Informasi dan Tips – informasitips.com

Nutrisi Penting Agar Rambut Sehat dan Kuat

informasitips.com – Berbagai merk sampo dan aneka masker rambut sudah dicoba. Beragam teknik perawatan rambut yang serba mahal pun sudah dilakukan. Namun, masalah-masalah pada rambut seperti kerontokan, rambut kering, bercabang, mudah patah, dan berketombe masih saja mengganggu Anda. Bila segala cara yang Anda lakukan seperti tak memberikan hasil yang memuaskan, coba perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pastikan makanan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Pastikan pula bahwa tubuh Anda tak kekurangan nutrisi penting berikut ini yang mampu merawat rambut dari dalam, menjadikan rambut Anda sehat dan kuat. Apa saja nutrisi tersebut?

  1. Zat besi dan Seng (Zinc)
    Zat besi sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dapat menimbulkan kebotakan. Zat besi diperlukan untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke folikel rambut. Rambut yang sehat tak hanya membutuhkan nutrisi, namun juga pasokan oksigen yang cukup.

    Selain zat besi, nutrisi penting lainnya yang diperlukan rambut adalah Seng (Zinc). Sama halnya dengan zat besi, zinc juga bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut. Studi menunjukkan bahwa mineral zinc dapat mempengaruhi kadar androgen, yaitu hormon yang terkait dengan kerontokan rambut. Selain itu, zinc juga diperlukan untuk melindungi kulit kepala agar tidak kering dan terkelupas. Kekurangan zinc dapat membuat rambut rontok, kulit kepala jadi kering dan terkelupas sehingga menimbulkan masalah ketombe.

    Agar rambut sehat dan kuat, makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi dan zinc, seperti daging sapi, daging ayam, tiram, ikan, kedelai, kacang-kacangan, telur, dan lain-lain, setidaknya dua kali dalam seminggu. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh, padukan konsumsi makanan yang kaya zat besi dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, stroberi, kiwi, dan lain-lain.

  2. Vitamin A
    Vitamin A membantu melindungi dan memproduksi sebum (minyak) yang cukup bagi kulit kepala. Dengan kadar minyak yang cukup itu, kulit kepala menjadi sehat dan tidak kering. Vitamin A juga berguna untuk menjaga pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A akan menimbulkan masalah rambut rontok, berketombe dan kulit kepala menjadi gatal. Sumber makanan yang mengandung vitamin A diantaranya adalah ubi, wortel, labu, dan lain-lain.

  3. Vitamin B
    Kelompok vitamin B kompleks juga termasuk nutrisi penting yang dibutuhkan rambut. Beberapa vitamin B yang penting bagi rambut diantaranya adalah, Vitamin B5, B6, dan B12. Vitamin B5 berguna untuk menjaga kekuatan rambut, membantu mengilaukan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Vitamin B6 membantu mencegah timbulnya ketombe. Sementara Vitamin B12 mencegah terjadinya kebotakan. Sumber-sumber makanan yang kaya vitamin B diantaranya adalah ikan, telur, ayam, hati, kacang-kacangan, dan susu.

  4. Biotin
    Biotin sebenarnya merupakan bagian dari kelompok vitamin B kompleks yang laur air. Biotin diperlukan untuk memberikan perlindungan pada membran sel rambut, mencegah agar rambut tidak patah dan rontok. Bagi Anda yang memiliki rambut tipis, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya biotin, karena biotin diyakini mampu membuat rambut jadi lebih kuat dan tebal. Sumber-sumber makanan yang kaya biotin diantaranya adalah beras merah, hati, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, ragi, dan oat.

    Nutrisi yang diperlukan agar rambut sehat dan kuat

  5. Vitamin C
    Vitamin C sangat penting untuk sirkulasi pada kulit kepala dan memperlancar aliran nutrisi ke folikel rambut. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan rambut, menjadikan rambut rapuh dan mudah patah. Vitamin C juga membantu memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Kombinasi makanan yang mengandung Vitamin C dan zat besi akan memberikan hasil yang lebih baik pada rambut. Sumber makanan yang kaya vitamin C diantaranya adalah jeruk, jambu, stroberi, brokoli, sayur-sayuran hijau, dan lain-lain.

  6. Vitamin E
    Paparan sinar matahari dapat merusak rambut. Untuk itulah, rambut membutuhkan vitamin E yang berguna untuk memberikan perlindungan bagi rambut rusak akibat sinar matahari. Vitamin E membantu menjaga membran sel dan folikel rambut, menjaga rambut agar kuat dan sehat. Sumber makanan yang kaya vitamin E diantaranya adalah kiwi, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan lain-lain.

  7. Protein
    Hampir 90% rambut tersusun atas protein. Itulah sebabnya mengapa protein sangat penting dan diperlukan untuk menjaga agar rambut sehat dan kuat. Protein diperlukan untuk menjaga pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel rambut. Protein membantu memberikan kekuatan pada rambut. Kekurangan protein akan membuat rambut rapuh, mudah patah, rontok, dan berubah warna (timbul uban). Agar rambut kuat dan sehat, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein seperti ayam, ikan, daging, telur, susu dan produk susu, kacang-kacangan, dan lain-lain.

  8. Asam lemak Omega 3
    Asam lemak omega 3 juga termasuk nutrisi penting yang diperlukan rambut. Omega 3 merupakan minyak alami yang membantu untuk menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus juga menjaga agar rambut tidak kering. Kekurangan omega 3 akan membuat rambut jadi kusam dan kulit kepala menjadi kering. Konsumsi makanan yang kaya omega 3 dua kali sehari, seperti ikan, telur, alpukat, dan kacang-kacangan, akan membuat rambut sehat, kuat, lembut, dan indah berkilau.

Selain kecukupan nutrisi, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah Anda juga perlu berolahraga dengan rutin dan teratur agar peredaran darah di seluruh tubuh menjadi lancar. Bila peredaran darah lancar, maka suplai oksigen dan nutrisi-nutrisi penting yang diperlukan rambut ke seluruh sel-sel rambut juga akan menjadi lancar.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: