Informasi dan Tips – informasitips.com

Menyaksikan Bintang Jatuh dari Smartphone (iPhone dan Android)

Menyaksikan bintang jatuh dari  SmartphoneHujan meteor seringkali kita saksikan di malam hari yang terang dan tanpa awan. Namun demikian, beberapa orang belum tentu beruntung bisa menyaksikan ratusan meteor yang berjatuhan itu, misalnya di tengah kota besar yang tertutup kabut karena polusi. Tak jarang beberapa orang pecinta astronomi rela jauh-jauh ke Boscha di Lembang hanya untuk melihat fenomena yang sebenarnya bisa dilihat dengan mata telanjang di tempat lain. Akan tetapi, dengan teknologi Smartphone, kini seolah tak ada yang tak mungkin dilakukan. Para pengguna Smartphone sekarang bisa menikmati bintang jatuh dan fenomena astronomis lainnya jika aplikasi Meteor Shower Guide yang beharga US $1 untuk Apple atau Meteor Shower Calendar yang bisa Anda dapatkan gratis di handphone Android Anda. Ada aplikasi lain juga untuk melihat fenomena perbintangan lainnya yaitu StarWalk (US $3 untuk iPhone; $5 untuk Android) dan Google Sky Map (gratis khusus Android).

Pada aplikasi Meteor Shower Guide dan Meteor Shower Calendar, Anda pun bisa mengetahui jadwal hujan meteor selama satu tahun, bersamaan dengan informasi fase bulan untuk mengetahui puncak hujan meteor. Tentu saja, tetap dibutuhkan posisi terbaik untuk melihat hujan meteor di area sekitar Anda, seperti yang disajikan oleh website astronomi resmi Pemerintah Amerika Serikat, ClearDarkSky.com. Sayangnya, baik aplikasi Google Sky Map maupun Starwalk tidak mempunyai informasi tersebut . Namun untunglah jika Anda mengarahkan perangkat Smartphone Anda ke langit, secara otomatis ia akan melabeli nama-nama obyek celestial, Anda tak perlu menebak lagi mana yang planet dan mana yang bintang.

Pada features di Sky Map, aplikasi hujan meteor adalah yang terbaru. Pada menu setting, ada beberapa layers atau pilihan untuk melihat obyek yang berbeda. Jika Anda ingin melihat planet, misalnya, Anda ‘uncheck’ stars, celestials, dan elemen lain di dalam list. Jika anda ingin melihat hujan meteor, Anda hanya ‘uncheck’ elemen selain itu dan arahkan Smartphone Anda ke langit. Ketika hujan meteor telah diprediksi, akan ada grafik yang menunjukkan posisi paling mungkin dimana meteor akan seringkali terlihat. Jika Anda telah mengetahui namanya, Anda juga bisa mengetikkannya pada search box dan Anda akan mendapatkan informasi tentang lokasi umum dimana hujan itu muncul.

Star Walk lain lagi, applikasi ini menggunakan tampilan yang berbeda. Pada Calendar section, daftar aplikasi menampilkan peristiwa astronomis yang penting seperti dan hujan meteor, termasuk informasi pada tiap itemnya. Jika Anda memilih suatu event pada Calendar, layar akan berubah menjaditime travel mode, yang akan menunjukkan suasana peristiwa astronomis itu berlangsung berserta sebuah panah yang menunjuk ke arah mana simulasi event itu terlihat.

Hal yang menarik dari feature ini adalah Anda bisa mengarahkan Smartphone Anda dimana Anda kemungkinan akan melihat fenomena dari lapangan tempat Anda berdiri. Jadi, seperti peramal, Anda sudah tahu sebelum peristiwa itu datang.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *