Informasi dan Tips – informasitips.com

Nutrisi Terbaik untuk Membuat Badan Berotot

informasitips.com – Menurut beberapa hasil penelitian diketahui bahwa asam amino rantai cabang atau Branched-Chain Amino Acid (BCAA) merupakan nutrisi yang paling berperan dalam membuat badan menjadi berotot. Ada dua mekanisme dari BCAA dalam menjalankan perannya sebagai nutrisi terbaik pembentuk otot, yaitu asam amino rantai cabang meningkatkan kemampuan seseorang dalam menjalankan latihan dan yang kedua adalah asam amino rantai cabang mengurangi terjadinya penguraian otot sehingga massa otot Kamu tidak berkurang. Dengan mengonsumsi suplemen BCAA, menurut para ahli, Kamu tidak akan merasa mudah lelah saat menjalankan latihan guna membentuk otot-otot di tubuh Kamu.

Asam amino rantai cabang terdiri dari 3 asam amino, yaitu Leusin, isoleusin dan Valin. Ketiga asam amino tersebut merupakan asam amino esensial, artinya tubuh Kamu tidak memproduksinya dan harus Kamu dapatkan melalui makanan atau dengan mengonsumsi suplemen.

  • Asam Amino Leusin (Leucine)

    Mengonsumsi suplemen yang mengandung asam amino bebas, terutama asam amino leusin, merupakan langkah tepat jika Kamu ingin membuat tubuh Kamu menjadi berotot. Leusin diketahui merupakan jenis asam amino yang paling baik dalam menstimulasi sintesis protein otot, bahkan diketahui bahwa kemampuan leusin dalam menstimulasi pembentukan otot berkali-kali lipat lebih baik dibandingkan dengan jenis asam amino yang lain ataupun dibandingkan dengan mengonsumsi protein kompleks yang butuh dicerna terlebih dahulu sebelum membebaskan asam-asam amino penyusunnya.

    Nutrisi untuk membuat Badan Berotot

    sumber gambar: www.buildmusclesforcefully.com

    Dalam bentuk yang bebas, asam amino leusin yang Kamu konsumsi akan langsung diserap dan masuk ke dalam sirkulasi pembuluh darah untuk selanjutnya didistribusikan ke seluruh tubuh. Dengan begitu, konsentrasi leusin di dalam sel akan meningkat tajam. Peningkatan konsentrasi leusin tersebut akan menstimulasi terjadinya jalur metabolisme pembentukan otot yang dikenal dengan sebutan mTOR. mTOR sangat sensitif dengan peningkatan konsentrasi leusin di dalam tubuh. mTOR meningkatkan proses sintesis protein otot melalui dua mekanisme yang berbeda, yaitu mTOR bekerja dengan meningkatkan kecepatan translasi protein otot dan mTOR bekerja dengan menigkatkan produksi kompleks protein yang berbeda, dengan begitu mTOR meningkatkan kapasitas tubuh dalam mensintesis protein otot. Jadi, mTOR tidak hanya meningkatkan kecepatan pembentukan otot, tetapi juga meningkatkan kapasitas/kemampuan tubuh dalam mensintesis protein pembentuk otot.

    Begitu Kamu mengonsumsi suplemen leusin dan kadar leusin di dalam tubuh Kamu meningkat, maka selanjutnya proses pembentukan otot akan berjalan. Di saat Kamu berlatih latihan pembentukan otot di gym atau di rumah, maka pada saat itu otot berada dalam fase sangat mudah untuk menerima nutrisi, ditambah lagi pada saat itu kecepatan aliran darah menuju otot sangat tinggi. Kondisi tersebut sangat kondusif untuk membentuk badan Kamu menjadi lebih berotot.

    Perlu juga Kamu ketahui bahwa saat Kamu menjalankan latihan, proses penguraian otot menjadi glukosa bisa terjadi, karena pada saat itu energi yang terkuras saat latihan harus digantikan dengan energi baru yang bisa dihasilkan melalui peristiwa glukoneogenesis, salah satunya dengan merombak massa otot. Namun, jika Kamu mengonsumsi suplemen asam amino, maka proses penguraian otot tidak terjadi karena pasokan asam amino untuk diubah menjadi glukosa di hati telah tersedia melalui suplemen yang Kamu konsumsi. Menurut studi, konsumsi suplemen asam amino selama dan setelah latihan akan mengurangi proses penguraian otot pada saat Kamu latihan pembentukan otot, disamping itu juga akan mengurangi kelelahan dan kemungkinan cedera otot.

  • Asam Amino Isoleusin dan Valin

    Selain leusin, isoleusin dan valin juga diketahui meiliki peran dalam proses pembentukan tubuh berotot. Asam amino isoleusin diketahui berkontribusi dalam proses biokimia di alam tubuh yang menghasilkan energi. Sementara valin juga sering digunakan sebagai salah satu nutrisi yang direkomendasikan dalam program pembentukan otot. Valin berperan dalam proses perbaikan otot dan metabolismenya di dalam tubuh. Diduga, valin juga dapat meningkatkan ketahanan Kamu dalam menjalankan latihan.

Makanan Sumber Asam Amino Rantai Cabang

Seperti talah disebutkan sebelumnya bahwa leusin, isoleusin dan valin yang merupakan asam amino rantai cabang adalah asam amino esensial yang harus Kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan atau suplemen. Makanan yang mengandung ketiga asam amino esensial tersebut diantaranya adalah susu, biji gandum, daging unggas, daging sapi, beras merah, keju (dan produk dairy lainnya), telur, kacang kedelai, serta ati. Ada juga buah yang mengandung asam amino rantai cabang, yaitu alpukat.

Sekarang Kamu jadi lebih mengerti bahwa otot memerlukan nutrisi tertentu agar bisa terbangun dan tidak rusak. Oleh karena itu, dalam membuat badan kamu menjadi berotot, selain latihan, Kamu juga harus memperhatikan asupan yang Kamu konsumsi.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

One thought on “Nutrisi Terbaik untuk Membuat Badan Berotot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih