tidak mencukupi/tidak seimbang, kurang tidur, dan stress. Sedangkan pada mereka yang disiplin menjaga asupan nutrisi dan cukup tidur akan jarang terkena serangan sakit kepala yang sangat menyiksa ini.

Jika Anda atau orang-orang yang Anda sayangi tidak ingin terserang penyakit migrain, maka mulailah untuk membiasakan diri menyantap makanan bergizi setiap hari agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tercukupi. Peran nutrisi dari makanan yang dikonsumsi itulah yang dapat membangun sistem imunitas tubuh. Bila imunitas tubuh baik, maka segala penyakit pun akan lebih mudah dicegah dan diatasi, termasuk migrain.

Lantas, apa saja nutrisi yang harus dipenuhi untuk mencegah dan mengatasi migrain tersebut? Berikut jenis-jenisnya:

  1. Air
    Tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Sebab, pembersihan toxic atau racun di dalam tubuh mengandalkan peranan air. Jika asupan air kurang, maka racun-racun di dalam tubuh sulit dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Akibatnya migrain akan lebih mudah datang menyerang. Apalagi bila Anda seorang pekerja keras atau atlit, sangat dianjurkan untuk menjaga pasokan air ke dalam tubuh. Air Air bisa pula dikombinasikan dengan jus buah tanpa gula atau pemanis buatan, teh herbal dan kopi tanpa kafein. Akan lebih baik jika dimaksimalkan dengan tidak mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol.

    Untuk mengetahui seberapa banyak kebutuhan air bagi tubuh kita per hari, Anda bisa membaca artikel berikut:

    Kebutuhan Air Minum (Cairan) untuk Manusia Per Hari

  2. Magnesium
    Magnesium berperan untuk mencegah terjadinya penyumbatan, kejang, serta pembengkakan pembuluh darah di kepala dan leher. Mineral ini sangat penting mengingat migraine terjadi karena adanya pembuluh darah yang tersumbat, bengkak, dan kejang. Anda dapat memenuhi kebutuhan magnesium setiap hari dengan cara mengonsumsi makanan-makanan yang kaya magnesium seperti tahu, kentang, ubi rambat, bayam, lobak, labu kuning, biji bunga matahari, daun kemangi, dan melon.

    Migrain

  3. Vitamin B2
    Seorang penderita migraine dalam tingkat keparahan yang cukup serius akan sering mengalami kelesuan/lemah fisik. Butuh konsumsi vitamin B2 yang cukup karena vitamin B2 atau riboflavin dikenal sebagai vitamin penghasil energi serta pereda rasa sakit.

    Kandungan vitamin B2 dapat ditemukan dalam sayur brokoli, bayam, sereal/gandum, susu rendah lemak, telur, dan jamur. Saran kesehatan, penuhi asupan nutrisi magnesium sekurang-kurangnya 400 mg setiap hari.

  4. Asam Lemak Omega 3
    Asam lemak omega 3 adalah jenis lemak yang menguntungkan bagi tubuh, terutama untuk nutrisi otak. Asam lemak omega 3 ini berperan untuk mengurangi peradangan sehingga mampu mengurangi frekuensi serta tingkat keparahan rasa sakit ketika migraine menyerang. Penuhi asupan nutrisi asam lemak omega 3 ini dengan cara menggunakan minyak zaitun dalam masakan sehari-hari. Jangan lupa, rajin mengonsumsi ikan makarel, Tuna, Salmon, Sarden, dan daging sapi tanpa lemak untuk membantu memenuhi kecukupan nutrisi asam lemak omega 3 dalam tubuh Anda.

  5. Triptofan
    Triptofan berperan untuk melepas hormon serotonin. Hormon inilah yang akan membantu penderita migraine menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, sangat penting untuk senantiasa menjaga serotonin dalam darah. Jika ingin mendapatkan manfaat dari triptofan ini, maka Anda wajib menyediakan gandum, daging kalkun, dan kacang polong dalam daftar menu makanan sehat Anda.

Itulah beberapa nutrisi untuk mencegah dan mengatasi migraine. Pola hidup teratur serta asupan makanan bergizi akan membantu Anda terbebas dari segala penyakit. Semoga bermanfaaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: